Tuesday, September 20, 2011

TransMusi atau TransPalembang?

Jika di Jakarta ada TransJakarta, di Jogjakarta ada TransJogja, di semarang, ada TransSemarang, Di medan ada Medan BRTS, di Pekanbaru Ada Trans Metro Pekanbaru, dan lain lain. Palembang memiliki nama BRT (Bus Rapid Transit) yang unik , "TransMusi" . Saya sebut unik karena Menggunakan nama Musi yang merupakan nama Sungai yang berada di Sumatera Selatan. Bukan TransPalembang. Bandingkan dengan nama BRT lain yang umumnya menggunakan nama Kota.
(Sumber Foto :Buletinmetropolis.com)




(doc:pribadi)

Tapi keunikan ini menurut saya agak keliru.  Secara harfiah, kata Trans merujuk pada istilah transit atau perpindahan dari satu tempat ketempat yang lain. Jika digandengkan dengan nama kota mis; TransJakarta berarti melayani perpindahan (transit)dari tempat satu ketempat lain di Kota Jakarta.
JadiTransMusi? harusnya kendaraan ini bergerak di sungai Musi. dan bukan didarat. Tak hanya melayani trayek dalam kota Palembang saja, tapi sepanjang jalur sungai Musi.

Mungkin karena ingin membangun imej bahwa Palembang masih tetap sebagai Kota Sungai. Nama Musi dipakai untuk BRT satu ini. Anekdotnya sih Ketika Palembang musim hujan, jalanan akan menjadi Sungai. ya sebut saja Sungai Musi Cabang Burlian saat Jl Kol H. Burlian banjir berkilo kilo meter.

Tapi, perlu diketahui TransMusi juga memiliki Water Bus/Bus Air. yang melayani rute Ampera-Lais, Ampera-Jakabaring dan Ampera-Gandus. Tapi kendaraan ini tidak populer di masyarakat meski sudah diluncurkan sejak maret 2010. Bahkan banyak Warga Palembang tidak mengetahui tentang bus air ini. Bus air TransMusi pun dikabarkan merugi, karena besarnya pengeluaran yang tak berimbang dengan pemasukan yang mereka dapat. Apakah anda sudah mencoba Bus Air ini?
Sumber Foto: skyscrapercity.com

Memang sejarah yang kita pelajari mengatakan  masyarakat kota Palembang adalah masyarakat sungai. kehidupannya tergantung dengan sungai, bahkan pernah dijuluki sebagai Venice Van Sumatra. Nama Palembanga pun diambil dari dua Kata Pal(tempat yang banyak air) dan Lembang(tempat banyak Bunga) dan ikon sungai Musi yang digaungkan pemerintah mulai dari Visit Musi , MusiGas (SPBU Gas)hingga Trans Musi kini. Tetapi faktanya justru menunjukkan masyarakat Palembang sudah bergeser menjadi masyarakat Kota "Daratan" dan sangat jauh dari kesan Masyarakat Sungai.
Apakah anda sering berwisata air di Palembang? naik Getek/ketek? bus Air? mancing di Sungai Musi? atau Sekedar makan diRifer Side/rumah makan terapung?
Padahal mungkin dengan cara itu kita bisa menunjukkan bahwa Palembang adalah Kota Sungai (Musi) yang melegenda itu.


3 comments:

  1. Palembang dan sungai, seperti dua sisi mata uang. Nama Trans Musi juga cukup menarik, melihat dari yang mas Aji tulis di artikel ini.

    Kunjungi juga blog saya mas, ada artikel menarik tentang wisata seperti Eksotisme Pantai Indah Belitung

    Salam kenal :)

    ReplyDelete
  2. @Aji Prast:salam kenal. wah namanya Aji juga ya??
    mas punya info penginapan di Belitung gak? yg deket pantai. Kira kira seharinya costnya berapa ya??
    Kalo dari palembang ke Belitung saya bisa naik Kapal.

    ReplyDelete