Thursday, August 12, 2010

Naik Kereta Api ke Lampung Tut tut tuuttt,,,

iyaaa,, emang sih sedikit terdengar katro dan ndeso buat judul seperti itu, tapi itu lah pengalaman saya yang pertama pergi ke Lampung, ya maksud saya benar benar ke lampung dan bukan hanya sekedar numpang lewat doang.


PENGALAMAN PERTAMA
foto pagi sebelum berangkat(udah mandi dong tentunya)

Tujuan ke Lampung sih antar temen, hmmm tapiii lebih tepatnya sih mau jalan jalan emang. dari rumah bersama Ibu dan teman saya Desy berangkat pukul 6 lebih dikit lah, naik Bus jurusan Km 12-kertapati, karena masih pagi, saya merasa masih ngantuk, Tidur di bus masih jadi hobi wkwkwkw. tapi sayangnya mimpi ku pagi itu di bangunkan oleh sesosok tubuh besar nan empuk menghantam badan saya. ya ibu gendut itu duduk disamping saya. Badan ku terasa terhimpit. wkwkwkwk
Sampai di stasiun kereta api Kertapati sekitar pukul 7an. Hari itu 7 Agustus 2010, antrian tiket gak begitu ramai, Tapi tak disangka tiket yang tersedia hanya kelas ekonomi, ya yang ke bayang adalah kereta yang penuh,  panas, gerah, dan banyak asap.  ternyata benar. Kereta pertama dalam sejarah saya yang saya tumpangi tak beda jauh dengan kereta kereta di TV, tapi ada beda dikit siihh, kereta ini gk sebegitu penuh sesak, dan sampai ada yang naik diatas gerbong kereta.
ZZzzzZZZ (tidur mode on)


TEMAN dan LAWAN
Yoki dan Saya

seorang pemuda berparas tampan dan tinggi menemani hampir sepanjang perjalanan saya di kereta, wajahnya penuh senyum, dan sengih sengih, terlihat kayak gak ada duit pergi ke Lampung wkwkwk, benarlah pemuda yang bernama Yoki ini adalah pemuda yang punya cita cita merantau, walau tujuannya ke Lampung ini bukan untuk merantau melainkan meberikan kado kenang kenangan terakhir untuk mantan pacarnya(hmm gk tau deh nyambung lagi atau enggak) sepanjang perjalanan, ia memang beberapa kali bolak balik ke tempat sambungan gerbong atau WC, mungkin mencari angin, dia jujur mengatakan modal dia ke Lampung hanya Rp50.000 dah termasuk kado, NEKAAATTT bangetttt,, satu lagi umurnya yang lebih muda dari ku satu tahun ini ternyata Bolos sekolah, tanpa izin orang tua(adegan ini dilakukan oleh orang yang terlatih, dont try this at home,wkwkwk) tak lama kami berbincang bincang menanyakan kuliah dimana, sekolah dimana, dan ujung ujungnya yang menggelikan adalah dialog ini (kurang lebih seperti ini)
Yoki : Saya sebenarnya bolos magang, ya gak papa lah, ini saya mau antar kado.
saya : magang? SMK mana?
Yoki : SMK (*) SMA mana?
saya : SMA 13 Palembang, tapi sekarang kuliah di Bina Darma fakultasi ilmu komunikasi.
Yoki : SMA 13 yang dulu pernah Tawuran sama SMK 2 kan?
saya: Nah, iya,, itu gk pernah pernah tuh tawuran.
Yoki : padahal cuma masalah cewek ya?
desy : tau dak jie, itu kan karena D*** 
saya : wah, padahal gak cantik cantik amat ya dia, ku fikir D*** * kalo yang itu kan jelas cantik.
Ibu : eeehh orang yang gak seberapa cantik atau ganteng itu lah yang biasanya cari sensasi
Yoki : itu cowok yang jadi penyebab tawuran dah gak sekolah lagi dia, dikeluarin dari sekolah.
Rupanya pembicaraan kami telah sampai kepada saat saat yang menggosipi. wkwkwwkwk
Saya : eh tapi bener ya ada ke siruan sendiri saat Tawuran
Yoki : hahaha, saat itu kan SMA 13 di kepung, banyak banget anak STM disana. 
Saya : nah bener kami lari sana lari sini. ehh, Kamu ikutan ya disana? (wkwkwk saya mulai curiga)
Yoki : iya saya jaga di Biliard belakang(gak jauh dari sekolah)
saya, ibu dan desy : ooooooohh
saya : wah gak nyangka kalo ada orang dulu yang gempur sekolahku ada disini. wkwkwkw,
Yoki : ya dulu saya sih ikut seru nya aja. hahaha, kami saat itu sampai carter (sewa) bus.
Saya : nah dengar dengar emang sampai 2 Bus. saat itu hari jumat, dan selesai jumatan saya mau rapat dengan anak anak rohis di SMK2 gk jadi karena takut di gebukin, wkwkwkwkwk
ibu : eh inget gk si Kan** anak nya ibu **** dia kan di telpon ibunya. kan jangan ikut tawuran, awas jangan sampe, kamu dah kelas 3 sekarng, kan** bilang wah Maaa kapan lagi,, lagi Siru maa siru nian.. 
wkwkwkwkk


memang benar kata nabi : "bencilah sewajarnya seseorang karena bisa jadi suatu hari dia menjadi temanmu."
satu lagi, setelah diperhatian ternyata pemuda ini mirip dengan sepupu saya yang ada di jawa. wkwkwkw ternyata banyak banget orang yang mirip di dunia ini. ehm Yoki ada oleh oleh nih untuk yang baca blog sayy, atau youtube, dia memberikan bloototh video buaya yang besar yang di record sendiri saat ia berada di kampungnya di OKI.



hmm di 1 atau 2 terminal sebelum Tanjung Karang yoki pamit kepada kami. God Bless you bro..


KEMANA SEKARANG?
Jam di ponsel menunjukan sekitar pukul 8 malam. dan peluit serta ucapan selamat datang dari seseorang di corong speker. mengantarkan saya di Terminal Tanjung Karang. nah pertanyaanya kemana sekarang? naik apa?mau nginap dimana? udah malem nih. 
Namun nasib baik masih berpihak kepada saya. saudara Desy menjemput dengan motor., wah motor? mana cukup untuk 3 orang? tenang Angkot di lampung bisa mengantar kalian sampai didepan rumah. ongkosnya pun murah. 
sekitar pukul 9 malam saya telah sampai dirumah kakaknya desy yang tampaknya baru dibangun, rumah yang besar, dengan banyak kamar, dan kamar mandi, membuat saya merasa nyaman disana. eeeeeeeee ada suara kodok, maklum rumah ini dikelilingi sawah sawah yang luas. Desa Tanjung Seneng, ya semoga saya masih ingat nama desa itu, biar kalo mau jalan jalan lagi ke lampung sudah tau mau kemana.
suasana malam setiba di stasiun Tanjung karang, ,


PAGI LAMPUNG!!!!!
Malam itu memang di sambili dengan perbincangan yang ringan. tentang keluarga. tentang lampung, tentang palembang, tetangga, dan saya hanya sibuk menikmati hidangan yang disediakan. wkwkwkwkw
Ku sadari mata ini ngantuk usai setengah hari perjalanan Palembang- Lampung. Tidurku nyenyak sekali. 5:45 pagi ku baru terbangun, belum gosok gigi, hanya wudhu dan sholat subuh. duduk sejenak,,
ku buka Facebook yang dan menyapa teman teman. Selamat Pagiiiii.. memang sangat jarang saya menyapa di pagi hari, tapi saya merasakan wajib menyapa dengan perasaan saya menyapa kalian semua dari kota yang baru ku pijak, Lampung.
Perut terasa lapar. Niat hati cuma ke warung dekat rumah untuk makan. Yuk makan Lontong Lampung. wkwkwk

5 JAM MERASAKAN LAMPUNG
Mengenang Penggerebekan Teroris di Temanggung (hey ini lampung)
makan lontong sayur disamping Persawahan. sawah yang hijau. hey ada bangunan  dengan tembok yang masih merah bata.  rasanya saya dejavu pernah lihat ini dimana ya?? ahaaaa penggerebakan teroris di Lampung ehh temanggung, ya Densus 88 menyergap seorang Ibrohim yang sangat dramatikal(ceileee).
mirip kan dengan lokasi pengerebekan teroris di temanggung?wkwkwk
 

Ojek Foto no objek foto
sebenarnya sih ini jembatan biasa. tapi yaa entah naluri 2 wanita ini muncul untuk pose di jembatan. wkwkwkw
Seorang tukang ojek, tiba tiba datang dan mengatakan "Photo dong" wkwkwkwk,, saya hanya membalas dengan tawa saja.dan bapak tukang ojek pun segera maburrr..wkwkwkw 
Terbesit pikiran bersama. "yuk muter muter sampe ketemu pasar".  gak peduli seberapa jauh jalan. yaaaa emang jauh sih jalan sampe ketemu Jalan Besar. Di tengah perjalanan eeeeeee Bapak itu sudah mejeng. sambil bilang lagi "Photo dong" wkwkwkwkw hey nih photo bareng laaah..
ojek Foto

Naik Naik ke atas Bukit, nyamuk nyamuk gatel sekaliii,,,
pilar batas Bukit Gunung Sulah

Dari kejauhan kami melihat sebuah bukit.Desy ngomong "yuk kesana. itu dibelakannya tempat kakk aku kerja". hayoo kita taklukan bukit itu. eh tapi desy itu tau gak sih alamat nya. desa apa. naik nya angkot mana.
desy  "aku gak tau, waktu kesana aku naek motor dak naik angkot. "
ibu  "nama tempatnya tau?"
desy "enggak. hehehe"
ah gampang sih yang penting kita sudah tau tempat pulang. kalo tersesat ya tinggal pulang. 
akhirnya muter muter dengan angkot melihat bukit bukit, dan tentunya sekejap masyarakat Lampung dengan aktifitasnya di pagi hari.
sesampai di pangklongan (tempat buat furnitur) kami mulai mendaki bukit.. heaaaa... kemiringan yang cukup curam. membuat dua wanita ini tampaknya kelelahan. padahal saya masih bersemangat untuk terus naik ke puncak,, hmmm ada harimaunya gak ya??wkwkwkwkw
yang jelas ada nyamuk yang besar besar..wkwkwkkwk gaatteeeeelllllll!!!! wkwkwkwk
Tinggi banget ya,, ada buah nya gak ya?

ahaaa
nb; menurut info setelah saya sampai  ke Palembang, bukit yang saya daki itu ternyata adalah Gunung berapi yang masih aktif. haaah? jadi itu bukit atau gunung? gunung atau bukit??wkwkwkwk

UNILA !!!!!!!! 

Gak ke Universitas Lampung gak lengkap rasanya. tapi naik apa ya? kata seseorang disana bilang naik angkot raja basa. setengah kilometer dari sini baru kami jumpai angkot itu. yaudaaaahhh jalan lagi kita, setengah kilo sih dikitttt,, wkwkwkw ehhh akhirnya liat rel kereta api juga. photo dulu aaahh. diliat orang banyak juga gak papa. gak ada yang kenal juga. wkwkwkw
heeeeeee... awassssss


UNILA!!!! aha. sampai juga. suatu kampus yang asri dengan banyak pohon  beringin nya. dan luaaasss banget. 
sayangnya saya belum bisa berfoto di Depan tulisan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Lampung.
lambang unila

karena saking luasnya. kemana mau pergi, yaudah liat yang deket deket aja. dari pada tersesat didalam belantara UNILA. wkwkwkw
Hmmm saya membuka kembali kemana arahan cita cita saya. Jurnalis, ya jurnalis adalah cita cita saya saat saya lulus dari SMA. seorang guru pernah menyarankan saya untuk ambil Komunikasi Massa di Lampung. dan pencarian saya ada 3. Universitas Padjajaran UNPAD , Universitas Lampung, dan Bina Darma. namun sayangnya bapak tak memperbolehkan saya keluar kota Palembang. dan pilihan saya akhirnya memilih Bina Darma. suatu Universitas yang memploporkan  fakultas Ilmu komunikasi di Sumatra Selatan.
Tapi yaudah mungkin kalo ada rezeki kali ya saya bisa Kuliah disini.


Belajar sejenak di UNILA
melihat anak anak parkur berlatih, tampaknya mereka malu ketika saya mengarahkan kamera saya meski dari kejauhan. parkur suatu olahraga yang saya merasa sangat interest terhadapnya. loncat loncat. salto. dan sedikit keajaiban atraksi. wkwkwkwk

video latihan parkur remaja lampung





"andaikan kampus saya seperti ini."
selain kampus yang luas dan hijau. (Agro wisata Bina Darma mungkin akan menjadi obat hati saya ketika iri dengan UNILA) ternyata pembayaran biaya perkuliahan gak perlu repot repot ngantri panjang. Via bank adalah jawabanya. gak perlu nunggu dengan ngepor dilantai sampai 6 jam kan, hingga berebut oksigen dengan mahasiswa laen. 
Budaya Antri!! hehehe

menunggu itu menjemukan, fban itu mengasikan..wkwkwkwk

Pernah hal seperti ini ditanyakan oleh teman saya dikelas kepada seorang dosen.
"bu, kenapa kita gak mobile aja pembayarannya. via bank. kan gak repot "
namun ucapan dosen itu kurang lebih  "mungkin bila begitu akan lebih mudah ya, tapi aktifitas yang membuat lelah seperti ngantri itu lah yang membuat kalian merasakan menjadi Mahasiswa. kalau begitu kenapa kita tidak buat lift aja. dari pada naik tangga?"
yaaa.. hmmm entahlah mungkin benar juga. atau cuma nge les. wkwkwkw




PETA TERBAIK ADALAH KERAMAHAN
Pernah gak sih kamu berpikir akan tersesat disuatu kota yang baru kamu pijaki. kalo itu terjadi apa yang kamu lakukan. ?
pikiran itu pun menyelimuti otak saya saat naluri berpetualang muncul. Tapi tenang saja. saya punya hape dengan koneksi internet. Buka aja Google maps terus semua peta yang kamu inginkan ada disitu.hehehehe. dari pada buka peta konvensional  yang besar dan buat repot. eeeeeehh tapi sabar dulu. selama saya berpetualang di Lampung. tak pernah satu kalipun membuka situs GOOGLE MAPS tau kenapa? bukan karena internet lagi  bad tapi kalo kita bisa membuka luas naluri berpetualang kita, dan tanya tanya orang saja bisa. kenapa tidak kita lakukan. 
Lampung dengan masyarakat yang Hetrogen dimana ada penduduk asli, dan pendatang bercampur baur disana. malah membuat saya melihat banyak warna. masyarakat yang ramah. dengan setiap kali duduk didalam angkot saja. mereka selalu berusaha komunikatif, menanyakan dari mana? mau kemana? supir angkotnya pun begitu. hingga kemanapun kami akan pergi pasti bisa. bahkan untuk orang yang pemalu untuk bertanya tanya aja lampung sangat cocok untuk orang seperti itu. mereka akan menunjukan arah yang kita inginkan.
ya, seandainya seluruh kota didunia memiliki peta terbaik berupa KERAMAHAN. maka saya rasa pertumbuhan Pariwisata di Indonesia pasti akan semakin pesat. amin hehehehe


Fakta Fakta lain
Ketika kami berbincang bincang malam dengan kakaknya Desy yang merantau dia berkata "jika kita pergi merantau maka pikiran kita akan terbuka luas." hmmm tampaknya kata kata itu benar juga. Mungkin hal itu yang membuat orang merasa begitu merdeka ya Berpikir luas. menjumpai lampung, memberikan saya banyak pengalaman. ada fakta fakta menarik yang bisa memperpanjang Page blog saya ini. wkwkwkw
1. Pisang Tanduk adalah yang khas di Lampung, baru sampai di tanjung karang, banyak orang yang menjajakan Pisang Tanduk, ke pasar juga gitu. dirumah juga iya, pohon pisang yang banyak tumbuh ya Pisang Tanduk, mungkin ada hubungannya sama  sapi dan kerbau yang subur, makmur, dan gemuk disana, wkwkwkw kalo di palembang banykan kambing kale, jadi paling banyak pisang putri yang kecil kecil.wkwkw
2. Masyarakat yang unik
Lampung, suatu provinsi yang sangat strategis, membuat masyarakatnya sangat hetrogen, dan yang paling ketara adalah bahasanya. berbeda dengan masyarakat di provinsi laen di sumatra Bahasa yang menjadi pergaulan anak muda, rada Indonesia, gaul, campur jakarta, dengan khas lampung, misalnya penyebutan untuk saya, kalo di palembang sering sebutnya Aku (hmm masih baku) tapi di Lampung sebutnya "gua" bukan Gue kayak di Jakarta, sebenarnya sih ada lagi,, tapi kepanjangan deh kalo mau sebutin satu persatu, wkwkwk

3. Sebagian rumah gak dipondasi dengan kokoh, dengan tiang pancang.
sebagian masyarkatnya adalah masyarakat pendatang, dan kadang prioritas mereka bukan untuk jangka panjang, jadi masih aja buat rumah seenak menyusun rumah rumahan bongkar pasang kayak dulu kita masih kecil. hhihihihi.. tapi syukurlah, ada orang orang yang juga membangun dengan konstruksi yang lebih modern dan aman, bayangkan kalo ada gempa atau badai, bisa bayangkan bagaimana kondisi rumah itu?
4. Ahaa Kerbau kerbau yang anggun.  banyak di pelihara sapi dan kerbau ,, ingat yang bisa di tunggangi itu kerbau bukan sapi,,wkwkwkwwk
kerbau kerbau ini sampai dijual ke luar kota loh..
5. Pusat dimana angkot angkot menyebar adalah stasiun. nah kalo kamu mau jalan jalan  ke Palembang (bagi yang baru singgah ke Palembang) saya saran kan untuk memulai titik perjalanan dari Ampera, karena disana pusat hilir mudik sebagian besar Angkot dan Bus, termasuk Trans musi, tapi kalo kamu ke Lampung, mungkin mulai lah dari  stasiun nya.. wkwkwkw

6. Potensi cemerlang untuk membangun Lampung
Lampung, walau saya hanya beberapa jam saja disana, tapi sekilas saya membaca peluang usaha yang sangat cocok, pertama, arsitek dan developer, atau pemborong bangunan, Tanah disana masih luas cuiy,, butuh pembangunan kota. kedua, lembaga pendidikan seperti tempat kursus keterampilan, atau PT. ehhh ada juga buat warnet kayaknya. masih rada jarang tuh Warnet disana. walau sudah ada bahkan modern, tapi untuk pemerataan, seperti minimal tiap kampung satu warnet, tiap sekolah satu warnet, masih belum masuk kriteria (kriteria saya sendiri sih), ketiga, Rumah makan atau warung khas Palembang, terbukti masyarakat lampung suka sekali makan makanan Palembang. keempat, Beli Tanah banyak banyak deh disana. terus buat kebun, bisa kebun cabe, pepaya, atau apa aja deh, kata iklan layanan masyarakat "tanam sayur jadi makmur "

7. coba perhatikan foto saya. baju dan jeans nya belum ganti, itu artinya??,,, wkwkwkwk


Sehari Yang Berkesan, SAMPAI JUMPA LAMPUNG
Sayang sekali perjumpaan ku dengan lampung hanya satu hari saja. itu pun hanya sekitar 5 jam berkeliling kota Bandar lampung. mendapat banyak pengalaman tentunya. "bukalah cakrawala berpikir kita, salah satunya dengan jalan jalan "hehehehe
Pukul 12 siang saya pulang. untuk beristriahat dan mandi, lalu usai maghrib saya dan ibu bersiap siap ke terminal tanjung karang.



SELALU ADA PERUBAHAN, MAKA BERSIAP LAH.
tulisannya seperti serius ya. tapi sebenarnya emang serius loh. setibanya saya kembali di Kota Palembang, saya dan ibu memutuskan ingin naik trans musi, hey dimana ada transmusi di kertapati. ? gini naik dulu aja angkot ke Ampera. dan naik BRT Trans Musi dari samping Monpera. ya sekitar pukul 7 saya telah sampai di Monpera. aha pikiran saya saya bisa tidur nyenyak disana karena lebih dingin pastinya. wkwkkwkwk tapi setelah saya menerima karcis seharga Rp3.000 saya tak begitu Terkejut, karena Bentuk karcis dah berubah. menjadi lebih tipis, dan ringan. hahahaha. baru saja di tinggal 2 hari dah berubah aja tiket nih. wkwkwkwk

bukan koleksi cuma berserakan aja dirumah karcis Trans musi...wkwkwkwkw
 kalo dilihat sih bentuk karcis yang paling bawah ini lebih kecil. ringan,, dan pasti lebih murah,, hhaaaah?? rp.3ribu saya cuma jadi gitu.. hahahaha tenang dulu.. dipikir pikir ini bentuk yang lebih baik, bayangkan, berapa besar penghematan yang akan kita lakukan, penanggulangan pemanasan global, gak akan banyak hutan yang di tebang. terus sebagian besar nih, masyarakat pengguna jasa Trans Musi malah membuang begitu saja karcis karcis itu. jadi buat apa bagus bagus amat..wkwkwkwkw

4 comments:

  1. wkwkwkwkwkwk...sayang....
    note yg bagus....

    ehh... tawuran itu apa??..... demonstrasi iya yg rame2 smbil bawa sabet..bawa parang..... ??..

    ReplyDelete
  2. Tawuran beda dengan demonstrasi,
    demonstrasi lebih kepada unjuk rasa, untuk menampilkan aspirasi, seperti penolakan, dukungan,
    demonstrasi bisa jadi dua
    demonstrasi Damai. dan demonstrasi anakris.
    kalo Tawuran itu perilaku Agresi,,
    misal antar pelajar..

    eeehh ku gak ikut tawurannya.. karena sekolah kami desarang,, ku didalam sekolah aja masih.. wkwkwk w gak ikt lempar2 batu..wkwkw

    ReplyDelete
  3. owww.....aksi buli dn ganas antara pelajar lh gtu......
    hmm....
    dah faham sdikit....
    wkwkwkwk

    apa buli ny cuma pelajar lelaki aja??..atw yg pelajar p'puan juga ikut serta???..
    jambak-jambak rambut kalee??..
    wkwkwkwk

    ReplyDelete
  4. ae,,, kebetulan tak ada tuh pihak lawan yang bawa serca p'puan. kalo ada kayknya pada ngerojak..wwkkwkw

    ReplyDelete