Friday, April 1, 2011

5 Film Paling Menginspirasi

Film, mungkin adalah karya seni paling fenomenal sepanjang sejarah manusia diabad ini. Ratusan juta uang telah dipakai untuk membuat sebuah tayangan yang kadang kita nikmati secara murah bahkan gratis.

 Film adalah karya yang ringan, dan paling mudah dimengerti, karena mata, telinga, otak, berkerja lebih rileks namun lebih maksimal pemahamannya ketimbang saat kita membaca sebuah buku, itulah sebabnya anak-anak lebih suka nonton tv ketimbang baca atau ngerjain PR.

Pada Posting  kali ini, saya membahas tentang Film-film yang paling inspiratif dalam hidup saya, maksud inspiratif disini bukan hanya membuat hati dan pikiran tergugah. Tetapi film yang benar benar merubah dan menjadi pilihan dalam hidup saya. Film ini bukan hanya film terbaik dan terlaris, tetapi bagaiman film ini terus terkenang dalam ingatan dan menjadi sebuah tindakan.

Film Pertama, Anchor Woman/News NoOnna

sumber foto :http://reviewofedward.blogspot.com/

Kangen banget nonton film ini, Film tentang kisah seorang Penyiar Tv Channel 2 bernama Tamaki Aso yang karena idealisme jurnalis nya ia lebih baik hengkang dan memilih masuk menjadi penyiar Tv Kabel. Film ini telah menginspirasi saya untuk menjadi Jurnalis saat pertama kali nontonnya di Indosiar sekitar tahun 2001(masih SD). Semenjak itu saya senang nonton berita di Tv, dan merengek minta dibeliin tape recorder agar bisa bergaya layaknya waratawan.saya selalu membayangkan keasyikan mencari, memburu, dan menyampaikan berita layaknya Tamaki Aso dan rekan rekannya, Adegan paling saya ingat dalam film itu adalah saat Tamaki berlari Naik Tangga beberapa lantai untuk segera berada di Ruang siaran. karena lift kantor yang penuh dan ia harus segera menyiarkan berita.
walau kini saya belum jadi juranlis. tetapi saya sedang menuju ketahap itu.. hehehe


Film Kedua. Gie
sumber foto:wikipedia
Film yang berkisah tentang Seorang Aktivis keturunan Cina bernama Soe Hok Gie yang disutradarai oleh Riri Reza ini saya tonton pertama kali di tahun 2006 lewat dua keping vcd bajakan yang sudah saya pesan sama pedagang film lapak didekat Pasarraya Bandung JM. satu tahun setelah film ini pertama kali terbit, tetapi semenjak film ini di review dibeberapa televisi, saya sudah jatuh hati dengan Lagu soundtreknya "Gie" ciptaan Erros Sheila on 7.Film yang menceritakan bagaiaman aktivis mahasiswa ini telah menginspirasi saya untuk aktif dalam kegiatan organisasi ektrakuliler semenjak SMA,  betapa merasa hidupnya kita bila menjadi seorang aktivis, yaa hidup karena aktif, kalo pasif gak keliatan hidup. kegemaran gie menulis,  nonton film , aktiv dalam isu sosial dan berpetualan naik gunung ini lah yang menurut saya paling inpiratif. ditambah dengan ungkapan ungkapan puitis yang menyentuh wajar rasanya cerita mahasiswa Sastra UI ini memang bisa menginsparsi saya dan banyak orang lainya. Kenapa Banyak orang? memang benar, beberapa teman yang telah saya tontonkan film ini bahkan kini ikut menjadi anggota Mahasiswa pencinta alam di universitasnya masing masing dan menjadikan sosok gie sebagai idolanya.

Film Ketiga "The Others"
sumber foto : wikipedia

Semenjak pertama kali nonton saya sudah tidak pernah lagi nonton film ini, kalo gak salah saya masih kelas 5 SD,Iseng nyalain tv tengah malam malah ketemu film bergenre horor ini kisahnya tentang dua kakak beradik yang memiliki penyakit alergi cahaya dan ibu nya mereka bertiga diteror kehadiran manusia(soalnya 3 anak beranak ini adalah hantu). Dari film itu pula saya sudah tidak takut lagi sama hantu. Karena saya selalu membayangkan bahwa sebenarnya hantu itu sendiri takut dihantui manusia. hahahaha . awalnya memang film itu akan sangat menakutkan, tetapi diakhir ending film itu terungkaplah bahwa mereka menyadari kalau  telah mati menjadi hantu.
Sayangnya semenjak malam itu film ini tidak pernah saya tonton lagi di Tv kecuali satu film mirip banget dengan the Others tetapi film bollywood dimana disitu ada Amitha Bachan. bagi yang punya link downloadnya kasih tau ya?? kalo bisa yang ada subtitle bahasa indonesia nya.:D


Film Keempat "Kambing Jantan"
sumber foto : http://www.21cineplex.com
Rupanya saya telah ketinggalan mengawali kiprah ngeblog dari teman saya yang pertama kali terinpirasi semenjak membaca novelnya "Kambing Jantan",kenapa ya, kebanyakan film populer didahului dari novelnya. hmm Gak papa deh, yang penting dah dapet hidayah untuk ngeblog.
Bagian film yang paling menginspirasi adalah saat Dika ngePrint isi blognya terus kepenerbit dan dari situ ia berhasil membuat buku dari blognya.
Rasanya saya boleh berhipotesis mengenai hal ini (ada kaitan antara film kambing jantan dengan minat remaja untuk ngeblog).

Film Kelima "Catatan Akhir Sekolah"
sumber foto: wikipedia
Pernah nonton beragam versi film dokumenter sekolah gaya anak SMA di Youtube? rupanya Hanung Bramantyo telah menyutradarai film yang mengispirasi banyak anak SMA dinegeri ini. dan saya gak tau gimana Salman Aristo mendapat ide yang sangat kreatif dalam penulisan film ini, dari film ini saya merasa membuat sebuah film itu dapat kita lakukan meski dengan modal yang minim. cuma perlu Niat, kamera, PC, dan tentunya tindakan kita sudah berhasil membuat sebuah film.
Ya, dari film ini lah saya mengambil rujukan pertama kali membuat film sekolah saat duduk di kelas 12 SMA. Hingga sekarang saya masih tetap senang membuat film, bahkan dari keisengan ngedit video secara otodidak saya jadi sering diminta membuatkan sebuah film, termasuk saat nulis postingan ini saya sedang ngerjain film dari kumpulan foto acara sunatan anak tetangga.hahaha

6 comments:

  1. Ehem . .
    Itu perasaan cuman 4 film deh Ji,
    Film ke tiga nya lupa nulis yak ?

    ReplyDelete
  2. eh iya,,4, yang ke tiga emang lupa ketulis..maklum lah malem

    ReplyDelete
  3. wkwkwk. . .ada2 aja kmu ayy. . .rabun kalee. . .wkwkwk

    ReplyDelete
  4. kalau aku paling suka laskar pelangi

    ReplyDelete