Monday, April 25, 2011

Facebookan dikampus

Umumnya setiap kampus yang memiliki hotspot atau Internet gratis akan memblokir beberapa situs yang dikhawatirkan menggangu proses belajar mengajar.
Kalo dulu yang diblokir itu situs Porno, sekarang justru pihak kampus memblokir jejaring sosial, Terutama Facebook dan Twitter, Padahal sebagian besar orang menggunakan internet justru pada situs jejaring sosial.
Nah, ada rahasia umum dikampus saya sekarang ini, beberapa hari belakangan ini banyak mahasiswa sudah bisa mengakses facebook lewat hotspot atau komputer yang berada dibasement yang disediakan gratis.Lalu apakah kampus saya ini tidak memblokir situs tersebut? jawaban, ya diblokir lah,



Tetapi Mahasiswa emang dirancang biar pinter kan?
Dan ternyata trik yang digunakan sangatlah mudah,
dengan Menambahkan huruf "S" pada http situs yang terblokir bisa dibuka dengan mudah.
Contoh http://www.facebook.com/  diganti menjadi https://www.facebook.com.

Lalu, Bagaiamana dengan Kampus kalian?
Namun perlu diperhatikan akan keamanan data. karena jejak rekam kita dalam menggunakan fasiltias hotspot jelas terpantau oleh Server kampus.
akhir maret lalu, Setiap login hotspot. pihak kampus merilis nama nama pengguna yang membuka situs terlarang . Hal itu membuktikan bahwa situs apa yang kita lihat atau buka dengan fasilitas hotspot akan di pantau oleh admin.Yang mengkhawatirkan, bila admin pun dapat mencuri data pribadi kita seperti Password.

nah loe, sorry pembahasan agak melebar. Tetapi kejadian yang dialami teman saya yang sempat merasa facebooknya disusupi seseorang dan tiba tiba tidak bisa mengakses wifi kampus setelah urusannya dengan pihak kampus cukup serius beberapa bulan lalu, harusnya membuat kita agak waspada.

0 comments:

Post a Comment