Saturday, October 9, 2010

Antara Satir, Fakta, dan Kebohongan

kemarin saya terkejut dengan sebuah link dari seorang teman saya, dia menunjukkan link yang berjudul "Sastra Reality: Justin Bieber Terbukti Sebagai Pedofilia 51 Tahun Yg Menyamar (VIDEO)"
saya terkejut bukan karena saya mengagumi Justin Beiber. namun apakah berita itu demikan benar? apakah selama ini kita dibohongi oleh justin?
penyelidikan saya mulai dari menelusuri sumber awal yaitu link tersebut, dan mengarah pada sebuah blog berdomain http://witho-sang-pembual.blogspot.com dalam situs itu saya membaca artikel yang mengejutkan dan memiliki bukti yaitu foto dan video youtube..wow
nah kecurigaan saya meuncul pada blog tersebut.
Pertama, link itu seharusnya tak perlu di percaya, karena tertulis Witho sang pembual ? wow lucu ya..
kedua, coba liat logo banner blog tersebut
Sastrality bukan situs berita aktual dan terpercaya

ketiga setelah saya membuka bagian laman  disclaimer blog tersebut ada perkataan yang tak beda dengan kecurigaan pertama dan kedua , yang berbunyi
Sastrality adalah sebuah situs Sastra Satir yang dibuat untuk kepentingan hiburan semata. Semua yang anda baca dan lihat dalam situs ini hanyalah merupakan bualan belaka. Sastrality menggunakan nama fiktif dalam semua tulisan. Kesamaan nama, tempat dan kejadian hanya bersifat fiktif dan merupakan sebuah kebetulan yang disengaja tidak disengaja. Semua penderitaan yang dialami pembaca setelah mengunjungi situs ini sepenuhnya diluar tanggung jawab Sastrality.
cukup lucu rupanya, dan memiliki selera humor tinggi untuk si pembuat blog. hahaha
nah, pertanyaannya lagi, Boleh jadi memang blog itu dengan identitas demikian.namun bagaimana dengan rekaman video di youtube?

sebagai informasi, video ini telah di view lebih dari sembilan ratus ribu orang.
dan apalagi bila bukan video yang menjadi bukti paling kuat suatu fakta?. sebagian orang pun akan mempercayai sebuah rekaman video ketimbang hanya sebuah tulisan. apalagi hal itu muncul di salah satu situs pemberitaan di Amerika?
tapi, rasa skeptis justru semakin membuat penasaran.

Dan beberapa hal yang telah saya temukan.
Pertama,video tersebut bila kita perhatikan rentetan nya tak ada hubungan yang langsung menunjukkan bahwa justin beiber adalah palsu.
Kedua, coba perhatikan gambar justin beiber dibawah ini,

foto ini lah yang dituduhkan sebagai, foto justin beiber ketika topengnya terbuka dengan tidak sengaja di tengah konser dan langsung ditangkap dan diperiksa pihak kepolisian.
padahal coba perhatikan foto penangkapan laki laki tua (cote/justin)dalam video itu.
penangkapan cote oleh polisi los angels

bila kita perhatikan antara foto konser dan foto penangkapan, gak ada hubungannya bukan. penangkapan sepertinya terjadi di salah satu rumah.
bila diperhatikan lagi, kita bisa mengatakan foto itu adalah HOAX. mengapa?
coba, mungkinkah seseorang yang topeng penyamarannya terbuka seperti itu masih bisa konser dengan tenang? bukankah ketika ia menyadari seseuatu yang aneh dia harusnya langsung kebelakang panggung untuk merapikan topengnya lagi? dan kemungkinan besar foto itu dibuat dengan adobe photoshop teknik seperti itu sudah tidak asing lagi bagi kalangan desain grafis, dan  editor foto.


Ketiga, coba liat ketika video itu berputar di menit 1:30 dan 2:11  video itu justru terlihat seperti lip syinc, karena ketika si pak tua bernyanyi dan kepalanya mendekat dan mejauhi kamera, tidak ada perubahan suara, seharusnya suaranya mengikuti gerak jauh dekat kamera.?
dan coba perhatikan mengapa tertulis courtesy LAPD 2007 ? sedangkan berita itu muncul di tahun ini?bukankah seharusnya sudah diketahui sejak lama kepalsuan itu?

kelima, mengapa Hanya www.Theonion.com atau The Onion News Network yang secara resmi menampilkan berita itu? kenapa media lain seperti CNN BBC dan lainnya tidak menampilkan berita itu?bukankah ada jumpa pers?

namun kecurigaan saya itu masih bisa terelakan. oleh beberapa penjelasan lainnya
1, Niat banget ya kalo mau buat berita bohong? sampai muncul seperti pemberitaan di tv?
2, Polisi pun telah angkat bicara, dan melakukan jumpa pers, tadinnya saya curiga dengan bendera dibelakan police officer itu? itu bukan bendera amerika namun ketika saya searching mencari bendera apa itu, saya memang mendapati bahwa bendera itu adalah bendera Los Angels. apa mungkin polisi melakukan pernyataan yang sangat kontroversial?

3. adanya gadis berumur 9 tahun yang mengaku menjadi korban sex menyimpang justin beiber

nah, ketika saya diberitahu seseorang tentang The Onion News Network maka saya coba mencari sumber yang lebih bisa di percaya, dan perpustakaan wikipedia adalah salah satunya, lalu saya pun mendapati Onion News Network pada link http://en.wikipedia.org/wiki/The_Onion
dari situ maka terjawablah sudah semua pertanyaan saya.
The Onion News Network adalah Siaran web video berita yang diluncurkan The Onion pada bulan April 2007. sedangkan The onion adalah organisasi berita satir di Amerika . pada paragraf kedua tertulis
The Onion's articles comment on current events, both real and imagined. It parodies such traditional newspaper features as editorials, man-on-the-street interviews, and stock quotes on a traditional newspaper layout with an AP-style editorial voice. Much of its humor depends on presenting everyday events as newsworthy and by playing on commonly used phrases, as in the headline, "Drugs Win Drug War."
hahaha. both real and imagined. dan coba baca lagi yang ini
In April 2009, The Onion was awarded a Peabody Award that noted "the satirical tabloid's online send-up of 24-hour cable-TV news was hilarious, trenchant and not infrequently hard to distinguish from the real thing."
jadi memang benar pemberitaan The onion sering kali sulit dibedakan dari keadaan yang sebenarnya. hahaha
mungkin karena kebohongan mereka sangat tersusun rapi? dan sekenario yang nyaris sulit dibedakan dengan fakta yang sebenarnya.

lalu kenapa pemberitaan satir begitu menarik perhatian banyak orang? hingga agaknya blog sastra reality meniru apa yang dilakukan The Onion?
hmm mungkin anda harus membedakan apa itu satir, satir bukanlah kebohongan , namun hanya berupa sindirian.Agaknya gak bisa kita samakan antara menyindir dengan membohongi, tapi coba deh kita perhatikan kebanyakan orang yang suka menyindir akan mengada ada sindiriannya, nah bagi anda yang gak biasa menyindir, selama seminggu anda coba menyindir segala hal. dan anda akan menyadari bahwa sebagian dari sindirian anda itu ternyata anda buat buat sendiri. anda mencari celah, sebagaimanpun sempurnanya objek, anda akan mencari cari apa kelemahannya.
lalu bagaimana dengan Indonesia? saya rasa pemberitaan satir, sudah menjamur dimedia kita. mungkin sebelum kita mengenal The Onion. coba perhatikan acara seperti : Republik BBM, Republik Mimpi, Sentilan Sentilun, Jhon Pantau, karikatur bang One, dan masih banyak lagi yang lain. di media koran lokal palembang dahulu ada Mang Juhai, Ayam nyenyes, Lokak. kebanyak konten nya adalah sindirian.
namun yang harus kita beri acungan jempol untuk media  satir Indonesia,masih memberikan berita yang asli namun hanya di tambahi opini dan sindirian. siapa saja yang disindiri? semuanya bisa. mulai dari Presiden, ulama, atau tukang becak  sekalipun.
berbeda dengan Kasus The Onion yang mencampur adukan berita yang asli dan palsu. sehingga mebuat bingung pemirsanya. hahaha.
tapi ya memang tidak bisa dipungkiri bahwa media satir memang sangat asyik disimak. disitu kita bisa tertawa, atau bahkan bingung sendiri. selamat bingung!!

0 comments:

Post a Comment