Sunday, March 4, 2012

SOTOJI, Jamur Disoto ?

Sotoji? apaan itu sotoji? mungkin sebagian dari kalian gak tau apa itu sotoji. Sotoji merupakan produk makanan (soto jamur tiram) instan kemasan. Produk ini tergolong baru di dunia industri makanan instan, dan perlu diketahui bahwa Sotoji berbeda dengan mie instan. karena ini bukan mie instan melainkan Soto Jamur Tiram Instan. Ya, kalian gak salah eja, ini SOTO, Soto Jamur Instan

Menurut saya produk ini sangat inovatif karena menjual soto, terlebih jamur, dan bukan mie instan atau bubur seperti kebanyakan produk yang dijual saat ini. bagi saya Sotoji bukan hanya sekedar soto, tapi sebuah revolusi Soto, inovasi ini saya yakin akan membuat Soto di Nusantara akan terkenal hingga mancanegara. 



Meskipun produk baru, anda tak perlu khawatir terhadap keamanan produk ini, karena sudah bersertifikat halal dari MUI dan terdaftar di DEPKES RI dengan nomor P-IRT 8043271011186. P-IRT ? Nah ini lah keunikannya walau di produksi oleh PT Tri Rastra Sukses Sejahtera, Sotoji ternyata dibuat dalam industri rumah tangga berskala UKM di daerah Bogor.

Bogor, sebuah kota yang memiliki ketinggian 190- 330 Meter dpl dengan suhu rata-rata 26°C ini memang cocok dijadikan tempat budidaya jamur tiram yang memerlukan suhu yang rendah dan lahan yang tinggi, ini artinya jamur yang dihasilkan akan memiliki kualitas yang baik.

Soal kandungannya, 100% saya merasa aman untuk mengkonsumsinya, 
  • Jamur tiram dipercaya memiliki banyak khasiat, seperti sebagai antibakterial, anti tumor, dan membantu menurunkan kolesterol, serat jamur juga baik untuk pencernaan. Jamur juga mengandung protein nabati yang tinggi, Saat mencoba jamur tiram yang belum di rebus saya terkesima karena jamur tiram ini di goreng kering (sebagai syarat produk instan tentunya harus dikeringkan) kandungan minyak dalam jamur inipun nyaris tak berasa, saya biasa membeli jamur tiram di supermarket untuk sop, atau tumisan tapi gak pernah terpikir untuk menggoreng kering sehingga gurih seperti ini.
  • Sohun, mie yang bertekstur bening, licin, dan kurus ini lah yang menjadi teman si jamur, mengapa menggunakan sohun dan bukan mie keriting? ya karena ini SOTO, : D. Sohun sebenarnya lebih aman dikonsumsi ketimbang mie kriting instan, karena bahan dasar penyusun utamanya adalah Pati, saat direbus Sohun tak meninggalkan bekas keruh pada air seperti mie instan. bahkan terkadang sohun tak perlu lagi direbus, melainkan hanya perlu direndam saja di air panas.
Jamur disoto, gimana rasanya?
Nah, soal rasa, sotoji memiliki cita rasa dasar untuk dikatakan Soto, gurih dan segar. cita rasa dasar sebuah soto yang dimiliki sotoji inilah yang bisa membuat kita dapat mengolah berbagai macam varian sotoji sesuai selera. Namun saya berharap kelak sotoji dapat berinovasi dalam hal rasa, Soto merupkan makanan khas nusantara, hampir setiap daerah memiliki ciri khas soto yang berberbeda-beda, mungkin dapat dimulai dari rasa-rasa soto diberbagai  daerah.

Kemasan yang didominasi warna hijau, memberi gambaran bahwa produk ini alami, sehat, dan sanga cocok bagi mereka yang Vegetarian, tapi kok ada gambar telornya? ya, itu artinya bukan hanya vegatarian saja yang bisa makan, makhluk Omnivora seperti saya juga cocok.
Sedikit kritik, coba bungkus jamurnya  diberi label "Jamur Kering" agar tak disangka bawang goreng karena dapat membuat konsumen lupa merebusnya. dan mungkin lebih enak lagi kalo ada bawang gorengnya juga sih.

Tips Memasak Sotoji
selain yang tertera pada cara memasak yang ada pada bungkus belakang kemasan, saya memiliki tips agar sotoji kamu bisa lebih ennaaak.
  1. Rebus terlebih dahulu Jamur Tiram kering pada air mendidih sebelum memasukkan Sohun, (sekitar 1/3 sampai 1/2 menit sebelum memasukan sohun) ini karena jamur tiram yang kering ini kenyal saat direbus, jika kekenyalannya kurang maka akan terasa lebih kasat dilidah dan tidak berimbang dengan sohunnya. 
  2. Masukan sohun "Sotoji" kedalam rebusan Jamur Tiram lalu segera masukan bumbunya kedalam rebusan. Ingat hanya bumbunya saja. ini agar bumbu dapat meresap kedalam sohun, sehingga sohun lebih terasa gurih  dan tidak terlalu hambar. untuk waktu perebusan saya gak berpatokan pada menit karena itu tergantung panasnya api, tapi jika sohun sudah mulai lentur,dan mudah dipisahkan bagi saya itu sudah ideal. jangan terlalu lama karena sohun akan lembek dan patah-patah.
  3. Nah yang disiapkan dalam mangkok adalah cabe bubuk, dan minyak sotonya. kenapa gak sekalian dimasukkin aja dalam rebusan tadi? ini karena minyak soto dan cabe bubuk sebagian akan teringgal di panci saat kamu pindahkan ke mangkuk. sayang jika tertinggal, minyaknya ini yang membuat sedap.

setelah itu Sotoji siap disajikan, dengan nasi putih hangat, anda bisa menambahkan bawang goreng, kentang goreng, telur atau irisan daging ayam goreng, daun seledri dan daun bawang pada sajian Sotoji anda.

Untuk saat ini sotoji masih dijual disekitar JaBoDeTaBek, Tapi anda dapat memesan langsung sotoji dari websitenya di www.sotoji.com atau menghubung langsung via twitter di @sotoji_ dan bila anda yang ingin menjadi agen/reseler/penjual sotoji ada tawaran menarik.
Eh, ada lagi nih. buat kamu yang pengen dapet iphone4s atau hape Android kamu bisa ikut kuis dari sotoji caranya kunjungi website sotoji, atau kunjungi web komunitas Blogger Depok "deBlogger" batas lomba cuma sampe 20 Maret 2012.

2 comments:

  1. wah, enak tuh, pengen ikut lomba juga, tapi gak punya blog.

    ReplyDelete
  2. mau ikut ngereview juga ah...setidaknya bisa dapet makanan gratis..makasih gan infonya

    ReplyDelete