Saturday, October 23, 2010

Yang Buat Jalan Macet

dah lama rasanya gak Blogging.. kangen,, iya,, tiap kali saya duduk dan termenung didalam bus saat pergi atau pulang kuliah. saya sering berkata membathin, Kangen nge blog..
akhir akhir ini saya sangat sibuk, sampe nih untuk internetan aja minjem hape mamas jadiin modem,
karena waktu cek pulsa di *999  sms dari oprator bilang: Pulsa anda Rp.0 berlaku s/d 28/07/2011
waaahhh gk bisa ol, gk bisa sms.. kocek pun dah nipis..yaaa yang penting masih punya saudara yang bisa minjemin hape..wkwkwwkwk

oke, prolognya gak nyambung ya, isinya curcol (curhat colongan)
setiap hari, (ya hampir tiap hari lah) mondar mandir rumah - kampus - rumah naik bus kota. perjalanan dari rumah kekampus atau sebaliknya memakan waktu sekitar 40 menit. kalo di waktu waktu sibuk seperti pagi jam 7-8 atau jam 4 sore.. atau siang hari jam 12 .. beberapa kawasan akan macet. wah macet kendaraan sih gak papa kalo lagi jam sibuk, tapi kalo ditambah lampu merah tiba tiba mati (listrik padam, termasuk lampu merahnya  :( ) ini dia baru derita. derita yang dijalan tentunya, termasuk pak polisi. ya kan pak?

nah menurut hasil pengamatan saya sih ada beberapa hal penyebab kemacetan.
tapi disini saya akan tulis dikit aja. karena ini yang jadi sorotan saya,
yaitu kendaraan, loh kok kendaraan,, ya iya lah kalo gk ada kendaraan gk akan macet..haha
hmm maksudnya kendaraan pribadi. kalo bebarap orang sih nyalahin kendara bermotor yang terlalu banyak dijalan raya yang nyebabpin macet. padahal kalo liat dilapangan. ketika macet, motor lebih mudah nyelip nyelip dan terlepas dari kemacetan. motor gak banyak ketimbang mobil saat macet.
jadi saya kurang setuju bila dalam keadaan normal, motor disalahkan kecuali saat gak normal kayak kecelakaan mungkin. nah motor pun lebih suka ngebut dari pada mobil.
jadi anda pun tahu ya arah pikiran saya,  mobil adalah penyebab kemacetan.

kenapa mobil?
mobil itu badannya gede, lebih besar dari motor kan?
mobil itu jalanya jarang se_ngenbut seperti motor.
artinya saat jam jam sibuk, dan makin banyak kendaraan mobil pun akan lebih mudah terjepit bukan.

nahh saya sih gak mau nyalahin mobilnya 100% tapi prilaku kita loh..
coba deh kalo motor dikendarai satu orang sih masih wajar.dua orang bagus tuh, tapi kalo 3 orang oohhh jangan coba..
tapi mobil. mestinya kan bisa dinaiki 4-6 orang. .kenapa kalo kita liat dijalan banyak mobil tuh cuma satu orang didalemnya. atau 2 orang.. artinya kan gak efisien tuh mobil.

logika saya adalah bukan mengurangi orang yang jalan dijalan raya, tapi mengurangi kendaraan yang ada dijalan raya. kalo satu mobil bisa dinaiki 4 orang. ya naikan lah 4 orang .
caranya, yaa ajak beberapa orang naik mobil saat mau pergi ke tempat tujuan, misal keluarga yang mau ke kantor, ibu yang kepasar, atau adikyang kesekolah, bisa juga bila ketemu seorang ibu yang mau kepasar, atau anak sekolah yang lagi jalan ke sekolahnya. ajakin naik mobil kita tuh.

yaa saya sih gak yakin juga ya, kata kata ini bisa saya terapkan,pertama karena saya gak punya mobil. kedua, karena saya belom tau rasanya naik mobil. apakah saya jadi sombong, atau rendah hati. haha

saat saya masih SMA saya sering sekali pergi ke sekolah dengan berjalan kaki, jalan ke sekolah cukup jauh. capek kadang, bahkan sampe dikelas dengan keringetan, kalo lagi telat saya lari lari kesekolah (lari pagi) dan setiap kali ada mobil yang lewat saya sering berpikir "mobil ini masih cukup untuk menumpangkan orang seperti saya" disini saya bukan mau bermental pengemis. saya pun tak merengek rengek ditengah jalan atau pura pura terkapar dipinggir jalan untuk dapat tumpangan. tetapi ketika saya merasakan itu, saya sering berkata dalam hati, seandanya saya suatu hari punya mobil. saya mau jadi pemilik mobil yang budiman. bukan mobil pak budiman loh. tapi seandanya saya bisa membantu orang dengan apa yang saya miliki betapa saya wajib bahagia. Coba bayangkan, dengan menumpangkan kendaraan kita kepada orang lain, itu artinya kita telah membantu mereka untuk menyimpan uangnya paling tidak Rp2000. Sedangkan uang bensin kita pun gak berkurang sedikitpun.

Tau Bajaj kan ? bukan motor bajaj yang keren itu , tapi bajaj kendaran roda 3 itu loh..tadi sore ada program di Transtv namanya kaca mata, host nya Hendra herlambang, terus dia datengin kumpulan bajaj, tau gak sih kalo bajaj itu bisa muat 6 orang. dan sering banget dipake untuk 6 orang, wahhh mobil jangan kalah dong dengan bajaj.

Sebenarnya bila kita fokus terhadap alat transportasi masal, dan rajin naiknya, akan lebih mengurangi kemacetan. dan yang penting fasilitas kendaraan transportasi masal itu yang harus ditingkatkan. biar yang naiknya pun senang.. wkwkwk
coba, seandanya mobil itu isinya 6 0rang, terus bus bisa 20 orang. padahal panjangnya paling 2 kali mobil, bahkan lebih kecil lagi.

0 comments:

Post a Comment