Thursday, July 7, 2011

Pikonane atau Jew's Harp

Tahukah kamu apa itu Pikonane? Ken Moi?Rinding, Genggong? atau Jew's harp/jaw harp?
kalo diartiin dari ketiga nama ini, Jew's harp lah yang paling mudah kita artiin, Harpa Yahudi.


Akhir akhir ini saya mulai keasyikan main harmonica, Setelah membeli Suzuki Winner beberapa waktu lalu, saya mulai jatuh hati dengan harmonika, Mungkin ini yang disebut cinta lama bersemi kembali,hahaha Karena dahulu saya pernah punya harmonika Kromatik Tower buatan China saat kelas 5 SD. Dan kemarin saya baru saja membeli Suzuki Folkmaster Diatonic C. alhasil intensitas saya nonton youtube pun meningkat. baca forum forum pencinta harmonika, beberapa istilah di dalam dunia harmonika pun saya pelajari. dan ada yang agak aneh. Kenapa harmonika sering disebut Harp? dan pemainnya bukan disebut Harmonikater, atau Harmonikanis, melainkan Harpist.
Kenapa Harp? bukannya Harp itu artinya harpa? ..



Nah nyasar ke Youtube, saya mendapatkan sebuah buah alat musik, yang disebut sabagai Jew's Harp (Harpa Yahudi),. Lalu saat saya mendengarkan bunyi alat musik ini  saya seperti mengingat alat musik tradisinal dari Papua. Tapi lupa namanya. mau Tahu gimana bunyinya yuk dengerin di youtube aja


Karena gak inget inget nama alat musik Papua yang mirip banget dengan Jew's harp ini saya cari deh di Google, agak sulit sih ketemu, tapi akhrinya saya mendapatkan alat musik itu. namanya Pikon yaitu alat musik dari bambu yang diletakkan dimulut, dan menjadikan mulut dan rahang sebagai alat resonansi dari bilah bambu yang digetarkan..sering juga disebut Pikonane, Ane berarti bunyi yang dihasilkan oleh alat musik Pikon.
Nah Pertanyaannya,  Alat Musik ini asli Papua atau punya orang Yahudi? kenapa lebih dikenal sebagai Jew's harp? Apakah orang Yahudi yang mengambilnya dari Papua? atau orang Papua yang ngambilnya dari Yahudi ribuan tahun silam?


Ada hal yang menarik lagi dari alat musik ini, mendengar suaranya saya jadi ingat lagi salah satu tayangan adventural di tv, kalo gak salah di Jejak Petualang. didaerah Lombok alat ini disebut Genggong. sama sama dari bambu, dan searching demi searching justru dari nama genggong saya mendapatkan nama nama lain dari beberapa daerah. Seperti Karindi (jawa barat), dan rinding(jawa tengah). Tapi umumnya nama genggong lebih sering di pakai, misalnya di Kalimantan, bali, dan Aceh tenggara.
Genggong, Sumber : akulturasi.com
Pikon, Sumber : KFK Kompas.com
Rinding , sumber : www.gunungkidulkab.go.id

Di vietnam lain lagi, alat musik ini diberi nama Ken Moi, waduhhh banyak banget namanya. lucunya meski di sebut Jew's harp. bukti otentik bahwa alat musik ini adalah alat musik purba justru ditemukan pada lukisan cina di abad ke 4 SM.

Mari kita luruskan

dari Bentuknya yang sederhana mulai dari bambu, kayu aren hingga logam dan di pakai oleh banyak negara, dengan berbagai nama. Jelas alat musik ini adalah alat musik purba. menarik sekali.

Gak kebayang gimana bila setiap negara yang pake alat musik ini masing masing mematenkannya ke UNESCO.  mau dikasih nama apa? jew's Harp?Pikon? kerindi, Rinding?Genggong?Ken Moi? atau nama nama laiinya?

menurus Sumber dari Wikipedia. secara etimologi Jew's Harp berasal dari Kata Jaw Harp (harpa rahang), atau Juice Harp (harpa Jus), karena banyaknya air liur yang keluar. wkwkwkwkw. meski nama itu tidak didukung dengan sumber sejarah yang berkompeten. lah?
menurus kamus Oxford alasan  yang lebih memuaskan  bahwa instrumen itu sebenarnya dibuat, dijual , atau dikirim ke Inggris oleh orang-orang Yahudi. atau nama itu diberi kan sebagai nama komersil, sebagai pengganti nama terompet dan Harpa yang disebutkan dalam al Kitab


kurang lebih gitu deh, penjelasan wikipedia.

nah, kalo saya mau berspekulasi, bukan Jew's Harp, jeu harp, atau juice harp melainkan plesetan dari nama Jawa's harp (harpa jawa)? wkwkwkwkw ya mungkin aja kan.


Tapi apapun namanya, bisa infoin gak sob dimana saya bisa dapetin alat musik ini. ? Dimana belinya. harganya. Siapa tau kalo mampir ke daerah itu saya bisa beli.
Atau Sobat sobat ada yang jual?
Katanya suara yang dihasilkan sangat magis? woww. 

8 comments:

  1. gw bikin om,..gw dari sunda,..ralat,namanya di ajabar bukan karindi,tapi karinding..
    dimainkan dengan cara dipuukul ujungnya..
    ada yang ditarik juga,... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, saya udah beli juga pas tahun lalu ke Bandung, tapi yg dipukul bukan yg ditarik, aa jual??

      Delete
  2. Jual di mana ya harpa yahudi nya.

    ReplyDelete
  3. Bisa di buatkan tutorial pambuatannya secara detil gak om.? saya penasaran :D

    ReplyDelete
  4. Wooow... Makasih banyak om! aku tau bunyinya gimana tapi ga tau nama alat musiknya apa X) dan ternyata disini keterangannya lengkap

    ReplyDelete