Thursday, October 1, 2009

2 Oktober 2009 Hari Batik Nasional

hari ini Tanggal 2 oktober 2009 kita menjadi saksi sejarah baru Indonesia,,karena UNESCO telah menetapkan pada hari ini bahwa kain Batik menjadi warisan Budaya indonesia,,bila kita membuka layar TV kita akan melihat bahwa banyak sekali orang memakai baju batik,, mulai dari model yang biasa hingga yang sedang In.
Tapi hal yang berbeda setelah saya keluar rumah hari ini,, yang pakai batik ya
cuma orang orang itu saja,, eh hari ini saya pakai batik loh,, namun orang orang lain ya sama aja seperti hari biasanya.
Dalam Benak pikiran saya saat ini sedang bertanya tanya apakah benar kita apresiatif terhadap hari ini dan batik??
saya punya sedikit cerita tentang batik,,ada sebuah filosofi yang saya buat sendiri,, kain batik itu mirip sekali dengan kepribadian manusia,, sifatnya,, warna kulit nya,, tingkat derajatnya dll,, bila kita datang kesebuah acara formal dan non formal yang banyak orang disitu menggunakan baju Batik,,maka coba anda perhatikan,,hampir tidak ada baju batik yang persis sama,,bahkan untuk batik Cap pun,, padahal mereka membeli kain batik dari satu gulungan kain yang panjang,,mungkin 1:400 kemungkinan bila dalam satu pesta kamu menemui baju Batik yang sama persis. seperti manusia yang punya kepribadian dan nasib yang berbeda satu sama lain..
lalu pertanyaan kembali muncul dalam benak saya saat ini,, bagaimana dengan nasib jenis kain di nusantara yang lain,, seperti ulos,,kain tenun,, kain samarinda,,kain lurik jawa,,Songket yang ada di Sumatra,, dan masih banyak yang lainnya,, apakah akan ada hari hari kain lainnya??terus mengapa cuma batik doang yang di apresiasi,,
ah saya jawab aja sendiri,, mungkin dibanding jenis kain lainnya,,kain Batik lebih menyebar di Seluruh antero Nusantara,,bahkan hingga keluar negeri,,misalnya Suriname,, negara ini mengakui bahawa memang ada batik di negara mereka yang mereka beri nama batik Jawa suriname,, atau lihat salah satu grup sepak bola yang sedang banyaknya nih fans nya "Sriwijaya Football club"dia memakai batik cap di kaos olahraga dengan Motif Songket,,lihat anak2 kecil yang suka main bola di Palembang,, biasanya mereka pakai baju itu.. Juga mungkin karena harga batik lebih murah di banding harga kain nusantara yang lain,, sekitara Rp50.ooo hingga Rp200.000 di pasaran umum,,coba bandingkan dengan kain lain yang bisa sampai berharga jutaan rupiah..
nah sebagai sarana edukasi sekarang bisa kita lihat bahwa banyak sekolah sekolah dari SD hingga SMA yang sudah memiliki seragam batik yang dipakai siswa siswinya pada hari hari tertentu. bahkan PNS pun mendapatkan seragam batik khusus..that is good..
tapi ketika kemarin saya datang ke kota Pekalongan,, saya malah heran ada sekolah yang mereka tidak mempunyai seragam batik,, padahal Pekalongan adalah kota Batik,,
Memang Benar yang paling berbahaya adalah kehilangan Identitas" kata Romy Rafael si tukang hipnotis,, bila kita sudah kehilangan sebuah identitas bangsa maka hal yang menakutkan akan terjadi,,coba pikir,, bila kita ingin ke Desa apa yang ingin kalian lihat??? ,,, Ya yA Betul,,, yang ingin kita lihat adalah suasananya yang asri,, ke Arifan lokalnya yang membuat kita tercengang akan kebijakannya,, dan lingkungan persawahan yang membuat kita menghargai sebutir nasi,,atau jalan jalan yang lebih ramai oleh orang yang mengayuh sepeda bukan motor yang ngebut di jalan,,juga apa yang ingin kita lihat di Pantai dan di Gunung,,??? bagaimana bila yang kita lihat di pantai adalah club malam?? atau di Gunung yang kita lihat bukan pohon dan satwa endemik disana melainkan,, mesin mesin,, dan raung buldoser bukan kicau burung,,???
dan bayangkan lagi bila identitas bangsa kita telah hilang.. NGERI ENGGAK??

ini lah yang harus kita pertahan pada saat ini ,, bukan hanya di tanggal 2 oktober melainkan di hari hari mendatang,, menjaga terus identitas kita,,dan menunjukkan bahwa kita adalah bangsa yang besar dengan budayanya.

2 comments:

  1. perlu kesabaran utk tetap berdiri!!!......
    sepanjang bisa m'hadapi...
    tetap la brdiam.....

    ReplyDelete