Thursday, March 24, 2011

Tips blog: Membuat Blog yang Orisinil?

Siang hari di lantai 3 kampus C. nungguin Dosen yang gak kunjung keliatan. saya berbincang bincang dengan Alin (http://coratcoretaline.blogspot.com/).
Salah satu hal yang kami sukai saat berbincang adalah ngomongin soal Blog, apalagi setelah Dosen Aplikasi Komputer "Pak Nayel" nyuruh mahasiswanya untuk buat Blog. Pak Nayel bilang "Gak Punya Blog gak bisa lulus mata kuliah ini".  hahaha grup fb BudakKomik2009 mulai deh di penuhi oleh posting posting blog mahasiswa. kalo istilahnya nih sebenarnya posting posting itu kayak Spam. No Why(tidak mengapa) wkwkwk emang gitu kata Pak Nayel "Buat Blog terus masukin ke Grup, nanti saya catat".
Hal ini lah yang membuat follower blog ini meningkat.haha. Eh lin ku punya ide gimana ya kalo kita buat Grup atau Himpunan Mahsiswa aja sekalian. "Bina Darma Blogger Club"
Jadi club ini lah yang nantinya merangkul blogger blogger di Bina Darma. Terus jawaban Alin "Iya ji, Tapi masalahnya satu keaslian blog(orisinalistas suatu blog)".

Jawaban itu yang menderu deru di otak ku beberapa hari ini. Emang bener juga, akhir akhir ini saya memperhatikan bagaiamana blog teman-teman yang baru lahir itu umumnya hanya berisi dua label menurutku, pertama, copy paste, Kedua, Update Status
Pertama, Copy Paste dan mencomot isi dari blog, atau situs orang lain, yang sayangnya teman-teman lupa mencantumkan alamat asli dimana ia mengambil artikel itu.
Kedua, Update Status, sebagian sih buat puisi, yaaa masih oke lah. tetapi kalo isinya hanya sedikit kayak nulis status di Facebook.? misalnya nih : "ihh sebel, Astaghfirullah"

kalo diukur ukur sih sebenarnya saya masih ngerasa kurang pantes membuat tulisan ini. tetapi saya gak mau kehilangan ruh dari ngeblog yaitu sharing.

Senangnya ngeBlog itu sama kayak orang jatuh cinta. #Maaf jangan bilang "weeek" ketika saya tulis kata cinta. hahaha
Ya, kecintaan kamu dulu juga sih yang menentukan gimana blog kamu urusin.
beberapa hal dibawah ini lah yang membuat orang terus konsisten NgeBlog.
Pertama, Kepuasan batin/kesenangan tersendiri, mungkin rasanya seperti, ketika kamu Jatuh Cinta, jika kamu diam kamu hanya gelisah, tapi ketika kamu mengungkapkan dengan cara apapun perasaan cinta kamu, betapa lega hati ini.kayak ngeBlog, ketika ada sesuatu yang ingin kamu ungkapkan dan telah kamu ungkapkan dalam tayangan blog kamu itu betapa Leganya hati kamu.saya sebut dengan Silent Happy,karena orang yang sudah ngeblog hatinya akan senang,tapi gak jingkrak jingkrak setelah selesai memposting. melainkan hanya diem dengan senyum berkembang.
Kedua, "Rindu" Orang yang sudah jatuh hati sama Blog bakalan Rindu untuk menulis, Kerinduan menulis inilah yang sangat penting untuk menjaga blog kamu tetep idup dan gak di penuhi sarang laba laba.
"maaf ya blog, sudah lama kamu gak kuliatin#sambil bersih bersih sarang laba-laba" quote ini banyak sekali saya temui dibeberapa blog pribadi yang mengatakan bahwa blog adalah selingkuhannya.
Ketiga, Senang lagi sambil berbunga bunga. Ini kalo kalian sudah mendapatkan prestasi dari aktifitas ngeblog, Jangan langsung berpikir maksud berprestasi bisa kayak "Raditya Dika", bisa jadi buku, jalan-jalan gratis, atau dapet duit. Prestasi disini bisa juga berarti dengan munculnya blog kamu di Search enggine, Trafik yang bagus, Dikenal orang, paling sederhana adalah blog kamu dibaca dan di komentarin orang orang. Karena secara alamiah manusia itu N'Ach alias Need For Achivment, manusia itu membutuhkan prestasi. dan mencari prestasinya sendiri. meskipun prestasi itu kadang tidaklah formal dan bahkan dipandang sebelah mata. Jujur ya, secara Material saya belum merasakan dapat keuntungan dari kegiatan ngeBlog, ditawarin dibuat buku, diajak jalan jalan gratis atau orang yang mau pasang iklan diblog terus bayarin kita sejumlah uang. tetapi ketika saya mendapatkan prestasi tersendiri dari ngeblog. betapa saya girang kayak orang yang diterima cintanya. hahaha Imaterial Profit


Membuat Blog Yang Orisinil (Asli)
1. Sebagian orang menganggap membuat blog yang original itu sangatlah sulit, diperlukan kreatifitas yang tinggi untuk membuatnya. Apakah benar kata kata itu? sebenarnya ada iya ada enggaknya juga. pertama iya, karena memang harus kreatif, kedua, Kreatif itu enggak susah kok. kamu harus punya ide. biar punya ya carilah. Jangan terpenjara dengan isu "Plagarisme/plagiat" membaca refrensi dan terilham dari suatu karya orang lain bukanlah dosa. karena pada dasarnya kita adalah manusia pembelajar, yang meniru dahulu informasi yang kita dapatkan. "Kenpa gambar pemandangan anak SD itu dua buah gunung, dan kini anak SD itu telah menjadi orang hebat dan kamu bilang Kreatif".
2, Tentukan Perencanaanmu (Isi konten), nentuin genree apa itu mungkin sulit, pertama mau bahas tentang apa? gampang, misal kamu suka film, ya buat aja blog tentang film, suka jalan jalan ya buat aja blog traveling, tetapi satu lagi nih yang paling marak didunia bloging, Genre Blog Pribadi, Harusnya nih Blog pribadi itu gak usah bingung mau diisi apa, Karena yang diambil adalah sisi Pribadi. bahkan kalo blog pribadi itu mestinya terbit setiap hari (kalo hidupmu gak statis aja tentunya). Nah tapi blog ini bakalan kayak buku harian. misalanya blog ini, saya sudah menentukan blog ini akan jadi blog pribadi, dan bahasanya akan Gado-gado alias macem macem, sebenarnya blog gado gado itu kurang baik, kadang buat males orang yang berkunjung. itu lah sebabnya blog yang sudah memiliki genree khusus lebih banyak trafiknya.Tapi tujuan dari tulisan ini biar orisinil kan bukan biar banyak trafiknya.
3. Dengan ngambil Tips dari Raditya Dika saat seminar di Novotel Palembang Sabtu 12 maret 2011.Yang penting itu bagaiaman sudut pandang loe "banyak orang membuat konten yang sama, tetapi kamu harus punya pandangan berbeda". Coba deh kamu liat gimana setiap koran menampilkan isinya. sebenarnya hampir setiap koran membahas sesuatu yang sama misalanya sama sama membahas tentang bom buku. tetapi tiap koran akan membuat artikel yang berbeda dari isu yang sama misalnya "Bom Buku meneror warga", koran lainnya bilang "Ahmad Dhani kesal dikirimin Buku", terus "Bom Buku ternyata memiliki no ISBN(misal)". sama kan bom buku, tapi beda gak tuh?

Tetep Orisinil meski,
Copy Paste, kalo menyertakan link dimana kamu mengambil postingan itu. Misalnya nih, pernah gak sih kamu baca koran terus tertulis, vivanews.com atau antara, sebenarnya setiap media seperti koran itu sudah berlangganan alias membayar sejumlah uang kepada situs berita tersebut.karena media tersebut juga tujuannya adalah keuntungan/profit. sedangkan untuk blogger secara Netiket diperbolehkan meng Copy Paste asal mencantumkan tautan atau link dimana di kopas. setelah itu kamu boleh deh  nambahin komentar atau tambahan di postingan kamu, ingat nambahin di postingan, bukan nambahin isi copy, artinya harus jelas mana yang kamu koas mana yang kamu tambahin
misalnya tulisan saya di posting Love Of God

Sekedar Motivasi,
Setelah menghasilkan Karya Blog yang orisinil ada beberapa hal dan manfaat yang kamu dapetin dari artikel yang orisinal.
Pertama, Percaya Diri dong, loe bakalan PeDe setinggi langit. apalagi kalo
K2, dapet respect dari orang yang baca. terus..
K3, Dapet pujian (setingkat lagi dari Respect) tapi kalo gak dapet itu semua.kamu masih dapet
K4, Kepuasan hati telah berkarya.

sebagia contoh adalah rePost saya di Kompasiana. judulnya Nenek Juru Parkir dan Nasib Bendera Peserta Sea Games  untuk membuat dua tulisan diatas bukanlah hal yang datang begitu saja, untuk posting Nenek misalnya. saya sudah sering ngeliat nenek itu. tapi baru kali ini saya buat tulisannya,soal bendera saya harus nyelidikin selama 2 bulan dan mencoba ngumpulin barang bukti dengan jalan kaki dari Jembatan Balayuda SD Muhammadiyah dekat Fly Over sampe kedepan rumah sakit charitas, terus lanjut lagi ke PS untuk refreshing. Maklum isi dompet terbatas ditambah gak punya kendaraan pribadi, siang bolong jam 11 lagi. wkwkwwkw, tapi setelah sampai rumah untuk beristirahat dan malamnya ngeposting dan belum ada satu pun komen setelah satu hari. saya gak berkecil hati, karena saya sudah lega mengungungkapkan apa yang ingin saya ungkapkan (point pertama, nyatakan cintamu), tetapi saya tahu banyak yang baca kalo ngeliat trafik. cuma feedbacknya gak tau.. tetapi setelah saya rePost di Kompasiana yang merupakan tempat terkenal blogger citizen jurnalist wow, dalam waktu satu hari kerja aja sudah ada hampir 400 pembaca dan 15 komentar, yang membuat saya jingkrak jingkrak (kayak diterima cintanya) ketika beberapa komen mulai memuji. heheh maklum newbie di kompasiana.biasanya gak punya komen eh punya komen dikit aja dah seneng, ya itu lah saya. dan mungkin nanti anda.?

Candi Sewu gak pernah jadi dalam semalam.
Sangkuriang juga gak bisa buat kapal dalam semalam.
meski Semuanya telah dibantu oleh ribuan Jin dan bangsa lelembut,
Bahkan Tuhan saja menciptakan dunia dalam 6 hari.
Semua itu maksudnya agar kita harus sabar.
melihat sedikit demi sedikit perkembangan blog kita. tetapi lihat deh hasil ketekunan kamu ngeblog dalam beberapa periode tertentu nantinya.
maju terus teman teman..

2 comments:

  1. Yupz.. gw setuju ji . .
    Biar jelek, gak nyambung atau norak sekalipun,
    Yang penting itu karya sendiri.
    Walau pun isi blog copas dari tempat lain, kita harus share SUMBER tulisan darimana.
    Se tidaknya, yang nulis merasa di hargain karena karya nya gak diaku-akuin oleh oknum gak bertanggung jawab.
    Nulis tuh gak mudah loh. :D

    ReplyDelete
  2. bener banget lin,, gw setuju.. nulis tuh gak mudah..perlu mikir pastinya..

    ReplyDelete