Thursday, September 23, 2010

Indonesia dan Belanda

Kalo saya tanya tentang Indonesia dan Belanda pasti kalian akan berpikir, Indonesia Pernah di jajah Belanda. atau kalian akan Ingat "VOC", yups betul sekali, hal itu lah yang kita pelajari di bangku sekolah.
Koleksi saya

mata uang VOC tahun 1735 (salahs satu kolesi saya)
menurut ceritanya sih kita di Jajah negeri Belanda selam 3,5 Abad, lama bener ya.. walau pembuktian tentang 3,5 abad itu banyak di tentang oleh sejarawan kita.
Beberapa hal tanya dan Jawab yang pernah saya saksikan tentang Belanda. misalnya ketika saya di kelas, seorang teman bertanya kepada Dosen saya yang lulusan salah satu Universitas di negeri Kincir angin itu. "Pak, kenapa bapak kok malah kuliah di Negeri yang pernah menjajah Negeri kita pak" secara gesit Dosen saya itu berkata "ketika saya disana saya melihat bahwa semua kemajuan itu adalah berkat dari Indonesia, tanpa Indonesia, Belanda tak akan semaju ini, Iklim di Belanda dingin, sangat sulit bagi mereka bercocok tanam, ketika musim salju, tak ada tanaman tumbuh, pohon pun tak berdaun, sungai menjadi es, mereka dapat membangun saluran air, DAM.  itu berkat mereka menjajah negeri kita, jadi kekayaan negeri kita ada di Belanda hingga sekarang"

ya, bayangkan negeri yang cuma memiliki ketinggian rata rata kurang dari 1 Meter diatas permukaan laut, itu akan sering kebanjiran, luas negara itu pun hanya 41,526 Km2. negeri miskin, kecil tapi kini menjadi negeri yang kaya dan maju. hmmm

lalu saat kemarin saya bercerita tentang perjuangan Indonesia merebut kemerdekaan kepada anak anak, saya mengatakan bahwa Belanda adalah "Negeri Kodok (kikkerland)" anak anak yang les dirumah saya itu bertanya loh kok gitu? saya jawab, Belanda sering tergenang air , jadi banyak kodok disana. hahaha. sebutan negeri kodok itu bukan saya yang kasih, tapi bangsa belanda sendiri yang menyebutkan negerinya.
kemudian seorang anak bertanya "apa gak malu menyebutkan sendiri sebagai negeri kodok?" saya jawab "makanya kalian jangan sampai menghina bangsa kita sendiri"
entah ketika anak itu bertanya demikian saya justru berpikiri tentang Indonesia "loh kok kita kadang gak malu ya menghina bangsa kita sendiri, sebagian orang bisa lantang mengakui Indonesia sebagai negara Miskin, negara Korupsi, negara Demonstrasi, banyak kebodohan. sarang teroris...hmmm ya sebutan itu sering kok kita dengar dari mulut mulut orang Indonesia sendiri, aneh kan. terus lagi deh, ngatain Presidennya atau pejabat negara. dengan kata kata yang menhina dan ada yang menyimbolkan dengan hal hal yang tak sopan disebutkan, saya merasa semakin aneh, kenapa kita gak malu, seolah kita tidak tinggal di Indonesia. ketika ada berita buruk, gosip, kok kita besar besarkan berita itu. terus kalo negara luar malah mencitrakan gak enak untuk negara kita, kalian mau bilang apa?"

mata uang VOC 1788

mata uang VOC tahun1788 salah satu koleksi saya

oke, boleh sih kita mengkritisi apa pun. tapi bukan kah kita adalah bangsa yang santun. dan coba deh siapa juga yang akan menghormati kita bila cari kita dalam mengkritisi gak sopan, menggunakan kata kata kasar, dan kotor. hayoo..hehehe
Keep peace, love, and Respect

0 comments:

Post a Comment