Tuesday, August 16, 2011

Pemerintah akan Melanggar Hak Cipta?

Tiga tahun lagi, Bahkan bisa jadi tahun depan Mungkin saya bisa menuntut pemerintah atas dasar pelanggaran hak cipta.

Sore tadi ada yang mengabarkan bahwa artikel saya masuk di Forum Terbesar di Indonesia "Kaskus". karena saya tidak memimiliki keanggotaan kaskus, saya mencoba mencari cari artikel saya yang mana yang masuk Kaskus.
ternyata gak perlu repot repot cari artikel yang mana, setelah membuka menu trafic source blogger, saya menemukan sebuah link yang mengarah ke Kaskus yaitu http://www.kaskus.us/showthread.php?t=10153576 yang telah di unggah oleh akun yang bernama SETANKaskusHT , saya sangat senang sebenarnya. Karena empunya Mamber sangat santun, dengan menyertakan link ke blog saya ini.
Artiekel serupa itu sebenarnya tak hanya saya yang menulis, ternyata masih banyak artikel artikel serupa, bahkan pembahasan yang lebih mendalam lagi. tetapi intinya, Kenapa Tiap tahun logo Hut RI tidak ada perubahan yang signifikan, cenderung terkesan monoton, dan penuh pencitraan.


Namun satu hal yang berbeda adalah saya menyetakan sebuah desain logo Hut RI ke 69, yaitu hut RI terakhir dimana SBY menjadi Presiden jika SBY masih tetap menjadi presiden hingga 2014.

Entah Setan dari mana, saya justru terinspirasi menuntut pemerintah. Hahah
Coba bayangkan bila tahun 2014 pemerintah menggunakan logo dan meresmikan logo hut ri ke 69 . kemudian mempublikasikannya lewat situs resminya, Tanpa menyertai link blog ini, Tanpa minta izin terlebih dahulu. Pemerintah mungkin bisa saya tuntut dengan tuduhan "Pelanggaran hak cipta", apalagi bila saya patenkan dan memberikan izin terbatas dalam penggunaan logo tersebut. Pemerintah mungkin harus membayar sejumlah denda. hahaha
#hmm yuk ngayal dulu, kira kira nuntut berapa ya?? hmm 10 juta gimana?, buat modal jalan jalan ke Bali. atau 30 juta buat usaha studio photo?
atau coba bayangkan. bila saya punya backlink di situs resmi pemerintah www.indonesia.go.id

tapi apalah daya saya ini, Pemerintah punya banyak ahli hukum, kali saya yang dituntut balik??
Mungkin cerita akan berubah bila Pemerintah lebih kreatif dikit mendesain logo hut RI.
Dan saya mungkin  gak bisa menuntut karena dalam pengajuan hak patent butuh duit untuk ngurus administrasi ini itu. Kecuali ada sejumlah orang yang mau membantu.

Selamat hari kemerdekaan, Dirgahayu Indonesia .. Semoga kita menjadi bangsa yang kreatif....!!!!




1 comment: