Wednesday, April 13, 2011

Palembang, Bintang Garuda

Keunikan kota Palembang sebenarnya sangat banyak, namun sayangnya kurang banyak mendapatkan perhatian dari kita semua, eits, bukan hanya tugas Pemda aja, tetapi seluruh warga kota Palembang.untuk menjaga ke Cindoan (Bahasa palembang:cantik) kota yang terkenal dengan Ikon Jembatan Ampera dan Sungai Musi nya ini.. beberapa objek kadang lalai kita teliti. Dan berlalu begitu saja tanpa kita ketahui maknanya.
foto dibawah ini seolah menunjukkan kode kode tertentu kepada kita yang sifatnya filsafatis.

Bagi Orang yang lama tinggal di Palembang gambar ini mungkin sangat akrab kita liat.
 foto setahun lalu


ya itu adalah Monpera atau Monumen Perjuangan Rakyat yang berlokasi di jalan Merdeka yang diapit oleh tempat tempat bersejarah seperti Masjid Agung Palembang disebelah barat, Museum Sultan Mahmud Badarudin II, Plaza BKB dan Sungai Musi di sebelah timur, Kantor/gedung Pos di sebelah Selatan dan Ujung Jembatan Ampera juga Pasar 16 di sebelah Utara.

Foto diatas diambil dari dalam kawasan Masjid Agung Palembang, tepatnya Lapangan/halaman sebelah timur. yang memperlihatkan sebuah gerbang yang mengarah langsung ke Monpera.
Menurut dugaan saya, Bangunan ini sebenarnya adalah gerbang menuju masjid Agung, tetapi entah karena sebab apa gerbang ini ditutup dengan pagar dan  pagar hidup/tanaman.

Lambang Bintang
Lambang Bintang Pada Gerbang seolah menjadi Penghubung antara Monpera dengan Masjid Agung. Pada Monpera terdapat sebuah patung Garuda Pancasila berukuran raksasa yang menghadap kejalan merdeka. didada Garuda tergantung sebuah Perisai yang bergambar 5 Lambang sila pancasila. dan Lambang Bintang yang menunjukkan sila Pertama yang berbunyi "KeTuhanan Yang Maha Esa" seolah membuat garis imajiner penghubung antara Monpera-Gerbang Bintang -masjid Agung Palembang.

Dugaan semakin kuat mengarahkan bahwa Gerbang ini sebenarnya adalah gerbang utama (dahulunya) karena bila kita mengitari/mengelilingi kawasan Masjid Agung Palembang kita hanya menemukan Satu gerbang seperti ini saja.

0 comments:

Post a Comment