Sunday, August 14, 2011

(GoVlog-Ramadan) Anak Imam vs Anak Khatib

Jujur, rasanya ini adalah sholat Tarawih  paling Tidak khusuk tahun ini. Hobi ngebolang ternyata membawa saya ke sebuah masjid. Masjid itu cukup besar untuk perkampungan yang lumayan agak padat penduduk. Tapi padatnya penduduk bukanlah jaminan ramainya pula shaf masjid ini.  shaf masjid hanya terdiri dari 3 bari saja. sorry belum cek shaf wanita, karena saya gak pake mukena, hahaha

Ya ini kan sudah pertengahan bulan ramadhan. Ramai diawal sepi ditengah, ramai diakhir itu wajar di Indonesia.

Shaf pertama banyak di isi oleh Bapak bapak tua berumur mendekati 50 Tahun keatas hingga jompo.
Shaf kedua, berisi bapak bapak yang tidak muda lagi, serta beberapa remaja.
shaf Ketiga, yang terakhir isinya anak-anak kecil dari umur sekitar 4 tahun hingga kelas 3 SMP, wah rame banget yang ini, Tapi punya motivasi berbeda dari kedua shaf didepan. yang lebih cenderung beribadah. mengapa??? Karena mereka semua membawa buku tipis yang isinya catatan Kultum Tarawih, dan amalan selama bulan Puasa. mereka umumnya mendapat tugas dari guru Agamanya untuk mencatat isi ceramah dan minta tanda tangan Khatib, atau imam sholatnya.

Saya berada di Shaf kedua,shaf pertemuan antara shaf yang khusuk dengan shaf bocah bocah yang bandel. Anak-anak itu ada yang saling injak kaki #saya denger ada yang meringis. -_-
ada yang berlari lari, dan sepukul pukulan. Celoteh polos mereka pun lebih saya pahami dari pada bacaan sholat sang imam.
salah satunya adalah dua orang bocah yang pas dibelakang.
anak1 : Bim, ngapa kau pukul kepala aku??
anak2,: kamu duluan do, yang injak kaki aku, sakit tau. merah nah.. #agakterisak(hikshiks)
anak1 : kalo berani, kita diluar bae.jangan nabok palak(jangan pukul kepala)
anak2 : ku aduin bapak aku, kau!!!! hiks hiks
anak1 : bapak kamu, pasti kalah dari bapak aku bim.
anak2 : bapak aku yang pidato tadi,pasti takut kau sama jenggotnya. (maksudnya, pidato=kultum)
anak1 : heeh, Bapak kau kalah serem dari bapak aku, Bapak aku Imam sholat itu nah, Bapak kau dibelakang bapak aku sekarang...
#mau ngakak sambil guling guling saat sujud tadi. #ya Allah ampuni saya ya Allah...

Usai sholat, anak anak bukan layaknya remaja, yang langsung ngelonyor keluar masjid, Mereka berkumpul mengitari Imam sholat dan Khatib kultum untuk meminta tanda tangan #weeehh kayak artis aja.
Tapi ternyata keributan keributan bocah itu diketahui oleh para tetua itu. Mereka akhirnya diceramahin lagi, sebelum memberikan tanda tangan yang tidak lain adalah ajimat agar nilai agama di sekolah bagus.

Sang Ustadz yang tidak lain adalah bapaknya si anak 2 itu ceramah dengan agak melotot, membuat anak anak pada terdiam. "Mengganggu jamaah sholat itu dosa, masuk neraka tau? apalagi ketawa ketawa, lari larian, terus berantem didalam masjid, itu perbuatan setan, Setan di bulan ramadhan emang diikat, tapi sekarng setannya itu adalah kalian yang suka ganggu temannya lagi sholat ?? jangan jadi anak yang jelek, bandel".
seorang anak berceloteh lagi "Pak Ustads, Mereka-mereka itu nah yang nakal, aku sholat bener, gara gara sebagian dari mereka yang nakal, rusak deh Citra anak anak di masjid"
waduh, Sejak kapan anak anak ini kenal pencitraan?? banyak nonton berita kali ya?






4 comments:

  1. heheh anak-anak dimana-mana seperti itu saya juga waktu anak-anak suka guyon waktu taraweh,yang penting anak senang dulu datang ke mesjid

    ReplyDelete
  2. wah, kalo dulu waktu kcil, saya malah jdi tukang nangesnya karena di gangguin kakak sendiri..pulang kerumah ngadu sama ibu.. haha

    ReplyDelete
  3. Yah..namanya anak - anak..gk dimana - mana, kalo sholat banyak ributnya...tergantung dari kitanya lagi yg udah pada aqil baliqh harus khusyuk sholatnya.

    Beredar, Foto - Foto Mesra Mirip Dara 'The Virgin'

    ReplyDelete
  4. iya sih, harus khusyuk , tapi emang malem itu, bocah bocah itu tepat dibelakangku sih..jadi double gak khusyuknya..

    ReplyDelete