Sunday, August 7, 2011

NgeBlog ala Nabi Musa dan Khidir

Bulan Ramadhan itu ternyata bulan penuh inspirasi, Karena dengerin kultum sebelum tarawih, Terbesit ide menulis postingan ini.

Pernah dengerin cerita Musa dan Khidir?
Jika kita perhatikan, Sebenarnya Cerita mereka bisa menjadi pedoman kita ngeBlog loh.



1. Dibaca Orang Banyak?Harus Pede.
Ketika Nabi musa berdiri di khalayak Bani Israil, lalu Musa ditanya "Siapakah  orang yang paling berilmu", Maka Musa Menjawab "Aku". Lalu Allah menegur Musa dengan berfirman "Sesungguhnya di sisi-Ku ada seorang hamba yang berada di pertemuan dua lautan dan dia lebih berilmu daripada kamu.”
Musa adalah Nabi yang dapat berbicara langsung dengan Allah, Mungkin itulah kenapa Musa merasa jadi orang yang paling berilmu. Bayangkan saja, saat kamu tidak tahu, Bertanyalah kepada Allah yang Maha Tahu. gimana gak pinter, Loe dikasih Komputer sama Internet aja dah ngerasa pinter kan? hahaha

Kisah musa diatas menggambarkan bahwa Musa adalah orang yang sangat percaya diri, siap mengabarkan dan menyebarkan ilmunya kepada orang banyak, dengan berdiri didepan khalayak bani israil. Begitu pula dengan Blogger, saat ini kita harus siap berdiri didepan jutaan Netters yang menyaksikan postingan kita, Percaya dirilah seperti Musa.

Lucunya kadang orang ngeBlog dengan minim kepercayaan diri. Gak mau bilang jika itu kata kata kita, gak ngaku kalo itu blog dia, Dan bersembunyi dalam Anonymous . Yang kita takutkan karena kita takut dibilang bodoh, komen kita ngawur, atau blog kita jelek. Alhasil dengan minim kepercayaan diri itu, kita hanya mencopas artikel yang bagus bagus doang punya orang.

2. Siap Dikomenin
Tuhan menegur Musa dengan mengatakan DisisiKu(Tuhan) ada seorang hamba yang lebih berilmu daripada Kamu (Musa).
Ini menggambarkan bahwa kita harus siap di komenin oleh siapapun yang membaca blog kita, Mau itu di goblokin, atau dibilang jelek, tapi rata rata yang komen kan bilang "Lanjutkan Gan!!!" hahaha
Siapa siap kamu dibanding bandingin sama blog orang lain, misalnya, dari isi blog kamu, atau tampilan blog kamu, atau trafik blog kamu.
Syukur syukur kamu dikomenin orang yang lebih banyak ilmunya dari pada kamu, jadi gak jadi takbur punya blog yang kayak gini doang.


3. Walking Dong!!!!!!
Musa bertanya kepada Tuhan “Wahai Tuhanku, dimanakah aku dapat menemuinya?” Allah pun berfirman, “Bawalah bersama-sama kamu seekor ikan di dalam sangkar dan sekiranya ikan tersebut hilang, di situlah kamu akan bertemu dengan hamba-Ku itu.”
Nah, layaknya Musa kita harus siap untuk mencari ilmu terus dengan berkeliling, Berkeliling dan mengembara bukan hanya dilakukan oleh Musa saja, melainkan nabi nabi lainnya pun melakukannya. Termasuk Nabi Muhammad. Dalam bagian ini Musa Berkeliling Mencari Khidir (Ilmu) yang ilmu itu tidak kita miliki.
Blog Walking, nah pernah denger gak istilah blog walking? yaitu safari kita keblog blog lain, mengunjungi blog blog teman, atau blog orang orang lain, jangan cuma nitip komen doang, tapi cobalah membaca dan mempelajari ilmu yang bisa didapat dari blog orang lain.
Selain jalan jalan di dunia Maya, coba deh keluar dari warnet, atau jangan didepan laptop atau komputer terus ngapa?, Jalan keluar, lihat aktifitas orang disekeliling kamu, lihat kejadian disekitar kamu, carilah inspirasi, atau berkunjung kesuatu daerah. Selain menambah pengalaman, dan ilmu, siapa tau ada ide untuk posting di blog kan?

4. Ini Aneh Banget..
Ketika dalam perjalan Bersama muridnya Yusya bin Nun, dan ketika mereka beristirahat tiba tiba ikan yang mereka bawa itu hidup kembali, meronta ronta, keluar dari sangkar, dan kembali kelaut. Saat itu Yusya sangat takjub melihat keanehan itu, Tapi Yusya lupa mengabarkan hal itu kepada Musa, akhirnya Mereka melanjutkan perjalanan lagi, Dan Saat lapar, Musa menanyakan bekalnya itu (Ikan) kepada Yusya. Dan inilah kata Yusya dalam surat al khafi Ayat 63,  
“Tahukah guru bahwa ketika kita mencari tempat berlindung di batu tadi, sesungguhnya aku lupa (menceritakan tentang) ikan itu dan tidak lain yang membuat aku lupa untuk menceritakannya kecuali syaitan dan ikan itu kembali masuk kedalam laut itu dengan cara yang amat aneh.”
lalu Musa berkata,
"Itulah tempat yang kita cari.” Lalu keduanya kembali, mengikuti jejak mereka semula. (Surah Al-Kahfi : 64)
Intinya, kalo ngeliat hal aneh yang kamu temui, bisa kamu posting kan? kasih tau dengan orang lain kalo kamu ngeliat sesuatu hal yang aneh, Terus siapa tau kan hal aneh itu yang buat blog kamu dikenal.
Nah, kalo ketemu hal yang aneh di Internet, bisa kamu share ke orang, atau kamu Bookmark deh, kan bisa kamu baca ulang lagi, dan ngambil pelajaran dari situ "lalu keduanya kembali, mengikuti jejak mereka semula". bookmark. atau cek recent histori. hihihi


5. Ngebloglah dengan Sabar, Dan inget Netiket
Ketika Musa telah bertemu dengan Nabi Khidir, Musa diberi syarat
Khidir menegaskan, “Sesungguhnya kamu sekali-kali tidak akan sanggup bersabar bersama-samaku.” (Surah Al-Kahfi : 67)
Nabi Musa berkata: "Insya Allah tuan akan mendapati diriku sebagai seorang yang sabar dan aku tidak akan menentang tuan dalam sesuatu urusan pun" (Al Kahfi : 69)
Khidir selanjutnya mengingatkan:"Jika Kamu mengikutiku,Maka janganlah kamu menanyakan kepadaku tentang  susuatu pun sehingga aku sendiri menerangkannya padamu"(Al Kahfi :70)
Dalam ngeblog kita harus sabar, Sabar mengembangkan Blog kita, mulai dari konten kontennya hingga tampilan, dan juga trafik. Sabar, Dunia gak diciptakan dalam sehari sama Tuhan, Ibaratnya nih kayak nanem Pohon dari bibit, kita siramin, kasih pupuk, dan tungguin besar deh.
Ngeblog juga punya etika (Netiket), Disini digambarin Khidir memberikan syarat kepada musa berupa etika murid kepada guru. Ngeblog punya punya etika, nah, bisa kalian cari soal netiket, atau bacain tuh Undang Undang ITE. hahaha

6. Forecasting/Prediksi dan 7. Buat Posting yang Nyentrik
 Ternyata Musa tak bisa sabar melihat apa yang dilakukan Khidir, yang menghancurkan perahu yang mereka naiki, kemudian Membunuh seorang anak tak berdosa, Lalu membangun sebuah rumah yang nyaris roboh milik masyarakat yang acuh kepada mereka. ketidak sabaran itulah yang akhirnya membuat musa tidak bisa mengikuti lagi Nabi Khidir.
Khidir akhirnya menjelaskan mengapa ia melakukan hal-hal seperti itu,
Pertama, ia menghancurkan Perahu yang mereka naiki itu karena Perahu itu adalah milik orang miskin dan di daerah itu tinggallah seorang raja yang suka merampas perahu miliki rakyatnya.
kedua, Nabi Khidir menjelaskan bahwa beliau membunuh seorang anak karena kedua orang tuanya adalah pasangan yang beriman dan jika anak ini menjadi dewasa dapat mendorong bapak dan ibunya menjadi orang yang sesat dan kufur. Kematian anak ini digantikan dengan anak yang shalih dan lebih mengasihi kedua bapak-ibunya hingga ke anak cucunya.
ketiga (terakhir), Nabi Khidir menjelaskan bahwa rumah yang dinding diperbaiki itu adalah milik dua orang kakak beradik yatim yang tinggal di kota tersebut. Didalam rumah tersebut tersimpan harta benda yang ditujukan untuk mereka berdua. Ayah kedua kakak beradik ini telah meninggal dunia dan merupakan seorang yang shalih. Jika tembok rumah tersebut runtuh, maka bisa dipastikan bahwa harta yang tersimpan tersebut akan ditemukan oleh orang-orang di kota itu yang sebagian besar masih menyembah berhala, sedangkan kedua kakak beradik tersebut masih cukup kecil untuk dapat mengelola peninggalan harta ayahnya.

Nah, Khidir mungkin diberi mukjizat oleh Allah,untuk mengetahui sesuatu yang orang lain tidak memiliki, dan itu pasti. Tetapi Kita sebagai blogger, Bisa membaca pertanda apa yang akan terjadi, atau memprediksi sesuatu, Banyak posting yang temanya prediksi, seperti prediksi pertandingan bola, atau prediksi politik saat ini, dan tahu kah anda, bahwa posting seperti itu sangat disukai oleh kebanyakan orang, Namun Prediksi pun harus mememiliki dasar penelitian. atau kita pun bisa melakukan sebuah posting yang telah anda prediksi akibatnya misalnya dua posting saya berikut INI dan berhubungan dengan posting yang  INI .

Postingan yang nyentrik dan membuat orang bertanya tanya. itu akan menjadi postingan yang sangat menari, bahkan melekat di ingatan seseorang. Ingetkan gimana Marzuki Ali mengungkapkan pandannyanya tentang KPK, atau Ruhut Sitompul yang suka melontarkan kata kata yang kontroversial? menurut saya Kontroversial yang mereka lakukan itu Nyentrik. hahaha Dan dengan nyentriknya itulah membuat banyak orang berpikir, apa yang seharusnya dilakukan, Menumbuhkan kepedulian terhadap sesuatu hal yang mestinya memang kita pedulikan.

Ya, semoga posting ini bermanfaat ya gan, sungguh saya tidak memiliki ilmu yang anda miliki saat ini,Maaf jika ada kata kata yang salah dan nyinggung, hehe.


Sumber diambil dari Wikipedia.org



0 comments:

Post a Comment