Sunday, January 2, 2011

Pelajaran Untuk Para Blogger (Pembajakan Domain Blog)

"Kejahatan bukan hanya karena ada niat dari Pelaku, tetapi juga karena ada Kesempatan, Waspadalah !! Waspadalah!!!" Bang Napi @Sergap RCTI

Hari Ini saya iseng mengunjungi beberapa halaman facebook teman-teman saya, melihat info mereka dan mencoba membuka beberapa blog yang mereka ciptakan. Anehnya ketika meng klik blognya yang saya  seperti ini.

dan seperti ini

Hal demikian bisa saja terjadi karena beberapa sebab, seperti anda merubah nama domain anda (Dasbor-pengaturan-publikasikan),Menghapus permanen blog anda (Dasbor-pengaturan-dasar-hapus blog) atau anda menggunakan domain gratisan seperti .co.cc yang hanya dapat dinikmati gratis selama satu tahun saja(memiliki Expired time)

Mungkin kita tidak memikirkan apa bahayanya melakukan hal hal tersebut. Padahal kita sudah bosan dengan nama domain yang kita pakai. atau sudah enggan lagi menulis diblog. Analoginya Domain ibarat KTP (Kartu Tanda Penduduk). Ketika KTP anda dicuri orang lain dan digunakan untuk tindak kejahatan. Maka kita bisa saja terkena imbas tindak kejahatan itu. Seperti menjadi tertuduh, atau tersangka.
Bayangkan jika domain blog anda yang berisi catatan harian, atau tips trik hobi anda menjadi domain blog porno. Dan tiba-tiba seseorang teman anda yang  membuka blog anda  melihat sesuatu yang mengerikan ketika selesai menuliskan domain blog anda pada kotak Url web browsernya.

Lalu bagiamana pemalsuan blog anda bisa terjadi ?
lihat bagaimana blog rumahsaji.blogpot.com di atas
"Maaf, blog yang Anda cari tidak ada. Meskipun demikian, nama rumahsaji tersedia untuk didaftarkan!"

klik Daftar, lalu dilanjutkan mengisi formulir pendaftaran. maka domain tersebut akan menjadi milik orang yang mendaftarkannya kembali.
hal ini juga berlaku untuk domain yang disediakan gratisan seperti .co.cc

Tetapi mungkin anda punya alasan kuat mengapa harus menggantinya atau menghapusnya. Untuk ini saya tidak bisa mencegah anda melakukan hal tersebut. Maka saya hanya memberikan tips bila anda memang melakukannya.

JIKA MENGHAPUS BLOG
  • Hapus informasi alamat blog anda di akun jejaring sosial seperti facebook atau twitter.
  • Jangan sesumbar meberitahukan akan penghapusan blog anda.(hal ini memberikan kesempatan orang lain untu bertindak jahil 

JIKA MERUBAH NAMA DOMAIN
  • Beritahukan kepada teman-teman anda akan perubahan domain situs/web/blog anda.Apalagi bagi kamu yang sudah banyak tukaran link. link link kamu(sebelumnya) di situs lain tak akan bisa diakses dan hal itu akan mempengaruhi trafik kamu.
  • Ubahlah domain dengan menggunakan web hosting yang anda daftar(cont: adfawrttff.blogspot.com menjadi www.adfawrttff.net) karena pada dasarnya domain blog anda juga dipakai. dan masih bisa menggunakan domain tersebut.
  • Jangan merubahnya langsung dari blog(Dasbor-pengaturan-publikasikan-Alamat blog*spot. cont: adfawrttff.blogspot.com menjadi faugobeortb.blogspot.com)
LEBIH BAIK
  • Membuat posting pengumuman dan bukan menghapusnya.
  • Buat saja blog baru (Dasbor-buat blog).
Demikian tips dari saya, semoga bermanfaat ^_^

1 comment: