Thursday, October 28, 2010

Kesalahan Yang Terulang

sekitar setahun yang lalu saya pernah kesal banget, ketika saya hanya mempunya sedikit media penyimpanan data, saat itu saya belum mempunyai Komputer, flashdrive pun tak ada, tapi saya masih punya MMC di kamera saya, itu lah media data yang saya miliki, satu satunya.
Tahun itu saya jalan jalan ke Jawa, menghadiri pernikahan Om saya. banyak sekali kenangan di MMC itu. foto foto lucu, rekaman rekaman yang lucu, unik dan menakjubkan. Namun pada suatu hari saya hendak mengerjakan Tugas di Warnet. Tetapi suatu hal yang tak pernah ku duga. ternyata kabel cardreaderku mengalami kerusakan, yang menyebabkan hubungan arus singkat alias konslet. dan tau apa yang terjadi? file file yang terdapat dalam MMC itu rusak tak tahu apa bentuknya.
Bagi yang belom mengerti saya jelas saja begini, setiap file yang terdapat pada media penyimpanan data adalah suatu gabungan dari susunan susunan data. data data itu tak boleh terpisahkan. harus menyatu. Analoginya mirip dengan pelajaran Biologi. Atom, Tubuhkita dan seluruh benda yang terdapat di dunia ini adalah suatu susunan atom. bila dia terpisah dari atom yang lain berarti rusak, dari yang padat menjadi longgar. nah ketika data data itu terjadi konsleting, maka susunan data data pembentuk file itu akan berhamburan. dan gak mungkin saya bisa memperbaiknya. : (
Nah kejadian itu terulang kembali sekarng, Ketika tadi saya ingin mengedit power point untuk presentasi saya menemukan suatu kejadian yang aneh, tiba tiba flashdrive saya tidak bisa dibuka . kenapa ini? dan Setelah saya sadar ketika sampai dirumah dan mencoba meneliti balik di komputer saya, dan hasilnya sama, Flashdrive tidak bisa dibuka. saya mencoba menggunakan program recuva, dan data rocovery untuk menyelamatkan file yang tersimpan di FD tersebut. Tapi result yang dihasilkan data rocever ternyata menunjukkan file saya telah rusak. dan kemungkinan yang terjadi adalah 1. Bad sectore pada hardware FD saya atau 2. ya itu kosnleting listrik.
Nah, masalahnya adalah, saat ini saya adalah seorang sekretaris himpunan saya di kampus. Dan beberapa contoh surat, proposal dan LPJ hanya ada di FD, dan belom saya pindahkan di komputer. maklum akhir akhir ini saya sering sekali terburu buru. Dan dengan terpaksa. saya harus mulai bekerja lebih giat lagi untuk menulis  beberapa tugas yang hilang itu.
Padahal pengalaman pertama telah mengajarkan saya"Tidak percaya untuk menyimpan file hanya pada satu tempat saja" . pengalaman pertama membuat saya harus menyimpan gak cuma di Komputer, FD, tetapi backup data ke DVD, unggah lah di internet, seperti email. facebook. blog dan segala macem itu..
Dan ungkapan, "Tak akan pernah jatuh di lubang yang sama" tak berlaku pada saya.. isssss dah
astaghfirullahal adzimmmm...!!!!

0 comments:

Post a Comment