Thursday, April 7, 2011

Tanggalnya Bung...

Kemarin Sore sekita pukul 19:00 saya menulis artikel Citizen Jurnalism di Sripoku.com tapi baru sore ini  pukul 16:37 baru di terbitkan di laman resmi Sripoku.com. Sebenarnya tulisan yang satu ini sudah sering saya posting dibeberapa tempat, pertama blog pribadi. Kedua, Kompasiana, dan Yang ketiga di Sripoku.com bahkan beberapa minggu yang lalu ketika ada acara seminar jurnalistik di kampus dimana KOMIK bekerja sama dengan Harian pagi Sumsel post saya juga menulis berita yang sama.Namun malah di diskualifikasi. ya no why.



Add caption


Salah Penanggalan
Di Sripoku.com saya membaca ulang tulisan saya yang dimuat disana. ternyata terjadi kesalahan Penulisan tanggal.
PERHELATAN SEA Games yang akan diselenggarakan November 2010 nampak disambut baik oleh masyarakat Kota Palembang. Hal itu terlihat di jalan jalan protokol , banyak sekali berkibar bendera negara-negara peserta SEA Games.
Seharusnya tertulis 11 November 2011 dan bukan November 2010.
Segera setelah menyadari saya meminta pihak editor memperbaiki penulisan penanggalannya

Kripik dua rasa, Kritik dua Arah
Walau beritanya sama tetapi saya selalu menulis dengan tulisan yang berbeda untuk setiap postingan, kecuali antara blog ini dan kompasiana semua persis sama. Soal judul, saya memposting dengan Judul yang sama "Nasib Bendera Peserta Sea Games". Tetapi pihak Editor justru merubah judul yang saya berikan dengan judul "Bendera SEA Games, Dari Terbalik Hingga Robek" memang judul yang dibuat oleh editor lebih manarik dari pada judul yang saya berikan, tetapi judul itu menurut saya salah, sebab bukan lah yang terbalik dan robek itu bendera sea Games melainkan bendera peserta Sea Games, harus di bedakan antara bendera Sea Games dengan 11 Bendera peserta Sea Games.
Bendera Sea Games

Satu lagi kesalahan yang terjadi saat penulisan judul, yaitu kata Robek, saat saya menuliskan postingan tersebut saya sedang tidak membahas bendera yang robek, melainkan hanya salah pasang, baik terbalik atau memasang bendera yang sudah tidak dipakai lagi.(mungkin melihat postingan saya diblog yang memuat juga tentang bendera yang robek juga)
Soal Penanggalan memang itu kesalahan dari pribadi saya yang menuliskan November 2010 dan bukan 11 November 2011. Bagi saya kesalahan itu bisa terjadi karena bebearpa hal
Pertama, Saya kurang konsentrasi menuliskannya.
Kedua, karena form pengisian/halaman citizen jurnalis
setelah nge Klik tombol kirim berita akan muncul form seperti gambar diatas, dengan tidak ada tombol pratinjua(tampilan sebelum diterbitkan/seperti diblog) menyulitkan saya membaca ulang tulisan saya karena sempitnya ruang baca"form isi berita", browser Gambar berita pun beberapa kali saya posting selalu gagal makanya sama membuat catatan Nb: untuk mengambil gambar di blog ini. dengan dibanyakin tombol enter untuk NB maksudnya agar tulisan NB gak usah disertakan.
Padahal ketika ditampilkan berita tersebut kita harus nunggu hampir satu hari untuk ngeliat hasilnya muncul di laman. dan merelakan nama kita bersanding dengan nama Editor

padahal peran editor sendiri adalah memeriksa dan memperbaiki tulisan yang akan di publish.agar lebih menarik untuk dibaca. Bukan kah ada rules nya?bahwa bisa saja sebuah tulisan tidak di tayangkan bila terjadi pelanggaran. ya itulah peran editor. Bila menerima jadi apa yang ditulis oleh si pewarta, jangan ditulis editor sebut saja Admin.

Pelajaran yang saya terima.
"harus teliti nulis Tanggal, periksa dahulu sebelum posting"dan "ini langkah awal nulis di media"

Beberapa orang menanyakan mengapa saya begitu getol nulis tentang kasus yang banyak orang bilang "sepele"ini. Saya hanya ingin sebuah perubahan yang lebih baik untuk semuanya. Citra Kota Palembang adalah citra kita semua warga Palembang. yang harus kita jaga dan harumkan.I love Palembang banget..Dan mungkin ada kalanya nanti ketika Pemkot/dinas terkait telah melakukan fungsinya(penertiban bendera), saya pun akan ngepublish hal tersebut.

2 comments:

  1. ckck editor juga manusia biasa ji,kdg mereka jg punya khilaf,hanya saja kita pun yang ngirim tulisan hrus lebih jeli utk melihat ejaan maupun koreksi makna,
    wah jd kompasiana juga,apa namanya disana?kebetulan aku juga nulis di kompasiana,

    ReplyDelete
  2. kompasiana di AjiSBSyam ra...
    eh, tulisan yang ini dah masuk koran loh pagi ini ra..

    ReplyDelete