Sunday, September 19, 2010

Sejarah saya nilainya C

Foto Ir. Soekarno Presiden RI petama
Foto ini saya pinjam dari seorang kakek Tua bernama mbah Suary, ia adalah mantan Pejuang TKR. awalnya saya dan ibu lagi jalan antar Undangan dan cari Bakso (sebenernya sih pecel) nah, saat sampai di depan Rumah Mbah Suary ada anak, menantu dan cucu nya baru sampai dirumahnya. ya karena belom silahturahmi lebaran akhirnya baru deh salam salaman, ngobrol sejenak diluar rumah. ya ibu dan mereka asik ngobrol tapi ku sibuk melihat sebuah foto yang ada di ruang tamu.
Nah, ketika pamitan dan berjalan sekitar 10 meter, ku bilang sama ibu. "bu, ada hal yang menarik disana?"  ibu "apa?"
"ada Foto Bung Karno, keliatannya sangat klasik.."
"ohh, yuk mau balik lagi apa?"
"yuk, "
tarraaa.. balik lagi kerumah itu, masuk rumah nya malah.. ibu dan aku sebenarnya gak liat kalo ada mbah Suary di situ. Tapi hebat ibu bisa buat cerita.. "aji, ngajak kesini katanya ada dua hal kok mbah suary gak di salamin ya.. padahal ada di dalem orangnya.." kata ibu, "walahhh.. ya ya,, maaf lahir bathin,, ayo duduk," kata tuan rumah. "Terus aja bilang, bu, aku liat ada foto bung Karno yang klasik bgt. nah itu dia "
akhirnya dengan beberapa patah kata akhirnya saya dibolehkan membawa pulang Foto itu. yaaa.. saya sebenarnya ingin membeli foto ini.. tapi sepertinya si empunya. gak mau deh, Katanya semenjak dia bawa foto itu sudah seperti itu.. ditaksir kira kira umur foto itu sudah 40 tahun, dan umur mbah suary hampir 80 tahun.
Tapi pengalaman berbincang sejenak dengan Mbah suary sangat berharga. dia memang telah tua tapi ingatannya masih kuat.. dia masih secara tepat mengingat tahun kejadian suatu peristiwa. mengingat siap nama nama pejuang dahulu. komandanya, bagaimana ia berperang pada masa Kemerdekaan, yaitu ketika Belanda datang kembali dengan membonceng  pasukan sekutu. NICA. ketika Jepang datang pun ia akhirnya disuruh ikut romusha (kerja paksa). Tapi ketika di tanya,  Mbah kok gak ambil veteran? dia hanya menjawab, "yang lalu itu sudah berlalu. gak perlu minta veteran atau uang pensiunan veteran. saya pernah di tawari itu. Tapi biarlah. amal."
cukup menarik lagi ketika di Metro TV ada cerita tentang sejarah Presiden Soeharto. dia bilang pula "Sekarang Sejarah itu Gak Murni".. hmm ada benernya juga sih, lihat bagaiman sekarang pelajaran sejarah sudah di revisi. G30S PKI, Supersemar, 350 tahun indonesia dijajah Belanda. waaallllaahhh kalo tiap sejarah gak murni, apa yang saya pelajari sih di Sekolah?
mungkin itu lah kenapa ada Pepatah
masa lalu adalah sejarah
sekarang adalah hadiah
dan masa depan adalah misteri
iya, ada pula yang mengatakan "Yang lalu telah berlalu,"
mungkin ada baiknya.. dengan pepatah itu. sekarang banyak orang yang memanfaatkan sejarah sebagai alat politik, seperti Pengakuan sebagai suku atau Ras terhebat. Isu Indonesia dan Malaysia. Sklumit scandal politisi.  dsb liat aja deh di gramedia.
kalo dah gak murni kenapa kita masih belajar sejarah..??
ya yang penting bagaimana kita memaknainya..
Analoginya sejarah itu seperti saat kita mengendari Mobil atau motor. kita harus melihat kedepan. sesekali lihatlah ke belakang dengan spion sejarah. tapi walau spion itu gambarnya terbalik dari pada kondisi aslinya. toh masih banyak manfaatnya.. dan ingat Jas Merah "jangan Sekali kali meninggalkan Sejarah"
kata Pak polisi "ingat pasang Spion" wkwkk

0 comments:

Post a Comment