Sunday, December 4, 2011

Digital Printing Dengan Transfer Paper

Digital Printing atau yang kadang kita sebut dengan Sablon digital sekarang sangat diminati karena kesimplean, kemudahan dan hasilnya. Bayangkan kita tidak perlu lagi mengotori tubuh kita dengan cat cat sablon, dan mengeluarkan tenaga ekstra untuk menyablon sebuah gambar pada Tshirt seperti yang kita lakukan pada sablon dengan rakel, Warna yang dihasilkanpun bisa lebih banyak ketimbang menggunakan cat cat sablon.

Kepada pelanggan,biasanya saya akan memberitahu apa kekurangan dan kelebihan dari produk sablon (printing) yang saya berikan. Ini ditujukan agar konsumen lebih mengetahui lebih dalam produk yang akan mereka pesan.

Pada tulisan kali ini, saya akan menjelaskan tentang salah satu produk di ImajieCraft yang paling laris, yaitu Sablon T-shirt dengan Transfer Paper. Produk ini sangat laris, karena pelanggan sering menginginkan hasil yang cepat, kreatif, dan langsung memuaskan sesuai keinginan mereka..
Sablon TransferPaper adalah teknik menyablon baju dengan menggunakan kertas khusus yang disebut TransferPaper, TransferPaper ada dua jenis Dark dan Light, TransferPaper Dark digunakan pada T-shirt berwarna gelap, sedangkan transferpaper Light hanya dapat digunakan untuk T-shirt berwarna terang. Untuk hasil antara TP Dark dan TP Light memiliki perbedaan dan juga kelebihan dan kelemahannya masing masing.


TransferPaper Dark memiliki hasil yang menyerupai Sablon dengan Cat Rubber, bersifat elastis seperti karet,dan menutup pori pori T-shirt. Dan menurut saya, TP Dark sebenarnya cocok juga diaplikasikan pada T-shirt berwarna terang seperti putih. Hanya saja warna putih yang tertransfer pada T-shirt tidaklah sama dengan warna T-shirt melainkan agak krem. TP Dark sangat sering digunakan karena T-shirt yang sering menjadi favorit remaja adalah yang berwarna, hal ini yang mungkin membuat TP Dark harganya sering naik, dan langka untuk dicari. beberapa kali saya harus kebingungan untuk mencari dimana lagi TP Dark terutama di Palembang.
Kelebihan dari TP Dark antara lain;
1. Hasilnya menyerupai sablon yang kebanyakan dijual, elastis seperti karet layaknya Sablon dengan cat rubber, sehingga hasilnya lebih familiar kita gunakan.
2. Kita bisa menyablon gambar apa saja, tanpa perlu membuat pola seperti Sablon dengan rakel (Manual).

Kekurangan
1. TP Dark lebih mahal dari TP Light, dan kerap langka dipasaran
2. Saat kita menyablon warna Putih hasilnya tak Seputih yang kita inginkan karena saat kita cetak warna putih, printer sebenarnya tidak memberikan warna pada kertas, dan warna dasar kertas ini sendiri agak krem.
3. Ketika sudah lama dipakai dan sering dicuci (sekitar 20xan cuci) hasil sablon akan memudar, bentuknya pun akan berkerut, ini disebabkan oleh sifatnya yang seperti karet, sehingga dapat memuai, kerapatan karetnya pun berkurang dan melepaskan beberapa partikel tinta yang lemah kemudian karet akan mengkerut.

Nah, untuk kekurangan dari TP Dark ini, saya memiliki beberapa tips agar T-shirt anda awet.
1. Jangan mencucinya dengan mengucek, atau menyikat pada sablon.
2. jangan sebaiknya hanya diangin anginkan saja saat pengeringan baju. karena jika dijemur pada panas matahari hasilnya akan lebih cepat memuai.
3. Saat menyetrika, sebaiknya kaos disetrika dari arah dalam pakaian dan jangan langsung mengenai hasil sablon.
4. Dari kekurangan tersebut sebenarnya justru TP Dark memiliki kelebihan, yakni saat mengkerut hasil sablon justru lebih mudah untuk dikelupas. Sehingga anda bisa menyablon lagi. (Teman anda tidak akan tahu jika itu T-shirt lama anda).

TransferPaper Light, Dari namanya kita akan tahu jika transferpaper yang ini  hanya dikhususkan bagi kaos berwarna terang, dan hanya diutamakan untuk kaos berwarna putih. Hasil yang diperoleh dari sablon dengan TP Light sangat jelas, warnanya Bright. Nah, jika pada TP Dark kertas yang berwarna putih ditransfer pada koas maka warnanya agak ke Krem, TP Light menghasilkan warna yang transparan, sehingga warnanya akan menyatu dengan warna dasar kaos. Namun hasilnya pun tidak elastis, agak kaku. TP Light juga terdiri dari dua jenis, yakni yang dikelupas saat dingin, dan dikelupas saat masih panas.
Pertama, TP Light yang saat ditransfer pada kaos harus mengelupaskan kertasnya ketika dingin, TP Light jenis ini menghasilkan gambar yang nyaris sempurna tanpa cacat.Namun lebih kaku untuk hasil.
Kedua, TP Light yang saat ditransfer pada kaos harus segera mengelupaskan kertasnya ketika masih panas. TP Ligh jenis ini lebih bagus untuk hasil yang lebih tahan lama. namun perlu kehati-hatian saat mengelupasnya, karena kadang  saat dikelupas beberapa bagian masih menempel dikertas dan tidak tertransfer. Hasilnya cukup bagus, lebih tebal, tidak terlalu kaku, dan jika dicuci tidak terlalu retak retak.

Kelebihan TP Light
1. Harganya lebih murah dari TP Dark.
2. Untuk saat ini stok TP Light dipasaran relatif aman tidak sesulit mencari TP Dark.
3. warna yang dihasilkan lebih terang, dan relatif tidak memudar meskipun berkali kali dicuci.
4. TP Light cocok digunakan untuk T-shirt kegiatan ataupun event, karena pengerjaannya cepat, dan lebih murah.

Kelemahan
1. hanya bisa di kaos terang saja, terutama putih.
2. Suhu transfer lebih tinggi ketimbang TP Dark
3. untuk TP Light yang dikelupas saat dingin, cenderung retak retak setelah berulang kali dicuci.
4. untuk TP Light yang dikelupas ketika panas, kadang gambar tidak tertransfer keseluruhan, sehingga akan meninggalkan cacat.

Beberapa kelemahan tersebut masih bisa ditanggulangi dengan perwatan yang baik, seperti jangan mengucek kaos, gosok kaos dari bagian dalam, dan jangan digunakan untuk tidur.





10 comments:

  1. gan saya sales MIRAGE INDONESIA yg fokus untuk kertas transfer paper , pelanggan saya jg byk orang luar pulau klo mau bs hub saya 081331610467, 03140293556 ,08885034686 atau lihat di toko bagus ama kaskus thx gan

    ReplyDelete
  2. Bagus, Mirage ada yang Glow in The Dark ya?

    ReplyDelete
  3. mas numpang nanya, jual kertas t-shirt transfer di palembang dimana ya???

    ReplyDelete
  4. @arumaarifu:kalo di palembang bisa dicari di Dempo, tanya tanya aja di toko2 komputer, terutama yang jual perlengkapan sablon digital kayak di Iniko #deketMDP tapi sudah 2bulan ini disitu sudah gak ngedrop TP dark jadi cuma yang Light soalnya TP dark masih mahal terutama yang bermerk kyk Blueprint atau Mirage.

    tapi saya juga jual TransferPaper kok mas.

    ReplyDelete
  5. alamat mas aji sendiri di palembang di mana....
    mas aji sendiri menjual kertas tersebut kalau di kirim ke lubuklinggau berapa ya.... ini untuk di jual lagi mas...
    di tunggu info nya....

    ReplyDelete
  6. untuk alamat bisa disini dilihat http://www.imajie.com/p/aji-is-me.html
    untuk ongkir tergantung jumlahnya mas.

    ReplyDelete
  7. selain di iniko tempat laen yg pasti ado kertas itu dmn yo bro?? trus hargonyo berapolah y?

    ReplyDelete
  8. Mas masih Jual nggak? kalo masih bisa dikirim ke daerah Malang nggak? makasih

    ReplyDelete
  9. Maaf mas,kalau di pekanbaru ada gak toko atau link nya?

    ReplyDelete
  10. Daerah pekanbaru ada gak link atau tokonya mas? Mksh

    ReplyDelete