Thursday, November 4, 2010

Etiket : Mengetahui Nomor Telphone atau Handphone


Sebenarnya ini cerita pengalaman saya sendiri dengan anak les yang kursus dirumah saya, Suatu hari sebut *sebut saja Alfi* meminta saya untuk membuatkan sebuah akun Facebook, sebenarnya saya sedikit enggan untuk membuatkannya Akun facebook untuk Alfi, karena Alfi masih dibawah umur bila mendaftarkan diri di Akun Facebook. Namun karena bujukan, dan alasannya yang mengatakan Guru mereka pun menganjurkan mereka memiliki akun facebook, Maka saya pun akhirnya membuatkan akun untuknya.

Dan beberapa waktu lalu, Alfi meminjam komputer saya untuk online facebook. Dan saya pun mendampingi Alfi disebelahnya. mengamati apa yang ia lakukan dengan facebooknya. Setelah saya perhatikan tampaknya Alfi sedang wall to wall dengan seorang cewek, kebetulan seumuran dengan Alfi *sebut saja Dea*.
terus ketika saya menangkap kata kata yang sedang Alfi ketik di wall Dea, Saya pun menegurnya. Alfi hendak menanyakan Nomor Handphone Dea.

Meminta nomor handphone tak etis bila menanyakannya di Wall, Bagi sebagian orang nomor Handphone tidak baik untuk disebar luaskan, karena akan menggangu mereka beraktifitas bila ada orang yang iseng misscall atau telphone. Akan lebih baik bila menanyakan via Inbox atau kotak masuk saja. Dan disertai alasan kenapa meminta nomor Handphone tersebut.
bila ingin meminta Nomor Handphone di wall/dinding dengan pertimbangan tertentu, Lebih baik memberi tahu untuk mengirimkan nomor handphone nya di inbox saja.
Tapi, Mungkin satu hal ini yang sering dilupakan Facebooker ketika ingin meminta nomor handphone terlebih mereka yang masih awam dengan jejaring sosial ini. Melihat Informasi di Info Profil Facebook orang yang ingin kita ketahui nomor HPnya.  Apakah ia membagi/menampilkan Nomor handphone nya atau tidak.

Dan ketika saya nasehati seperti penjelasan diatas, Alfi segera mengecek info, dan didapatkanlah nomor handphone Dea dengan cuma cuma.

Meminta Nomor Handphone pada orang yang baru kita kenal di jejaring sosial bukanlah tindakan yang etis, lebih baik bila anda ingin tetap meminta nomor HP tersebut anda harus lebih bersabar. Karena dengan meminta Nomor handphone orang yang baru anda kenal di Facebook. Bisa menurunkan citra diri anda. Ya mungkin bila anda melakukan itu di Wall akan lebih parah lagi dampaknya, Tapi bila kita lakukan di Inbox, mungkin hanya si orang yang dimintakan nomor hp saja yang mulai berpersepsi buruk terhadap anda. Apalagi bila orang yang kita mintakan nomor handphone itu memiliki pacar, Suami atau Istri, siap siap anda di remove dari pertemanan atau di Block. Walau kasus ini kadang tidak ditemui se Ekstrim seperti ini.

0 comments:

Post a Comment