Wednesday, May 25, 2011

Ediotrial Kemiskinan Kita

Video ini adalah video editorial yang pertama kali saya buat. Menceritakan tentang sedikit dari kemiskinan di negeri ini. video ini dibuat sekitar setahun yang lalu, karena kami mendapat PR dan Tugas Sosiologi. Tetapi Penting diingat Kemiskinan bukan hanya PR dan Tugas Kampus yang berkutik pada persentasi dan diktat saja. Tetapi merupakan PR kita bersama, PR yang sama sama harus kita cari solusi jalan keluarnya.

Saturday, May 14, 2011

Antara Aku dan T-Rex

Disuatu siang, dimana saya 5 kali salah masuk kelas, bolak balik gedung A-Utama-C-B-A. Terlambat deh mata kuliah desain grafis, Langsung deh dikasih tugas buat cover buku. dan jadilah gini.

Ormasnya Partainya

Dahulu saya pernah menulis sebuah artikel tentang Restorasi Perlu Aksi bukan hanya retorika salah satu hal yang saya bahas adalah Sikap pemasangan bendera Ormas di pinggir jalan. Nah kebetulan tulisan saya itu ditanggapi offline oleh teman saya. Katanya "Lah, soal kayak gitu aja dipermasalahin, bukannya semua nya juga kayak gitu bukan hanya Nasdem". Saya sih memaklumi  perkataan teman saya itu. bahkan saya sebenarnya memaklumi tindakan Nasdem tersebut. Karena emang tradisinya gitu. hahahah
Tapi itu menunjukkan Restorasi belum ditradisikan...

Tuesday, May 10, 2011

Dukung Palembang Bebas Bus Kota

Hari ini saya harus Pulang telat karena,
dituruni sama kernet bus.
Bus yang saya naiki pertama kali menurnkan saya di Pos 6. dan memindahkan penumpang ke Bus lain. (Yang ini aja sudah buat jengkel), baru beberapa detik roda berjalan, eh si kernet bilang. minta tambahan duit Rp1000,- (gimana gak tambah jengkel). malah Bilang, silahkan kejar bus kota yang tadi. Dasar Gak punya etika tuh kernet.
Oke, Saya Sekarang ingin mengelorakan PERANG TERHADAP BUS KOTA.
kenapa perang? iya, soalnya dosa-dosanya dah banyak.
saya sudah marah dengan bus kota bukan sekali ini saja tetapi sudah berkali kali.Kayaknya dah gak kehitung deh berapa kali saya jengkel dengan bus kota ini.
 Palembang memang sudah punya sejarah panjang dengan bus kota. tetapi BUS KOTA SUDAH SELAYAKNYA PUNAH dari Palembang. ini dia 13 alasan mengapa bus kota harus dihapuskan.
1. Kondisi Bus sangat memperihatinkan banyak bagian bus yang sudah rusak dan berkarat. kaca kacanya pun ada yang pecah sehingga membahayakan penumpang.
2. Asap rokok/kendaraan dan Debu adalah kerugian yang harus kita hirup setiap kali naik bus kota.
3. Faktor keamanan sangat minus, sering terjadi tindakan kejahatan seperti pencopetan, dan penjambretan diatas bus kota. juga Tindakan asusila.
4. Supir sering mengendarai bus dengan ugal ugalan.
5. Menjadi musuh utama Pengendara Motor, kecelakaan motor sering disebabkan oleh Tindakan Supir Bus Kota yang ugal-ugalan dijalan.
6. Banyak Preman yang mejadi Kernet.
7. Supir sering tidak memiliki SIM/Lisensi mengemudi.
8. Sehingga ketika akan ditilang, mereka menyogok/menyuap oknum polisi, itu artinya mendukung Korupsi Di Indonesia.
9. Menyalakan Musik dengan Volume keras yang sangat menggangu. Hal itu akan menyebabkan Ketulian dini. itulah sebabnya mengapa supir bus dan kernet berbicara dengan nada suara keras. Soalnya mereka TULI.
10. Penumpang sering diturunkan di pinggir jalan, bahkan bus benar benar berhenti saat menurunkan penumpang, Hal itu Sangat membahayakan Penumpang.
11. Bus adalah Penyebab Polusi udara dan kemacetan.
12. Kejadian pengoperan/memindahkan penumpang ke bus lain sering sekali terjadi. Hal itu merugikan Konsumen/ yakni penumpang.
13. Menjadi lahan tumbuh suburnya Pengemis dan Anak Jalanan.

Oke, lalu apa solusinya?
transportasi masal yang ramah lingkungan dan ramah pula dengan masyarakat. Seperti pengolahan Transmusi secara Profesional. menyediakan jalan untuk pengendara sepeda dan pejalan kaki. Juga Mengajak tobat si sopir dan kernet bus kota.
Meski transmusi masih memiliki banyak kekurangan diharapkan transmusi akan banyak membantu memperbaiki transportasi di Palembang agar lebih baik.
Visi Palembang sebagai Kota Internasional. Ah, gak mungkin bila masih ada bus kota seperti ini.

oke, bagi kamu yang setuju dengan Pembebasan Kota Palembang dari Bus Kota silahkan like page ini sebagai bentuk dukungan kamu.



Monday, May 9, 2011

Gentong - gentong Rahasia

Kehadiran mall di kota kota besar ibarat sebuah kebutuhan.Setiap hari ribuan orang berkunjung ke pusat perbelanjaan. Untuk di kota palembang saja, sudah memiliki 10 pusat perbelanjaan modern. Mulai dari mall, hingga Department store. belum lagi swalayan dan pasar traditional. Kehadiran mall mall besar di kota Palembang kerap dianggap sebagai penyebab melemahnya pasar-pasar tradisional. Masyarakat lebih suka berkunjung ke Mall-mall ketimbang pasar tradisional. Faktor kenyamanan dan keamanan adalah kunci terpenting mengapa orang suka mengunjungi mall. dan kadang apa saja yang ada di pasar tradisional sudah hadir di mall mall.
Tapi tahukah kalian, ada Faktor Irasional mengapa kita suka sekali ketempat-tempat ini? Bantuan makhluk makhluk ghaib? ya, anda bisa percaya atau tidak. Tetapi inilah informasi yang saya terima.

Sunday, May 8, 2011

Flayer not Fly


Jumat lalu, hingga tengah malam  saya mengerjakan desain flayer yang merupakan tugas mata kuliah desain grafis yang saya ambil. Dan Sabtunya saya bekerja sambilan di salah satu mall sebagai penyebar flayer. Umumnya orang orang mengenal Flayer sebagai  brosur. Yang isinya mengajak kita melakukan sesuatu, atau membeli suatu produk. Tapi kalo diamati Flayer ternyata memiliki nilai seni. Selain juga nilai promosi.

Flayer dan Perang
Menurut sumber yang saya baca di internet(lupa url nya dimana) Sejarah Flayer bermula pada Perang Dunia II. Dimana Flayer digunakan sebagai media propaganda. Dari pesawat pesawat terbang selebaran flayer di terbangkan. Cara tersebut sangat ampuh ketika itu untuk mempropaganda masyarakat. 

Monday, May 2, 2011

Sang Pejalan Tangguh "The Walkman"

The Walkman, saya tidak bicara soal alat pemutar musik yang sempat  populer ditahun 90an itu. Tetapi secara harfiah The Walkman berarti Manusia Pejalan.
Kisah bermula saat naik bus jurusan Plaju-Km12 pukul 18:00 dari depan kampus, Suara musik yang memekakan telinga membuat kami sangat tidak nyaman untuk mengobrol bertiga (Saya, Khenta, dan Alin)
Alin : ini dia yang buat budek (tuli) cepet.
saya : lah liat aja tuh supir,Paling lama dia baru kerja jadi supir 5 tahun, tapi kita teriakin dia dari tadi aja dia budek. Mereka sudah tuli duluan.

Entah tersinggung atau apa.Akhirnya di depan Polda kami di oper ke bus lain. Tetapi tiba tiba Khenta teriak. " wow, di fly over macet, yuk jalan di fly over"
sebenarnya pejalan kaki tidak boleh melewati fly  over, tetapi kenapa gak di coba ya? setelah berunding sejenak akhirnya kami berjalan menaiki fly over yang pertama dan satu satunya di Palembang ini.

Wisata Macet
Sengaja kami mau melihat wisata macet.Ya, semenjak proyek pelebaran jalan Kol.H.Burlian kemacetan menjadi hal yang biasa kita lihat sehari hari. Kemacetan terjadi dari fly over sampai daerah Talang Buruk.
Suasana macet diatas Fly Over

Sunday, May 1, 2011

Bicara Soal mayday di hari Minggu

Hari minggu hanya ada 4 kali dalam sebulan, ya sama sih kayak hari hari yang laen. tapi selalu saja orang menganggap minggu sebagai hari Shoping(bagi yang banyak duit) dan cuma jalan jalan (bagi yang kere).kamu termasuk orang yang mana?
Minggu kemarin memang jatuh pada Mayday alias hari buruh internasional. tetapi peringatan mayday di palembang ternyata gak begitu diantusiaskan. Terlebih mayday kemarin jatuh pada hari minggu.
saya justru melihat manusia palembang tumpah ruah dijalan hingga membuat macet berjam jam. tujuan mereka Mall-mall atau pasar 16. Tapi mungkin hari minggu kemarin adalah musibah untuk dua orang ini.

Saat saya didalam transmusi, tiba tiba ada pengendara motor dengan seorang penumpang wanita menyalip kedepan transmusi yang saya naiki, tetapi si pengendara justru semakin kekanan dan menabrak pembatas jalan, akibatnya motor bersama pengendara dan penumpangnya terbanting beberapa kali ke Aspal panas pukul 12:10.
kecelakan di jalan Jendral Sudirman

Salah satu cara menekan jumlah populasi manusia adalah berikanlah kredit motor murah.



Bagi yang punya uang agak banyak, mungkin bisa membeli handphone baru seperti orang orang ini.
@Palembang Square mengantri membeli handphone
awal bulan, sudah terima gaji. Saya rasa Mereka semua sudah jadi Buruh yang sejahtera. hahaha.