Sunday, July 31, 2011

Kamboja menjadi Korban

Hias kibar bendera disepanjang jalan ikut mewarnai penyambutan perhelatan akbar Sea Games ke 26 di kota Palembang, bendera bendera itu terdiri dari bendera Sea Games, dan 11 negara peserta Sea Games. Namun agaknya si pemasang bendera kadang keliru memasang atau memang tidak tahu bagaimana bentuk bendera negara tetangga sesungguhnya. Disepanjang jalan amat sering kita jumpai bendera yang terbalik balik. Salah satunya adalah bendera Kamboja di ujung jalan Kol.H.Burlian tepatnya di perempatan Tanjung Siapi api.


Bendera kamboja ini sudah tampak terbalik dari beberapa minggu yang lalu. Angkor Wat pada bendera ini terlihat tak semestinya.
Sepanjang pengamatan belum pernah saya lihat bendera Kamboja terbalik, berbeda dengan Filipina dan Vietnam yang sering terbalik kecuali di jalan ini. Padahal jalan ini pasti akan dilalui tamu asing, karena  merupakan jalan utama bila kita dari Bandara Penerbangan Sultan Mahmudi Badarudin II setelah melewati jalan Tanjung Siapi-api menuju ke arah pusat kota.

Baca juga,Artikel Terkait Nasib Bendera Peserta SeaGames

Wednesday, July 27, 2011

Cap Tiket Transmusi

Beberapa kali saya ingin tertawa bila naik Transmusi akhir akhir ini. ada beberapa perubahan mendasar yang terjadi.Tampaknya beberapa pramugara sudah mencireni (menduga) saya penulis blog ini. hahaha

Beberapa waktu lalu saya munuliskan trik bagaimana naik transmusi secara gratis di blog ini. Beberapa orang menilai tindakan saya ini jahat, dan merugikan pihak lain, bahkan di cap sesat. hahaha
Di Facebook saya menulis "Dunia ini perlu orang jahat yang Nyentrik". Kadang ketika kita berlaku dan bersikap baik malah dibalas jahat. Begitu pula dengan kejahatan, kejahatan itu kadang berbuah kebaikan juga loh. Trik saya tentang naik transmusi gratis itu sebenarnya merupakan usulan perbaikan untuk transmusi itu sendiri. Agar mereka berkerja dengan lebih baik lagi. alhasil coba perhatikan  evolusi tiket transmusi berikut ini.
Tiket Transmusi periode awal

Friday, July 22, 2011

Putri Gunung Ledang (sebuah Analisis)

Putri Gunung Ledang merupakan Legenda yang berasal dari Hikayat Hang Tuah dan kitab Sulaltus Salatin yang sering dikenal dengan (Sejarah Melayu) yang kemudian di filmkan.
Film yang disutradari oleh Saw Teong Hin ini bercerita tentang kisah cinta Gusti Putri Raden Ajeng Retno Dumilah dari kerajaan Majapahit dengan Hang Tuah seorang laksamana yang terkenal di Kesultanan Malaka.
sayangnya film yang telah ditayangkan sejak 2004 lalu belum pernah muncul di Indonesia. padahal film ini sangat bagus di tonton.

Sinopsis
Menceritakan tentang Gusti putri Raden Ajeng Retno Dumilah(Tiara Jecquelina) yang pergi dari tanah jawa menuju Malaka  untutk bertemu dan mengejar cintanya kepada Hang Tuah (M.Nasir) yang sebelumnya pernah datang ke Majapahit. Namun kala itu merupakan masa masa kemunduran Majapahit,  Kesultanan Demak sudah mulai melebarkan kekuasaan yang mengancam kedaulatan Majapahit. Keterancaman ini membuat Raja Majapahit Gusti Adipati Handaya Ningrat (Alex Komang) hendak menikahkan adiknya

Thursday, July 21, 2011

Suara siapa ini?Jelek sekali

judul diatas adalah kata kata yang langsung keluar dari benak saya ketika subuh ini membuka google translate (Translate.google.com) biasanya saya hanya mencari kata kata dari bahasa indonesia ke bahasa inggris, atau bahasa lainnya. begitupun menerjemahkan dari bahasa asing ke bahasa indonesia. namun saya jarang sekali memanfaatkan tombol "Listen" untuk mendengarkan  pengucapan suatu bahasa.
Kabar Buruk
gak ada tujuan sih buka google translate subuh subuh gini. cuma iseng doang, tetapi keisengan ini justru mengejutkan saya. Saat mencoba pengucapan aku cinta kamu dalam berbagai bahasa. Saya terkejut saat mendengarkan pengucapan aku cinta kamu dalam bahasa indonesia. Sumpah, Suaranya jelek sekali, kemudian saya mencoba dengan kata kata lain, dan hasilnya sama, tetep jelek. Suaranya Seperti seorang bule yang sudah dijadiin robot sama alien dari galaksi lain.Semoga ini tak akan membuat bule bule yang belajar bahasa indonesia jadi ngakak guling guling alias LOL.
Tetapi masih ada
Kabar Baiknya
Setidaknya bahasa indonesia sudah bisa terdengar di google translate. gak cuma dibaca doang, masih ada banyak bahasa di google translate yang belum ada fasilitas listen. dan kita pun gak sendiri beberapa bahasa yang lain masih di ucapin sama robot alien. dan hanya sediki bahasa yang terdengar seperti suara manusia sungguhan (menurut saya) seperti arab, cina, dan jepang,

mungkin penilaian saya ini tidak mencerminkan keadaan yang sebenarnya, bisa jadi orang jepang, arab, dan cina mendengar bahasa yang diucapkan google translate sama sama jelek. Tetapi menurut saya suaranya lebih bagus dari pada suara bahasa google translate yang lain.

Thursday, July 14, 2011

Manusia Astral (ekperimen)

Mau tahu bagaiamana cara melepas jiwa dari jasad? dan kembali lagi ke jasad setelah ruh kita jalan jalan.?
hal ini bukanlah mustahil kita lakukan. Sekarang dengan teknologi kita dapat melakukannya, tanpa perlu sihir atau bantuan jin. Mau tahu caranya?
video ini memperlihatkan bagaiaman eksperimen saya untuk melepas jiwa dari jasad. hihihi



Cara Download Video dari Facebook (Simple, Praktis, dan tanpa menggunakan aplikasi/situs bantuan)

sebelumnya saya pernah menulis bagaiamana mendownload video dari facebook, di http://ajisupenobagussyam.blogspot.com/2010/07/download-video-dari-facebook-dengan.html
Namun rasanya trik itu masih bertele-tele, apalagi facebook terus melakukan perubahan tampilan. Jadi saya buat tutorialnya dalam bentuk video.


Banyak tutorial bagaiamana mendownload video dari facebook, namun saya merasa cara itu kurang praktis, karena harus instal ini itu, atau mengunjungi web/situ tertentu. Padahal dengna mengganti menjadi tampilan mobile facebook, video lebih mudah untuk di download. caranya hanya dengan mengganti www.facebook.com/blablalbla menjadi m.facebook.com/blablalbla
Semoga tutorial ini banyak membantu teman teman. terima kasih

Dengarkan ...

Akhir akhir ini saya lebih banyak mendengar lagu. main harmonika atau gitar. Mungkin karena  lebih banyak waktu luang agaknya.
Saat ini saya sangat suka dengerin Radio Streaming. Atau belajar musik lagi dari Youtube.
Bicara soal musik, kini berkarya bukan hanya untuk mereka yang memiliki uang banyak yang bisa recording ditempat mahal dan mencetak ribuan keping Cd. Kebebasan  berekspresi lewat musik Menjadi milik setiap orang yang mau bermusik.
Youtube, 4shared. atau layanan lainnya bisa menjadi ajang menuangkan kreatifitas. Ah mengatakan seperti ini sudah sangat basi. Semua orang sudah tahu bukan?.

Oke, beberapa orang membagi lagu lagu mereka kepadaku di Facebook. Rasanya kurang Pass bila gak memperkenalkan mereka kepada kalian yang baca blog saya ini.
Pertama ada Arrey Band, Seorang personilnya adalah temanku pernah Sekelas saat SMA.silahkan download atau dengar  lagu mereka di http://www.reverbnation.com/araey 

lagu lagu mereka ringan, dan easy listening. cocok untuk anak muda.


Nah, Kemudian ada teman baru saya dari Prancis, The NoMad'Steps. Band ini berjumlah 3 personil, dua cowok dan satu cewek. Saat berbincang bincang dengan kelvin (personil The NoMad'Steps) lagu lagu yang mereka bawakan bertema tentang perdamaian.. satu lagi, saat saya mengatakan bahwa saya berasal dari Indonesia dia sangat senang.dan mengatakan bahwa Indonesia sangat menginspirasi. itu sangat membanggakan bagiku.
Salah satu lagu yang saya suka adalah Sky Is  An Immense Sea



Permainan gitarnya berenergi, Keras, namun tetap melodis. Semoga Sukses untuk kedua Band Ini.

Sunday, July 10, 2011

Fira

Yang anti lebay, jangan baca tulisan ini ya. langsung close aja.oke. hahaha

Saya pernah bercita cita menjadi musisi,saat di kelas 5 SD ibu mendaftarkan ku kursus Organ Klasik di Swara Indah Music School di jalan kol.atmo.Menjelang UN SD saya  putuskan untuk berhenti kursus karena sibuk dengan mengejar nilai untuk kelulusan SD. tetapi Hasrat menjadi musisi sempat bertahan hingga SMP. kala itu adalah masa-masa dimana seorang anak ingin tahu lebih banyak, belajar lebih banyak,dan mencoba hal hal yang belum pernah mereka lakukan sebelumnya. termasuk bermusik. Saya sangat ingin bermain biola. Selama satu setengah tahun mengimpikan biola akhirnya di kelas 1 SMP saya dibelikan oleh ibu Sebuah Biola buatan lokal yang dibeli disalah satu toko musik di pasar 16( sekarang toko musik itu sudah tidak ada) Penjualnya adalah seorang Bapak tua keturunan Tionghoa, dan Pemuda Ayib (Arab). Dengan mempelajari secara otodidak, beberapa lagu pernah saya mainkan dengan lancar. Modal saya adalah Buku ensiklopedia Musik, dan Pelajaran Fisika.hahaha

Meniru Piyu Padi yang suka memberikan nama kepada gitar gitar kesayangannya. Saya pun memiliki nama-nama untuk alat-alat musik yang saya miliki. Biola saya itu saya beri nama Fira atau Agni. Karena warnanya yang merah dan kuning seperti api. agak lucu, Semua alat musik, saya beri nama yang rada Girly. hahaha saat itu saya beranggapan bahwa alat alat musik inilah pacar-pacar saya. #sebut saja Playboy.

Namun karena berjalannya waktu, saya sangat jarang bermain musik. Kesibukan di ekskul membuat beberapa alat musik saya terbengkalai.Termasuk Fira. ia hanya tersimpan didalm kotak. menjadi tempat cicak bertelur,  atau menjadi pajangan dekorasi kamar.

Dawai dawainya kini sudah berkarat. Tetapi beberapa teman yang datang  dan melihat fira, selalu tertarik dengannya, setidaknya untuk sekedar berfoto. bahkan ada yang ingin meminjamnya. Sabtu lalu saya sempatkan membeli dawai baru di Gramedia.
Dan malam ini saya sempatkan pacaran lagi dengan Fira. .Maaf suaranya agak fales, hihihi.

Saturday, July 9, 2011

Trik Naik Bus Transmusi Gratis

Apakah ada promo bus Transmusi yang menggratiskan penumpangnya?
Jawabannya Tidak ada, kecuali saat pertama transmusi di luncurkan.
Tetapi kali ini saya memberikan trik yang gak biasa. dan anda saya anjurkan untuk tidak mencobanya. Oke. hahaha
Bagaimana caranya?

Friday, July 8, 2011

Mengenali Sejarah Palembang lewat E-Book

Baru saja saya membuka group Sciencebrand di Facebook. dan mendapati posting dari Kiagus Imran Mahmud Sebut saja KIM, karena ia sering menyebutkan KIM diakhri kata katanya.
Awalnya saya tidak mengenal bapak ini. hanya sebatas facebook saja. tetapi Postingnya kali ini membuat saya salut dengan beliau. Ia menuliskan 124 halaman buku yang berjudul Sejarah Palembang. baru membaca beberapa halaman buku itu dari Google Docs. membuat saya tertarik untuk ngeprintnya malam ini juga. dan jadilah tumpukan kertas setebal 1,8 cm  yang siap saya jilid.
Buku ini sangat informatif dan menurut saya lengkap. ketimbang saya baca langsung dari Wikipedia.
Berisi sejarah, asal muasal Palembang, hubungannya dengan berbagai kerajaan di nusantara.  hingga kisah kisah heroik di Kota Palembang. Ada juga foto foto yang menjelaskan isi buku ini. meski menurut saya lebih baik lagi bila di tambah lagi foto-fotonya.
Penasaran dengan buku ini?
Anda boleh membacanya dan membaginya kepada orang lain. karena si Penulisnya Kiagaus Imran Mahmud telah mengizinkan kita untuk membagi ilmu yang berada dalam buku ini. Buku ini Bisa dibaca langsung di Google Docs, mendownloadnya dalam bentuk PDF. atau langsung Ngeprintnya seperti yang saya lakukan.
Silahkan klik Disini
Terima kasih, Semoga Amal pak KIM dapat bermanfaat untuk kita dan seterusnya dan menjadi pahala yang tak putus putus.

Thursday, July 7, 2011

Pikonane atau Jew's Harp

Tahukah kamu apa itu Pikonane? Ken Moi?Rinding, Genggong? atau Jew's harp/jaw harp?
kalo diartiin dari ketiga nama ini, Jew's harp lah yang paling mudah kita artiin, Harpa Yahudi.


Akhir akhir ini saya mulai keasyikan main harmonica, Setelah membeli Suzuki Winner beberapa waktu lalu, saya mulai jatuh hati dengan harmonika, Mungkin ini yang disebut cinta lama bersemi kembali,hahaha Karena dahulu saya pernah punya harmonika Kromatik Tower buatan China saat kelas 5 SD. Dan kemarin saya baru saja membeli Suzuki Folkmaster Diatonic C. alhasil intensitas saya nonton youtube pun meningkat. baca forum forum pencinta harmonika, beberapa istilah di dalam dunia harmonika pun saya pelajari. dan ada yang agak aneh. Kenapa harmonika sering disebut Harp? dan pemainnya bukan disebut Harmonikater, atau Harmonikanis, melainkan Harpist.
Kenapa Harp? bukannya Harp itu artinya harpa? ..

Monday, July 4, 2011

Kebijakan Google terhadap Koko dan Cici

Sampai malam ini entah saya belum bisa tertidur.. Iseng iseng buka komputer dan ngenet, saat membuka

Sunday, July 3, 2011

Ternyata Masih Bisa....

Dahulu saat saya masih duduk di sekolah dasar kelas 5, saya dibelikan sebuah harmonika oleh ibu, harmonika jenis kromatik, yang memiliki nada nada kromatik bila menekan tombol yang mengubah lubang tiup dan hisap.
Ya saya sangat ingat, saat SD hingga awal-awal SMP saya punya cita-cita menjadi seorang pemain Band. dan musisi yang paling saya idolakan adalah Iwan Fals. .Gaya Iwan Fals yang sering solo dalam permainannya, layaknya pengamen jalanan adalah gaya yang paling saya sukai. Dengan gitar akustik dan harmonika banyak lagu ia ciptakan.

Bicara soal harmonika kromtik yang saya miliki, saat kelasa 2 SMP, harmonika satu satunya itu rusak. hahaha semenjak itu saya tidak memiliki lagi harmonika. lamaa sekali saya tidak memeinkan organ mulut itu. hingga beberapa waktu lalu saat saya sedang jalan jalan di toko buku Gramedia PS mall saya melihat lihat harmonika. Tiba tiba ada hasrat kangen mau mainin harmonia lagi. Kebetulan saya bawa uang agak lebihan saat itu. dengan Rp 58.000 saya membeli harmoncia merk  Suzuki.
namun kesibukan saya akhir-akhir ini membuat alat musik itu masih bersih dari bau mulut. haha
dan Tadi saat bangun tidur, belum sarapan belum mandi, dengan wajah dan mata masih ngantuk. saya coba bermain kembali. Dan horeeee ternyata saya masih bisa memainkannya, meski gak semahir dulu saat masih SD. hahaha lucunya saat bermain harmonika yang teringat hanya nada nada lagu nasional dan lagu lagu Daerah. hahaha mungkin karena dulu waktu SD saya lebih sering mainin lagu lagu nasional dengan harmonika kali ya.
Mau liat gimana saya bermain harmonica ?ini dia videonya




Friday, July 1, 2011

Picbadges.com (Kekuatan Baru Sosial Media)

Sekarang pukul 2:59 pagi waktu Indonesia Bagian Palembang. Sebenarnya ingin segera mematikan komputer dan Tidur, karena esok pagi saya harus tiba kekampus lebih awal dari biasanya. Tetapi

Kehadiran Sosial Media seperti Facebook dan Twitter sudah seperti suatu kebutuhan bagi manusia modern seperti kita, facebook dan Twitter kini bahkan sudah menembuh beberapa dimensi, seperti kemanusiaan hingga politik. Pergerakan pergerakan maya jauh lebih berhasil ketimbang pergerakan bawah tanah. Ini dalam beberapa kasus, Sebut saja Bagaiaman Mesir, hingga Libya. dan kini tampaknya mulai mendekati negara pacar saya, Malaysia.
saya sempat terkejut dengan beberapa orang yang menggunakan gambar bulat merah-merah atau kuning-kuning. seperti sebuah pin, namun di photo profil. Pin-pin itu merupakan bentuk suport terhadap salah satu gerakan. lembaga, atau yang lebih sederhana suasana hati, Saya bukan mau bilang ini terlihat seperti perang, tetapi ini seperti sebuah Mesin kekuatan baru.
Selidik-selidik ternyata mereka menggunakan aplikasi di www.picbadges.com Sebenarnya aplikasi ini bukan aplikasi baru, tetapi baru hangat.
Try and Eror saya mencoba membuat sebuah pin untuk promosi. hasilnya baru saja jadi



Oke, kembali kepada bahasan awal. Menurut saya Picbadges.com atau yang serupa menjadi alat penghimpun kekuatan baru di dunia sosial media, karena picbadges.com tidak hanya bisa di pakai di facebook malainkan twitter. artinya penggunaannya lebih luas, Share widget nya pun ada untuk di taruh di blog atau web.

Isu isu terkini akan ikut mempengaruhi tranding lencana yang di pakai. Misal nanti pas lebaran, atau bahkan kalo pemilu, atau aksi solidaritas laiinnya. Salah satu hal yang dimiliki manusia dan tidak dimiliki makhluk lainnya adalah pikiran Idealistis, dengan Idealistis itu manusia akan memilih, dan ingin menunjukkan apa yang ia pilih, Dalam teori hirarki kebutuhannya Abraham Maslow ini disebut sebagai Esteem dan Aktualisasi diri, yaitu kebutuhan akan harga diri, dan Kebutuhan mengaktualisasikan diri/menunjukan siapa diri mereka.
Hal ini dapat dimanfaatkan oleh aplikasi aplikasi sosial media seperti picbadges.
Tetapi secara tidak langsung. picbadges sudah memberikan senjata baru.
Salah satu yang menarikdari picbadges.com ini adalah adanya Worldtranding, yang memperlihatkan badges apa saja yang banyak digunakan. untuk di Indonesia Malem ini Trandinya STAN (Sekolah Tinggi Akuntasi Negara).. kayaknya banyak yang sangat ngidam pengen masuk STAN deh. Maklum lagi SMPTN.



oke, Tidurrrrrrrr
3:20