Saturday, September 10, 2011

SosMed

Rabu lalu (7-11-11) Saya Sempat diwawancarai oleh Haryz penyiar TriJayaFm di acara tritainment sekitar pukul 4 sore via telpon. Tema kali itu adalah Jejaring Sosial.Bahasan yang sudah sering kita dengar tentunya. Tapi kenapa saya merasa perlu memposting kembali bahasan tersebut. itu dikarenakan ketika diwawancarai via telpon saya sedang tidak konsentrasi, dan agak speachles karena kondisi saat itu saya sedang berada di bus Transmusi yang banyak orang.Bahkan jika anda mendengarkan siaran itu mungkin anda akan mendengar suara latar penumpang yang lain dan radio yang dipasang di Transmusi. hahaha
wawancara saya diawali dengan lagu I'm Yours

kurang lebih pertanyaannya seperti ini.
Pertanyaan
H: ada berapa sosial media yang anda miliki dan paling sering anda gunakan
A: ada 4 , pertama Facebook,Twitter, Blog dan Youtube
H: apakah disana anda menggunakan nama asli atau Nama samaran?dan apa alasannya.
A : saya menggunakan Nama asli untuk setiap akun saya. Itu karena saya lebih memanfaatkan sosial media sebagai alat komunikasi bagi mereka yang kenal saya dan ingin mengenal saya. Sebagai contoh; teman teman SD, SMP yang dahulu dan keluarga keluarga saya lebih mengenal saya dengan Aji Supeno (Bagus Syam). dan bukan Anji kan?

H : hahah Anji Drive.
A : iya, ketika mereka mencari saya mereka tak akan mencari nama lain kecuali Aji Supeno.
H : oke, Tetapi kenapa gak milih nama lain atau menambahkannya (biar lebih keren)
A : ya, terkadang nama tambahan bisa jadi lebay kan? sulit dibaca? (Syukurlah nama saya secara full hanya ada satu di dunia ini) itu juga untuk melatih saya lebih jujur(dibagian ini agak Speachles).
H : Jadi, kalo didunia nyata anda suka berbohong?
A : hahah bukan begitu maksud saya, Itu agar orang lebih mempercayai saya.(Kepercayaan itu Berharga)
H : Kira kira seberapa lama anda mengakses internet. dan sosial media dalam sehari.
A : kurang lebih jika ditotal minimal saya habiskan 2 jam untuk akses internet. bisa lebih.
H : Menurut anda apakah anda atau orang lain yang suka menggunakan Sosial media lebih mengekspresikan diri di dunia maya ketimbang dunia nyata?
A : Hmm ya, itu tergantung kenyamanan setiap orang ya. Tapi di dunia maya kita memang bisa lebih mudah menuangkannya. Bayangkan jika sekarang anda menulis di Mading (Majalah Dinding) siapa yang akan membacanya? tapi bagaimana jika menuliskannya di blog? banyak orang bisa membacanya, dan hal itu akan membuat pesan anda lebih sampai. Bagi saya sosial media saya manfaatkan sebagai bentuk aktualisasi diri.
H : Lalu manfaat apa yang anda rasakan dengan sosial media dan internet?
A : selain bisa menuangkan ide dan kreatifitas. dunia maya saya jadikan saya sebagai jurnal (ibarat buku catatan). melihat perkembangan diri. dan Belajar.
H : Mencari pacar misalnya.?
A : hahaha ah enggak, Sosial media saya gunakan sebagai alat komunikasi. menjalin hubungan dengan siapa saja. teman, keluarga, orang lain.
H : Lalu apa lagi?
A : hmm, terlebih jika karya kita diapresiasi. Tulisan saya pernah dimasukan kedalam salah satu situsberita di pulau jawa.
H :  Tulisan anda yang mana itu?
A : saat itu tentang logo hut RI, ada juga tentang Bendera bendera peserta Sea Games disini yang sering terbalik balik. Jika tulisan kita dibahas orang lain rasanya itu seperti bentuk apresiasi tersendiri. apalagi jika Blog kita pun ikut dicantumkan disana.
H : lalu sosial media apa yang jarang anda gunakan?
A : Youtube.
H : lah bukannya banyak orang terkenal justru dari youtube? dan bisa populer seperti  briptu?
A : hahah saya gak nyari popularitas seperti itu. alasannya lebih karena mobilitas, Youtube agak sulit untuk diakses dari handphone. lagian itu akan memakan kuota kita lebih banyak.
H : lalu bagaiman dengan yang lain?
A : hmm, begini ya, saya lebih memilih beberapa jenis sosial media karena pebedaan karakteristik. yang kadang tidak dimiliki oleh yang lain. Sebagai contoh saya lebih sering menggunakan facebook karena disana lebih banyak teman saya, disitu saya bisa berkomunikasi lebih aktif dan interaktif. Sedangkan Twitter lebih saya pilih untuk mendapatkan informasi misalnya berita dengan kita memfolow twitternya trijayafm hahaha.
H : oh ya, tentu saja..lalu?
A : terkadang di facebook kita mendapatkan kata kata yang tidak penting bukan? misalnya keluhan keluahan, atau marah marah. dan itu bisa tidak sering kita temui di twitter.Berbeda dengan twitter di facebook kita bisa berdiskusi atau berdebat. Sedangkan di Twitter bukan media yang ideal untuk berdebat. lalu  untuk blog bisa saya gunakan untuk menulis sesuatu yang lebih panjang ?
H : Bagaimana tentang hal twitter yang statusnya dibatasi jumlah karakternya?
A : Nah itu tantangnya, kita harus kreatif membuat status yang pesannya benar benar nyampe. Padat dan berisi.
H : oke, untuk closing nya nih, apa pesan anda?
A : yang paling penting kita pelajari adalah netiket, atau etika berinternet. misalnya, sebaiknya kita tidak banyak mengeluh di status facebook atau twitter, begitu juga saat marah. apalagi sampai memfitnah. karena hal itu bisa menggangu orang lain, membuat tidak nyaman, hal itu juga bisa mempengaruhi kredibilitas dan pencitraan anda. bahkan bisa ke soal hukum.
H :Bagaimana pesan anda kepada adik adik yang belum selayaknya mengakses sosial media?
A : kalau saya, biarkan saja. Mereka akan banyak belajar dari sana. jika tidak bisa belajar dan mengambil manfaat dari sosial media, mereka akan bosan dengan sendirinya.
H : baik, Trimakasi Aji sudah mau berbincng di Tritainment.!!!

sekali lagi, kurang lebih percakapannya seperti itu.
Oke, dari wawancara itu sebenarnya saya ingin lebih menyampaikan tentang manfaat dan karakteristik dari sosial media yang saya (sering) gunakan. Namun sayangnya pertanyaan yang diajukan kurang mengeksplorasi saya ke arah itu.Ingat karakteristik ini lah yang saya lihat Bisa membunuh popularitas suatu layanan sosial media. bahkan mematikan suatu sosial media yang baru lahir. Lihatlah bagaimana perkembangan jejaring sosial baru yang entah apa saja sekarng namanya, seperti Koprol, friendster. atau tiruan tiruan facebook yang lain. apa nasib mereka sekarang?

Facebook
1. Disini anda bisa melakukan apa saja, menurut saya terlengakap. Note bisa menjadi blog bagi anda, menulis status layaknya twitter, berbagi link,menonton video sperti youtube, Personal Message seperti SMS. chating kayak YMan, MiRC ,Cek lokasi seperti Koprol. Bahkan berkirim email seperti gmail, yahoo. msn. punya search enggine lagi meski tak sehebat Google.
2. Jika anda ingin berdebat atau berdiskusi, marah marahan pun bisa lebih efektif disini. runtutuan komenter terposting sesuai waktu. dan tak perlu takut dengan admin bukan.
3. Jika anda artis, anda masih layak punya facebook(kebanyakan malah ninggalin facebook dan beralih ke twitter tuh artis2, karena soal banyaknya teman yang dibatasi(5000) hingga privasi yang dilanggar) buat saja fan page resmi anda. Dari pada di palsukan orang lain?
4. Namun saya menilai kekurangnya andalah apa yang anda posting di facebook tidak semuanya bisa terbaca search engine lain.
5. Terlalu banyak akun palsu, yang perlu anda waspadai. penipuan,status nyampah, dan hal hal yang tidak bermanfaat. Sebut saja Facebook seperti dunia ini yang penuh polusi. maka dari itu untuk membersihkan polusi coba lah Twitter.

Twitter
1. Mau lebih mengenal idola anda?wajib punya twitter, kebanyakan artis dan orang penting lebih milih twitter.untuk saat ini kasus pemalsuan akun di twitter masih minim, dan gak sebanyak di facebook.Tapi jangan harap di Folow Back ya? jangan juga ngemis ngemis minta di folow back sama artis.
2. Adanya trending Topik bisa membuat kamu lebih up to date. meskipun TT kadang gak jelas -_-'
3. lebih informatif. follow aja situs berita, TV, koran, atau radio.
4. untuk hal hal lain diluar status. seperti foto, video, twit yang panjang repotnya twitter perlu pihak ke 2? alias layanan lain.
5. Ada yang mengatakan Twitter itu adalah "Teriakan dalam Kegelapan".
6. Bukan layanan yang ideal untuk  berdebat, dan berdiskusi karena terbatasnya jumlah karakter dan runtutan komentar yang gak ideal juga.
7. dalam penyampaian pesan Facebook dan twitter sangat rentan kesalahpahaman. maka saya merekomendasikan Blog bagi anda yang suka buat kontroversi. hahaha

Blog
1. Jika anda orang yang kreatif dan tidak mau dilanggar privatisasinya blog adalah layanan yang tepat.
2. Blog sebenarnya lengkap dengan beberapa fasilitas. Namun kekurangannya hanya minim mobilitas. Kebanyakan pengoprasian Blog hanya saat kita membuka Laptop atau PC saja. tidak seperti facebook dan Twitter yang justru sering kita buka lewat handphone.
3. Akrab dengan Search Engine merupakan kelebihan yang tidak dimiliki oleh jejaring sosial yang tertutup. ini akan menguntungkan anda agar kata kata/ide kreatif yang anda keluarkan lewat Pulsa internet tidak hilang begitu saja tertelan waktu.Istilah status anda tertimbun timeline tak ada di sini.
4. Berlaku teori Uses and Gratification,intinya mereka yang membaca blog kamu bukanlah orang yang terpaksa, tapi memang merasa perlu membacanya.mereka bebas memilih sendiri blog atau artikel apa yang kamu sajikan. Itulah mengapa blog yang trafiknya tinggi adalah blog yang informatif dan bukan sekedar curhatan pribadi.
5. Jadikan blog sebagai media press release anda. Itu akan lebih tepat ketimbang bercerita panjang lebar di comentar atau membuat 10 twitt.
sebagai contoh orang yang sering menggunakan blog sebagai media Press Release adalah Bambang Pamungkas (Kapten Timnas Indonesia) dan Pandji Pragiwaksono . Ketika banyak orang yang bertanya tanya tentang isu mengenainya atau Status yang kontroversial, mereka akan mengklarifikasi berita tersebut lewat Blog mereka. Ketika Ramadhan lalu Pandji membuat Twitt yang mengatakan bahwa mereka yang minta di hormati puasanya itu tidak kuat imannya, ketika itu saya ngereply dengan bilang "Dari mana abang tau mereka gak kuat iman?". bagi saya pernyataan Pandji itu kontroversial, tapi tak begitu lama pandji Ngeposting di Blognya www.pandji.com tentang latar belakang twittnya itu yang bermula dari pernyataan anggota dari KPI yang menghimbau media tidak menyajikan tayangan makan-makanan di televisi untuk menghormati orang yang berpuasa. Lain lagi dengan BePe, isu pertemuannya dengan Alfred Riedl (mantan Pelatih timnas) yang dikaitkan dengan hubungan tidak harmonis antara pemain timnas dengan Wim (pelatih Baru Timnas) akhirnya di klarifikasikan lewat blog pribadinya www.bambangpamungkas20.com.
6. Meskipun kebanyakan orang berpikir blog hanya berisi tulisan tulisan, tapi cobalah memasukan Video atau gambar setiap memposting tulisan. Agar tak membosankan seperti artikel ini. dan Jika anda sulit menuangkan ide ide anda dalam bentuk tulisan. saya rekomendasikan Yotube.

Youtube
1. Banyak orang yang gak bisa menyalurkan idenya dalam bentuk tulisan, ribet nyusun kata kata. Maka youtube sering dijadikan Vlog (Video Blog).
2. Jika anda hobi di Musik, atau Film. rasanya agak sulit dituangkan langsung dalam bentuk tulisan. Itu lah sebabnya kita akan menemukan lagu lagu dalam bentuk Cover dari amatiran hingga profesional di youtube.
3. banyak orang beropini, bahwa dengan mengupload video di Youtube anda bisa cepat terkenal. percayalah itu Nonsennn...karena apa yang terjadi dengan Briptu Norman hingga Shinta dan Jojo memiliki trik sendiri. Mulai dari pesan berantai, hingga permainan media.
4. antara Blog, facebook, twitter,dan media tulis yang lain, youtube sebenarnya memiliki Pengaruh yang lebih besar dalam penyampaian pesan/komunikasi, sangat ringan untuk dipahami dan lebih bertahan lama dalam ingatan seseorang, karena memanfaatkan audio Visual yang lebih akrab di otak Kanan, Sebagai contoh. jika anda Menulis dalam 2000 karakter untuk menyampaikan pesan yang dibaca dalam waktu 10 menit, anda bisa menyampaikan pesan yang sama hanya dalam bentuk video 3 menit saja.

1 comment: