Wednesday, November 9, 2011

Tugu Bersejarah Yang Malang

Palembang dengan sejarahnya yang panjang menyimpan banyak bangunan bangunan bersejarah dan yang mengingatkan dengan sejarah itu. Daerah yang paling banyak terkumpul bangunan bersejarah adalah di Kawasan Jembatan Ampera,antara lain seperti Benteng Kuto Besak, Monpera, Museum Sultan Mahmud Badarudin (Dulunya tempat tinggal Belanda), Masjid Agung, Kantor Pos. dan Lain lain.
Namun, sebagian bangunan sejarah kurang diperhatikan, Salah satunya adalah Tugu Peringat Perang Lima Hari Lima Malam 1947 di kawasan Ilir Timur. persis disamping jembatan Ampera


Sebagian warga juga memanfaatkan tugu ini sebagai tempat buang air kecil, maka tak heran jika anda melewati bangunan yang nyaris tak terlihat karena rimbunan pohon ini tercium bau Amoniak.

Tugu ini dibangun untuk mengingat peristiwa peperangan 5 hari 5 malam antara Indonesia dan Belanda pada 1-5 Junuari 1947, pada peristiwa itu gugurlah Lettu Soeradjo dan Kapt. Akhmad Rivai.
Memang sangat miris jika kita melihat bangunan bersejarah di kota Palembang, ancaman terbesarnya adalah jika tidak diperhatikan, dan menjadi sasaran vandalis.

0 comments:

Post a Comment