Tuesday, October 25, 2011

Televisi Dan Pemanasan Global

Masyarakat selalu diberi tema tema tertentu setiap tahun, atau periodenya tetapi ketika waktu berlalu tema-tema itu sepertinya ikut berlalu juga. Sebagai contoh, banyak orang akan rajin ibadah, lebih banyak ngaji, dan sedekah pasti dibulan puasa. Ngasih kado bunga atau coklat pas Valentine, bersuka ria di malam Tahun Baru. Tapi setelah masa itu lewat?
Tak hanya masalah seremonial atau yang sepele, bahkan yang krusial pun kita akan memberi tema tema. Sebagai contoh Pemanasan Global, Go Green. Matikan Lampu Satu Jam. Isu isu itu sepertinya hanya tema tema saja.

Televisi sudah layaknya memiliki program program acara yang Go Green. pro terhadap upaya pencegahan Pemanasan Global, tak hanya acaranya saja, tetapi kegiatan mereka dibalik proses produksi acaranya.


Hal ini saya ungkapkan karena saya khawatir dengan salah satu negara kecil di Samudra Pasifik bernama Tuvalu. Anda akan lebih mengenal Hawai ketimbang negara ini. Saya sendiri baru mengenalnya ketika hendak mencari cari nama domain yang tepat untuk blog saya ini.

Anda mungkin tak mengenal Tuvalu, tetapi anda mungkin kenal dengan .tv (dot)tv, ya .tv adalah salah satu domain yang terkenal dan sering digunakan untuk domain situs resmi televisi, seperti www.an.tv, www.rcti.tv www.cbchannel.tv , www.indovision.tv , mivo.tv ,www.okevision.tv, www.aora.tv bahkan Situs televisi lokal di palembang (www.paltv.tv)juga menggunakan .tv dan masih banyak situs televisi yang lain yang juga menggunakan Top domain lavel yang merupakan Kode Original Internet dari Negara Kepulauan Tuvalu.

Kabar buruknya, Tuvalu nyaris hilang dari peta dunia. Ia terancam pemanasan global, negara ini akan tenggelam dalam beberapa puluh tahun lagi jika tidak ditolong. Titik tertinggi dari negara ini hanya lima meter dari permukan laut.Total Luas negaranya 26 km2 . wow betapa kecilnya negara ini?  Tetapi nama negara bekas jajahan British ini menggaung diseluruh jagat dunia karena domain country .tv
sumber foto: worldviewofglobalwarming.org

Coba, bayangkin jika negara ini benar benar hilang, dan tehapus dalam peta Dunia? masihkah ada .tv/(dot) tv?
Domain bisa saja dihapus, salah satunya adalah .nato yang digunakan oleh NATO dan dihapus pada tahun 1996.

Maka dari itu, Televisi harus bisa menjadi garda  terdepan dalam usaha dan kampanye pencegahan pemanasan global. terutama mereka yang domainnya ngontrak di Tuvalu.

8 comments:

  1. bagai mana cara menolong mereka,, kayaknya negeri yang nasibnya seperti tuvalu banyak

    ReplyDelete
  2. Sebenarnya Tuvalu mendapat sebagian Royalti dari pembelian domain dot TV tapi itu bukan pendapatan yang besar dan utama.

    ya kita bisa lakukan apapun yang terbaik untuk alam. ikut menanam pohon misalnya.
    nah kalo kamu gak punya pohon untuk ditanam, biarin aja rumput dihalaman tumbuh sendiri(tidak direkomendasikan) haha.

    ReplyDelete
  3. dampak dari pemanasan global, air laut jadi naik dan dataran yang rendah bisa saja terendam dengan air laut itu. salam..

    ReplyDelete
  4. jadi semuanya kembali lagi ke uang yaa mas Aji?? sungguh miris negeri ini hehe

    SALAM,

    silahkan mampir ^^

    ReplyDelete
  5. wedeeewwwwww.....

    ga usah jauh2 mas, kalo pemanasan global, pulau2 kecil indonesia jg bakal banyak yg tenggelam. salah satunya jawa. hehe..

    mulai dari jakarta utara...


    salam,

    Stylish Generation

    ReplyDelete
  6. ya, secra kapitalistik harusnya Televisi mikirin itu dong, orang kehilangan domain, seperti kehilangan toko, kalo pindah. urusannya bisa repot lagi.

    wah, Maka dari itu, kita harus Selamatkan dunia dari ketenggelaman. ha ha ha
    Atau enggak kita buat kapal yang gede..(pengaruh nonton 2012)

    ReplyDelete
  7. Wah, cukup unik juga nama domain-nya
    .tv
    Itu sebelumnya dibuat memang tidak dalam kesengajaan kan? Tapi beberapa official site TV yang menggunakan domain (dot)tv
    Misal www.an.tv

    ReplyDelete