Sunday, August 28, 2011

(GoVlog-Ramadan) Manfaat Perbedaan 1 Syawal

Posting ini berdasarkan hasil perbincangan saya dengan Mamas (kakak saya), ketika kami baca berita di salah satu situs News Online tentang salah satu komunitas Muslim yang akan berlebaran lebih awal dari tanggal yang ditentukan pemerintah. Apakah hal itu menjadi masalah bagi kita?

Friday, August 26, 2011

Partai 4L

Wah, posting yang ini saya bingung mau mulai dari mana.Gini aja deh.
Tadi malem nonton Provocative Proactive gak? yang Seri Partai 4L (Loe Lagi Loe Lagi)?
nah kalau udah, saya lanjut cerita, kalo belom nonton bisa nonton di sini, Provocative proactive partai 4L

12 Agustus kemaren saya ngetwitt bang @Pandji nanyani apakah di berani ngeritik partai Nasdem.
Ormas Nasdem yang notabenenya memiliki figur seorang Surya Paloh yang juga memiliki Media Indonesia dimana disitu ada MetroTV yang menayangkan Provocative Proactive. Kira kira berani gak Provocactive ngeritik Nasdem (itu dalam benak saya).
Dan ternyata bener, Malem kemaren setelah 14partai baru selesai di verifikasi dan 4 partai yang lolos, gak terlewatkan dari kritiknya bang pandji dan kawan kawan
4 partai itu antara lain, Partai SRI (Serikat Rakyat Independen) yang menyokong figur Sri Mulyani, Partai Nasdem (yang membingungkan antara partai dan Ormasnya), Partai NasRep (Nasional Republik) yang didalamnya ada Hutomo Mandala Putra "The Last Soeharto" dan sempat disebut PPH (Partai Penembak Hakim) oleh Bang Pandji. dan Satu lagi nih, partai yang namanya nyentrik Partai Satria Piningit kebanyakan cari wangsit di gunung nih.

sekian, ntar nyambung lagi..




Wednesday, August 24, 2011

Jembatan Ampera Kembali Bercerita

Baru saja kemarin saya posting 3D Model Jembatan Ampera , Sekarang  ada kabar duka, Telah terjadi kebakaran dipasar yang bersebelahan dengan jembatan Ampera, Kejadian itu sontak membuat kemacetan sepanjang 3 Km dari dua belah sisi jembatan Ampera karena masyarakat memenuhi jembatan untuk menyaksikan kejadian itu.
Berita ini baru saya terima setelah melihat foto yang di unggah oleh Farleven di Facebook dari BB barunya. Ia  ikut terjebak macet di Atas jembatan Ampera.
Kesiruan Ngeliat Kebakaran sampe macet -_-'
Menurut sumber dari detik.com kejadian terjadi sekitar pukul 22.00 Rabu, 24 Agustus 2011.

hmm, Sebenarnya kejadian ini justru menimbulkan beberapa tanya di benak saya. Apakah kejadian ini disengaja atau tidak disengaja. Apakah ada pihak yang merencanakan ini, Siapa yang salah atas kejadian seperti ini?
Sebelumnya pada tanggal 10 Oktober 2010(101010) dibawah jembatan ampera Tepatnya pasar 10 Ulu juga ludes terbakar, jika kita datang kelokasi itu kita akan melihat lokasi sangat bersih, tak ada lagi penjual-penjual yang dahulu ramai.

ada 3 hal yang saya perhatikan dalam kasus ini.
Pertama, Lokasi sekitar jembatan Ampera di Seberang Ulu sangat tidak teratur, berbeda dengan daerah seberang ilir yang kini menjadi daerah wisata, dan pasar yang rapi. Saya pernah mendengar bahwa Daerah seberang Ulu pun ingin di Tata kembali oleh pemkot layaknya daerah di Sebrang ilir. Pemukiman di daerah seberang ulu memang padat penduduk, maka jika terjadi kebakaran pada salah satu rumah/ruko akan ikut membakar bangunan lain disekitarnya pada umumnya.
Kedua; Fakta bahwa telah terjadi 3 kebakaran di Palembang dalam satu bulan terakhir
Ketiga, dalam Sebulan terakhir dirumah saya saja tiap hari terjadi pemadam listrik tiba tiba, 2x hingga 3x sehari , jika kebanyakan pristiwa kebakaran umumnya disebabkan oleh Konsleting Listrik, tampakanya kita harus membenahi pelistrikan di kota ini, Selain Masrakat harus memperhatikan kondisi instalasi listrik ditempatnya bekerja atau tinggal agar aman, PLN pun alangkah baiknya tidak seperti anak kecil yang suka maen-maen lampu, Mati-hidup-mati-hidup, Kalo kebakaran gimana?

Tuesday, August 23, 2011

3D Model Jembatan Ampera di Google Earth

Alhamdulillah kini Bangunan yang menjadi ikon kota Palembang ini sudah dapat kita jumpai dalam bentuk 3D model di Google Earth, Saya tidak tahu semenjak kapan 3D model itu muncul. terakhir kali saya berjalan-jalan di Palembang dengan Google Earth, hanya Stadion Gelora Sriwijaya saja yang memiliki 3d Model Google Earth di Sumatra Selatan ini,Sedangkan Jembatan yang dahulunya bernama Jembatan Soekarno ini  hanya bisa kita liat dalam bentuk foto satelit saja, Gambarnya serupa jembatan Ampera yang gepeng, Dan kita patut berterima kasih kepada pengunggah 3d model Jembatan Ampera ini, (Entah siapa dia) tetapi usahanya itu sangat berjasa.


http://maps.google.com/maps?q=palembang&hl=en&ll=-2.990262,104.764043&spn=0.002732,0.004984&t=f&z=18&vpsrc=6&ecpose=-2.99430523,104.76339927,29.14,9.027,86.623,-0.001
mengeliling kota Palembang dengan Google Earth bisa jadi Alternatif Untuk Kamu yang belum pernah ke Palembang, atau Kamu yang kangen pengen pulang ke Palembang. mampir lah ke Jembatan Ampera, dan ingat-ingat kenangan apa yang kita dapat saat melihat jembatan ini.

Update terbaru:
penggunggah 3D Model ini adalah Hidayah Husnul, Dia telah mengunggah 15 3d Model dan 12 diantarnya disetujui oleh Google Earth

Friday, August 19, 2011

(GoVlog-Ramadan) Jika Kita Tua Nanti

Siang ini sungguh sangat terik, bahkan ketika didalam transmusi pun panas masih terasa. Pukul 12:00 saya menuju Masjid Agung Palembang untuk sholat jumat, kali ini saya sholat di Lantai 2, Berharap tidak sempit dan semilir angin lebih banyak masuk dari jendela-jendela masjid Agung. Tapi memang benar benar panas, saya masih bisa keringetan disana.
Usai sholat Jumat, ribuan orang bertaburan di halaman masjid dan sekitarnya, Ada Pasar dadakan juga setiap jumat hingga ba'da sholat jumat. Ya, nuansa ramadhan memang terasa bila kita berada disekitar masjid Agung, Mulai dari Pasar Bedug didepan Masjid agung di samping Monpera. membludaknya jamaah sholat jumat hingga....satu hal ini, Pengemis dan Gelandangan pun lebih ramai daripada bulan biasanya, Pengemis-pengemis itu umumnya Wanita, mulai dari umur 40an hingga uzur, meski tak jarang juga lelaki. Banyak diantaranya memang biasa mengemis di Masjid Agung setiap hari jumat, tetapi banyak juga wajah wajah baru. .Waduh kayaknya saya  mendata pengemis ya??
Tapi inilah fakta saudara saudara, Pengemis, gelandangan dan Anak terlantar memang sangat banyak disekitar kita yang sejahtera ini.

Wednesday, August 17, 2011

Masuk Tribun Jogja

Hari ini temanya masih seputar 17an, sob.
ternyata opini itu bukan hanya mengambang diawang awang .
blog ini  akhirnya dituliskan di situs resmi tribunnews jogja. Wah, sungguh sebuah kehormatan bagi saya tentunya.Kayak dapet hadiah 17an aja. hehe
http://jogja.tribunnews.com/2011/08/16/yuk-utak-utik-logo-resmi-hut-ri

tapi nama saya salah tulis hahaha seharusnya Aji Supeno malah ditulis Aji Suseno.tapi gak papa mas, saya bertrima kasih terhadap pihak tribun yang sudah menuliskannya. Setidaknya ide itu harusnya memang disebar luaskan bukan?
dan hal ini  bisa membuka mata beberapa orang yang latah mengatakan di zaman sekarang,Indonesia belum merdeka dalam mengungkapkan pendapat.Mungkin sih tapi itu untuk beberapa orang aja.yang bernasib malang. wkwkwkw
Kehadiran produk telekomunikasi, seperti internet, Blog, situs jejaring sosial dan lain lain harusnya bisa kita manfaatkan untuk penyaluran pendapat, apresiasi, dan aspirasi. namun dalam tatanan yang positif tentunya.
Oke, Selamat Hari Kemerdekaan..
17an , Satu Tujuan

17an=Satu Tujuan

saya sudah 2 tahun tidak mengikuti upacara bendera sejak dua tahun lalu lulus SMA, dulu sih banyak teman teman yang males malesan untuk upacara bendera, kabur ke kantin, wc, kelas, atau lompat pagar. Dan anehnya kenapa saya dulu gak melakukan itu??
Ternyata Upacara bendera membuat saya kangen juga, terutama saat 17 agustus ini, Dulu saat pertama kali masuk SMP, saya melihat pasukan pengibar bendera 17 agustus di lapangan upacara, Saya melihat itu sangatlah gagah, sehingga saya ingin sekali  masuk paskibraka ketika itu, walau justru saya malah masuk Pramuka.
Tapi tahukah kini, ternyata seremonial seperti upacara bendera kini sudah memiliki dimensi yang luas, Kini kita bisa upacara bendera digital, Pernah denger?
salah satunya yang digagas oleh www.17an.org mereka menggelar penarikan bendera merah putih bersama sama dengan menghimpun masyakarat, untuk ngetwitt, atau sms bareng maupun mendaftar akun. misalnya dengan ngetwitt dengan memberikan hastag #17an
rencananya dari SMS , twitt dan foto yang masuk dan pesan yang masuk akan distop hingga berjumlah 1.781.945 yang membentuk tanggal kelahiran republik ini. semuanya akan ditampung dan bisa kita saksikan bersama sama, pergerakan twitt kalian.
Tapi sayangnya, karena twitt dan sms yang masuk sangatlah banyak . sehingga membuat situs ini pun eror. entah, dah tembus belom ya target 1.781.945 ini?

Tuesday, August 16, 2011

Pemerintah akan Melanggar Hak Cipta?

Tiga tahun lagi, Bahkan bisa jadi tahun depan Mungkin saya bisa menuntut pemerintah atas dasar pelanggaran hak cipta.

Sore tadi ada yang mengabarkan bahwa artikel saya masuk di Forum Terbesar di Indonesia "Kaskus". karena saya tidak memimiliki keanggotaan kaskus, saya mencoba mencari cari artikel saya yang mana yang masuk Kaskus.
ternyata gak perlu repot repot cari artikel yang mana, setelah membuka menu trafic source blogger, saya menemukan sebuah link yang mengarah ke Kaskus yaitu http://www.kaskus.us/showthread.php?t=10153576 yang telah di unggah oleh akun yang bernama SETANKaskusHT , saya sangat senang sebenarnya. Karena empunya Mamber sangat santun, dengan menyertakan link ke blog saya ini.
Artiekel serupa itu sebenarnya tak hanya saya yang menulis, ternyata masih banyak artikel artikel serupa, bahkan pembahasan yang lebih mendalam lagi. tetapi intinya, Kenapa Tiap tahun logo Hut RI tidak ada perubahan yang signifikan, cenderung terkesan monoton, dan penuh pencitraan.


Namun satu hal yang berbeda adalah saya menyetakan sebuah desain logo Hut RI ke 69, yaitu hut RI terakhir dimana SBY menjadi Presiden jika SBY masih tetap menjadi presiden hingga 2014.

Sunday, August 14, 2011

(GoVlog-Ramadan) Anak Imam vs Anak Khatib

Jujur, rasanya ini adalah sholat Tarawih  paling Tidak khusuk tahun ini. Hobi ngebolang ternyata membawa saya ke sebuah masjid. Masjid itu cukup besar untuk perkampungan yang lumayan agak padat penduduk. Tapi padatnya penduduk bukanlah jaminan ramainya pula shaf masjid ini.  shaf masjid hanya terdiri dari 3 bari saja. sorry belum cek shaf wanita, karena saya gak pake mukena, hahaha

Ya ini kan sudah pertengahan bulan ramadhan. Ramai diawal sepi ditengah, ramai diakhir itu wajar di Indonesia.

Shaf pertama banyak di isi oleh Bapak bapak tua berumur mendekati 50 Tahun keatas hingga jompo.
Shaf kedua, berisi bapak bapak yang tidak muda lagi, serta beberapa remaja.
shaf Ketiga, yang terakhir isinya anak-anak kecil dari umur sekitar 4 tahun hingga kelas 3 SMP, wah rame banget yang ini, Tapi punya motivasi berbeda dari kedua shaf didepan. yang lebih cenderung beribadah. mengapa??? Karena mereka semua membawa buku tipis yang isinya catatan Kultum Tarawih, dan amalan selama bulan Puasa. mereka umumnya mendapat tugas dari guru Agamanya untuk mencatat isi ceramah dan minta tanda tangan Khatib, atau imam sholatnya.

Saya berada di Shaf kedua,shaf pertemuan antara shaf yang khusuk dengan shaf bocah bocah yang bandel. Anak-anak itu ada yang saling injak kaki #saya denger ada yang meringis. -_-
ada yang berlari lari, dan sepukul pukulan. Celoteh polos mereka pun lebih saya pahami dari pada bacaan sholat sang imam.
salah satunya adalah dua orang bocah yang pas dibelakang.
anak1 : Bim, ngapa kau pukul kepala aku??
anak2,: kamu duluan do, yang injak kaki aku, sakit tau. merah nah.. #agakterisak(hikshiks)
anak1 : kalo berani, kita diluar bae.jangan nabok palak(jangan pukul kepala)
anak2 : ku aduin bapak aku, kau!!!! hiks hiks
anak1 : bapak kamu, pasti kalah dari bapak aku bim.
anak2 : bapak aku yang pidato tadi,pasti takut kau sama jenggotnya. (maksudnya, pidato=kultum)
anak1 : heeh, Bapak kau kalah serem dari bapak aku, Bapak aku Imam sholat itu nah, Bapak kau dibelakang bapak aku sekarang...
#mau ngakak sambil guling guling saat sujud tadi. #ya Allah ampuni saya ya Allah...

Usai sholat, anak anak bukan layaknya remaja, yang langsung ngelonyor keluar masjid, Mereka berkumpul mengitari Imam sholat dan Khatib kultum untuk meminta tanda tangan #weeehh kayak artis aja.
Tapi ternyata keributan keributan bocah itu diketahui oleh para tetua itu. Mereka akhirnya diceramahin lagi, sebelum memberikan tanda tangan yang tidak lain adalah ajimat agar nilai agama di sekolah bagus.

Sang Ustadz yang tidak lain adalah bapaknya si anak 2 itu ceramah dengan agak melotot, membuat anak anak pada terdiam. "Mengganggu jamaah sholat itu dosa, masuk neraka tau? apalagi ketawa ketawa, lari larian, terus berantem didalam masjid, itu perbuatan setan, Setan di bulan ramadhan emang diikat, tapi sekarng setannya itu adalah kalian yang suka ganggu temannya lagi sholat ?? jangan jadi anak yang jelek, bandel".
seorang anak berceloteh lagi "Pak Ustads, Mereka-mereka itu nah yang nakal, aku sholat bener, gara gara sebagian dari mereka yang nakal, rusak deh Citra anak anak di masjid"
waduh, Sejak kapan anak anak ini kenal pencitraan?? banyak nonton berita kali ya?






Monday, August 8, 2011

JUS, Blogger versi MetroTV

Baru saja saya menonton MetroTV, ternyata ada program acara baru yang diberi nama JUS (Jakarta Untuk Semua), Setelah menggandeng Pandji Pragiwaksono dan Raditya Dika dalam program acara Provokatif proaktif, kini tampaknya metrotv, ingin menggaet blogger. Dengan Membuat Program Jakarta Untuk Semua yang berisi liputan tentang Sisi kota Jakarta yang Dipandu oleh seoarang Host cantik bernama Amie Sutant (pernah Menjadi Host Paradiso di Trans7) Amie digambarkan sebagai seorang yang suka berkeliling jakarta, Merangkap sebagai jurnalis, dan Blogger. Nah, Sisi blogger nya inilah yang menurut saya out of the box dalam penyajian program acara tv. Rasanya belum ada program acara tv yang menempatkan seorang blogger sebagai blogger itu sendiri dan memposting isi blognya kedalam media konvensional seperti televisi.

Sunday, August 7, 2011

NgeBlog ala Nabi Musa dan Khidir

Bulan Ramadhan itu ternyata bulan penuh inspirasi, Karena dengerin kultum sebelum tarawih, Terbesit ide menulis postingan ini.

Pernah dengerin cerita Musa dan Khidir?
Jika kita perhatikan, Sebenarnya Cerita mereka bisa menjadi pedoman kita ngeBlog loh.

Thursday, August 4, 2011

Pempek versi Gen FM

Diantara stasiun Radio Streaming  Gen FM adalah Stasiun Favorite saya saat ini, berawal dari keliling-keliling cari radio streaming dibeberapa situs, Akhirnya Gen FM membuat saya nyaman. Gaul, Informatif, dan Lagunya asyik asyik semua. Tapi program yang sangat saya tunggu cuma, Salah Sambung dan Pecah Belah. yang gak tau program salah sambung atau pecah belah, lebih baik kalian denger sendiri di www.987genfm.com/ atau di aplikasi facebooknya Gen FM .
Sekitar jam 10 malem ini saya nyalakan kompi, dan dengerin gen fm , lagu tiap lagu lewat, terus masuk deh di Pecah Belah, alias pecahin benar atau Salah , program yang membuktikan berbagai teori, teorinya sih teori asal asalan, sederhana tapi kalo di acara ini bisa buat kocak juga. dan malam ini ngebahas tetang bahasa inggris, Sebagian orang tau bahasa indonesianya dari jerawat, bintitan dan mpek mpek(Pempek) tapi gimana kalo bahasa inggrisnya? Nah yang unik adalah ketika Sammy dan Ditta bilang bahasa inggrisnya mpek-mpek itu Fish Cake. What kue ikan? wkwkwkwk lucu juga kedengerannya. pertanyaanya siapa yang kasih ijin nyebut mpek-mpek jadi fish cake? Dan darimana awalanya pempek disebut fish cake? dan coba deh kalo kita searching di wikipedia bahasa inggris Pempek ya masih disebut pempek. sedangkan fish cake ya beda lagi
dan kalo searching di Google image pempek itu ya gini..

Sedangkan fish cake yang ini

Lucu lucu ya bentunya..

jika searching lagi ternyata gak cuma pempek yang disebut fish cake, masih banyak makanan lain yand disebut fish cake. waduh, kalo gitu, Rasanya agak berkurang istemewa bukan?
Ya begitulah sodara sodara, makanan kita itu sering di Inggrisnisasi , Padahal bagaimana kita mau memperkenalkan masakan khas kita kepada dunia kalo semua mau di inggrisIn? Sebut saja Rujak yang sering disebut Fruit Salad, Pecel/Gado-gado/Karedok sering disebut  Vegetable Salad..  -_-'.
Sedangkan Obama aja nyebut Bakso tetep bakso bukan Meet Ball, Sate ya tetep sate, Emping tetep Emping.  hahaha

Jadi sekarang kamu mau apa?.....hihi
:p

Tuesday, August 2, 2011

Yang Keliru Jangan dibuang, Sayang!

Gimana nih sob puasa kalian hari ini?
Lancar?
atau udah bocor?

Posting kali ini sekedar merupakan pembeberan beberapa Kekeliruan yang telah kita (baca:saya) pikirkan. bahkan sempat saya tulis di twitter dan  facebook, atau mungkin blog ini. Hahaha.

Pertama, Bulan Puasa Kita lebih rajin baca Al-Quran.
Ternyata kata kata ini gak sepenuhnya benar, meski gak semuanya salah juga sih. Sebagian dari kalian yang gak tau mau ngapain . Mengisi waktu puasa dengan  ngeNet, Entah main Game online, Facebookan atau ngeblog (ramenya posting blog ceritanya puasa pertama mereka)Gejala.  meski saya gak tau seberapa penuh akhir akhir ini warnet. Tetapi saya menumukan sebuah kejadian unik. Trafik Blog saya tiba tiba melejit jauh dari biasanya. Rata rata jumlah pengunjung perhari berkisar 30-50 visitor. Tetapi hari ini, anda tau berapa? 225 visitor?(pantauan terakhir). saya gak habis pikir gimana kalian bisa nyasar ke blog ini. secara masal lagi. hahaha
Dugaan besarnya, Sebagian pengunjung blog saya  hari ini sedang boring mau ngapain ngisi puasa. terus dalam keadaan laper, ngantuk, Hipnosis, kalian asal asal ketak ketik keyboard, klak klik sana sini, dan nyasar di blog entah berantah ini. Hahaha