Saturday, August 21, 2010

The Power of Shadow Theory (Teori Kekuatan Bayangan) part II

kekuatan bayangan bisa kita miliki

sebelumnya saya telah menulis tentang The Power of Shadow Theory atau Teori Kekuatan Bayangan. yang membuat statis visitor blog saya naik lebih dari dua kali lipat. dan ke esokan harinya saya mendapati inbox message dari seseorang yang berasal dari USA, hehehe ngajak chat di msn .. sayangnya saya belum punya akun di hotmail itu..
entah saya pun merasakan kekuatan bayangan itu. senang sendiri setelah melihat statis naik. wkwkwkw
ya... tapi dengan tentu saja saya harus lebih banyak belajar.
saya menyadari beberapa kelamahan saya dalam perancangan teori ini.
pertama, membuat teori bukanlah kapasitas saya selaku anak yang baru lulus SMA satu tahun lalu.(dasar orang ini gila buat teori wkwkwkwk)
kedua, saya dikritisi sendiri oleh teman saya bahwa saya banyak memasukan Opini pribadi didalam penjabaran teoritis yang kemarin.
ketiga, saya belum mengumpulkan bukti bukti yang empiris, sebagai variabel didalam teori saya.

Terima kasih terhadap berbagai macam masukan yang dari semenjak teori itu diposting.

Oke stop dulu saya mengakui kekurangan saya, dan bertrima kasih kepada anda yang baca.
saya ingin melanjutkan keseriusan saya membahas teori iseng iseng ini, yang yaaaa mungkin teori ini akan Booominggg nantinya ,,hehehehe

The Power of Shadow Theory
Teori ini dapat secara singkat disebut sebagai teori bayangan namun tidaklah sampai kepada makna yang sebenarnya. sehingga saya masih lebih cocok menggunakan penyebutan Teori Kekuatan Bayangan.
Teori ini khusus saya pakai untuk menggambarkan fenomena Globalisasi Informasi Komunikasi, dalam hal pencitraan. dan efek dari pencitraan.

Pembahasan ini akan saya gambarkan dalam bebarapa Poin antara lain:
1. Analogi
2. Hipotesis



1. Analogi
dunia nyata dan dunia maya saya analogikan sebagai  benda/entitas dengan bayangannya. setiap benda yang mendapatkan cahaya/ benda yang menghalangi cahaya akan memiliki bayangan artinya keberaadaan dunia maya dengan dunia nyata amatlah dekat.
Bayangan saya analogikan pula sebagai pencitraan/atau image seseorang didalam dunia maya/internet/dunia bayangan.
2. Hipotesis
a. Setiap insan dunia internet selalu memiliki bayangan/pencitaan. pencitraan/bayangan itu memanglah tak sesempurna perwujudan asli mereka,  tapi setiap bayangan/pencitraan memiliki identitas sendiri.
b. Bayangan, bisa membesar atau mengecil. semakin  benda mendekati cahaya, maka bayangan akan semakin besar. dan sebaliknya jika benda menjauhi cahaya maka bayangan benda akan semakin kecil. merupakan analogi bila seseorang mendekati sumber cahaya (sumber kekuatan pembentuk pencitraan/image seperti ilmu komunikasi, penguasaan teknologi, internet, media masa) maka image/pencitraan nya akan semakin baik pula. dan sebaliknya.
c. yang paling penting adalah Identitas Sesungguhnya, dan Sumber kekuatan. Bayangan adalah efek yang terjadi. karena suatu benda
d. Didalam teori Komunikasi disebutkan hal hal yang menggangu proses komunikasi sebagai Noise, dalam teori ini saya kenalkan pula Noise nya. Noise dalam bayangan dapat misalnya berupa, kesalah tafsiran komunikan dalam menafsirkan pencitraan(bayangan), adanya sumber kekuatan besar yang menghalangi, seperti  Pencitraan orang lain.(bayangan didalam gelap), atau sumber cahaya dari sudut yang berlawan menyebabkan bentuk bayangan tidak sesuai dengan yang diinginkan, tapi dalam kasus tertentu justru itu sangat menguntungkan


baiklah untuk mempermudahlagi menggambarkan teori saya, saya ingin memperlihatakan beberapa fenomena bayangan dalam kehidupan sains, seni, dan efek sosial yang begitu mengagumkan.
1. Gerhana adalah fenomena astronomi yang terjadi sebuah benda angkasa bergerak ke dalam bayangan sebuah benda angkasa lain

gerhana dan pesona

gerhana matahari

2. Permainan Wayang
the power of shadow in art
3. dongeng Bayangan Tangan
ingat bagaimana ketika anda masih kecil lalu ibu anda mendongenkan cerita binatang dengan tangan saat mati lampu? anda bisa ketakutan setelah melihat bentuk bentuk yang seram, atau bahkan tertawa. ingat?
4. fenomena Langit terbelah yang sebenarnya adalah bayangan dari awan diwatu senja. atau yang dalam bahasa sains nya disebut sebagai Dark crepuscular.
Dark crepuscular/(langit terbelah)

lalu bagaimana dengan bayangan yang saya maksud dalam teori ini?
4. Saya sendiri, anda, orang orang diAkun facebook anda, di Blog blog lainya,
mereka secara tidak langsung sedang membuat bayangan sendiri, begitu juga anda, Anda yang sedang aktif di dunia internet memiliki pencitraan sendiri dimata para audience. bisa saja saya dimata anda saat ini sebagai orang aneh yang sok pinter, atau ganteng, baik hati, atau anda menyangka saya seorang yang hipokrit.
Tapi yang jelas itu adalah bayangan anda, bayangan memang berbeda dengan aslinya. tapi yang selalu saya tekan kan bayangan atau pencitraan memiliki identitas masing masing, yang mengikuti bentuk dari benda yang sesungguhnya.

baiklah, contoh orang orang yang sukses membuat pencitraan atau bayangan. sehingga ia dapat memanfaat kan bayangan itu.
1. Nabi, dan Rasul, kita tak pernah bertemu dengan beliau beliau semua, tetapi seolah kita (terkadang) mengenalnya. bagaimana sifat sifatnya, mukjizatnya (padahal kita bukan penyaksi secara langsung) bukti bukti kongkrit tentang ke ajaiban dan ke mukjizatan mereka, sebagian besar hanya kita jumpai pada teks teks Al Quran, Kitab, hadits, cerita para Rohaniawan, pendeta.
mungkin sebagian dari kalian akan mengatakan itu adalah fakta yang kita Imani, ya benar saya pun meng imani mukjizat para Nabi dan Rasul. Tapi coba seandanya tidak ada Globalisasi Informasi Komunikasi, yang didukung oleh jaringan yang sangat luas (traditional Internet, konfensional internet(ah ini istilah saya aja)) cerita itu mungkin belum sampai ketelinga anda, dan anda belum mendapatkan bayangan akan Nabi dan Rasul bukan.
2.Adolf Hitler, Pernah mendengar kisahnya? hitler Aktor besar dalam Perang Dunia II, dia sangat pintar mencitrakan diri, Pasukannya selalu dipersiapkan rapi berbaris, parade senjata, orang orang menghormatinya, tapi itu kebanyakan terlihat di Video, karena buktinya jelas, Hitler kalah. Kita  hanya dapat melihat kejayaan hitler pada foto foto dan Video saja juga teks sejarah.
Hitler dan parade pasukannya














(selanjutnya masih dalam pengerjaan)

0 comments:

Post a Comment