Saturday, October 30, 2010

Konfigurasi MS Word dengan Blog



Perhatian : Bagi anda yang ingin segera membaca Trik ini, terpaksa membaca diary saya ini dulu.
Mungkin ini salah satu tips trik yang bisa dimanfaatkan bagi anda yang suka sekali dunia blogging. Tips ini sendiri saya contek dari salah satu buku, entah saya pun lupa apa nama buku tersebut ketika  Kemarin saya menjelajahi Gramedi. Saya berpapasan dengan buku yang membahas tentang konfigurasi MS word 2010 dengan Blogging. Yaaahh maklum saja anak kuliahan. Di Gramedia saya hanya numpang baca. Hehehe
Sesampainya dirumah saya terkejut ternyata saya tidak mempunya MS word 2010, saya hanya memilik MS word 2007. Hahaha Tapi justru saya semakin penasaran dengan  MS word 2007. Masak sih gak bisa. Wkwkwk
Singkat cerita akhirnya saya menemukan jawaban. MS word 2007 bisa kita gunakan untuk Blogging. Maksudnya bukan hanya sekedar kopas “copy paste”. Justru saya berpendapat dengan office word penulisan kita jauh lebih kaya ketimbang kita mengetik Online. Mau tau apa kayanya? Baca aja.

Pertama dan Yang paling utama adalah Baca Basmalah. Heheheh J
Selanjutnya Buka MS word nya lah.
Biasanya anda akan langsung diberikan halaman dokumen biasa. Tapi coba klik logo office word diujung sebalah kiri atas monitor dari sudut anda
Setelah itu pilih Publish dan klik Blog lihat gambar dibawah

















Nah kemudian akan ada pemberitaan Register, Register Now boleh langsung anda terapkan, atau register later untuk mengetik artikel terlebih dahulu. Disini saya pilih Register Now. Pastikan pula koneksi Internet anda berjalan.









 
Bila anda memilih Register now, anda akan dihadapkan pada box  seperti gambar dibawah


Anda diminta memilih jenis provider blog anda. Dan ternyata Office word 2007 telah mendukung banyak provider blog. Mulai dari Blogger, wordpress TypePad, bahkan bila tidak anda memiliki salah satu diantaranya anda hanya tinggal mengklik “Other”
Oke, karena saya lebih sering aktif di Blogger maka saya pilih Blogger. Kemudian klik Next.

 
Nah Kotak ini lah yang harus anda isi. Isi User Name anda atau email yang anda pakai untuk membuka akun blog anda. Dan isi Password atau kata sandi anda. Bila anda memakai komputer atau laptop pribadi. Dan blogging adalah kegiatan harian anda. Memlih tanda centang atau cek list  ΓΌpada  Remember Password akan lebih memudahkan anda.
Setelah anda login atau pilih OK maka kita ketemu kotak lagi.










Pilih Ok aja deh yang ini.







Biasanya sih yang gak ngerti bahasa inggris bakal kaget kalo liat kotak yang ini tapi tenang saja.. silahkan klik “Yes” atau enter.









Nah akun Blog anda sudah kelihatan tuh. Tinggal pilih Ok lagi.





Jangan cemas pilih Ok aja.
Dan Selamat datang dikemudahan Blogging via MS word
Silahkan memulai deh menulis ?
Selanjutanya gimana ya cara ngePosting nya?
Gini caranya pilih Publish dibawah tanda office word







Nah, yang masih membuat saya bingung adalah bagaimana nge Publish foto atau gambar yang telah saya ketik via MS word langsung ke blog. beberapa kali saya coba Word tidak bisa menampilkan gambar. Gambar gambar ini saya masukan lewat dasbor blog saya. :( lalu mungkin kesalahan pada Picture option. namun setelah saya otak atik lagi, saya belum paham. Ada yang bisa bantu saya?
maklum lah, saya belum baca buku itu sampai habis. :)

1 comment:

  1. @giyuni yang nanya saya tentang artikeel ini via twitter. maaf balesnya disini,, lagi numpang hotspot gratisan di kampus, mau buka twitter gak bisa karen dah di lock sama kampus..

    perihal url sama source pada setting picture options saya sendiri sampe saat ini belum tahu apa yang harus diisi, Anda pake Blogspot ya? tapi kalo pake wordpress anda masih bisa upload langsung gambar dari ms word.

    nah untuk mengatasi problem ini saya pake dua cara.(soalnya gk tw cara yang benernya)
    Pertama: kalo anda punya akun blog double di wordpress dan blogger.com anda bisa posting di wordpress dulu ,, dan setelah di publish, anda masuk ke dasbor wordpress dan edit kembali postingan anda itu.pilih Html dan copy, selanjutnya buka blogger.com new entry dan pilih html. paste yang telah anda copy di wordpress.. hehehe

    cara kedua, ikuti aja totorial artikel ini.. terus biarkan saja pada picture options dalam none-don't upload picture,, setelah anda publish, masuk ke dasbor blogger anda. edit entry lalu masukan aja gambarnya seperti biasa. hehehe

    mungkin jawabannya gak memuaskan ya? tapi kalo @giyuni dah tau nanti, share ya ke saya..heheehe

    ReplyDelete