Saturday, April 21, 2012

Surrogetes. media baru yang akan lahir ?

Pernah menonton Surrogates? film fiksi ilmiah yang dibintangi Bruce Willis tentang kehidupan di masa depan dimana kita akan hidup dengan robot, manusia mengendalikan robot dengan pikiran hanya dirumah dan mewakilkan tubuh kita pada robot yang sama persis dengan manusia, cantik, tampan, kelenturan tubuhnya.

Surrogate sendiri adalah robot yang di oprasikan oleh manusia, di masa depan surrogate akan sangat populer, betapa tidak, kita tak perlu pergi keluar rumah untuk bekerja, tingkat kejahatan semakin berkurang karena korban dan pelakunya hanyalah robot, saat surrogate terbunuh hanya dipakai pasal tentang perusakan barang. penularan penyakit seksual pun berkurang didunia kenapa tidak mereka bisa berganti ganti pasangan (surrogate) tanpa berhubungan intim secara langsung. bahkan perangpun dilakukan oleh surrogate. 

Saya tidak tahu bagaimana orang-orang mendapat ide untuk membuat film surrogate, tapi film fiksi ilmiah ini sebenarnya nyaris serupa dengan masa ini atau masa lalu hanya berbeda konteks.

setelah koran, radio, televisi, telepon, internet dengan jejaring sosial media apa yang akan lahir selanjutnya?? Surrogates kah?Mungkin


Ketika berinteraksi dan berkomunikasi dengan perantara media, memudahkan hidup kita tanpa perlu beranjak dari tempat duduk yang empuk, melakukan pekerjaan kantor dirumah dengan laptop mengirimkannya dengan email, berinteraksi lewat jejaring sosial, memesan makan lewat telpon, belajar dirumah dengan elearning. Kita selalu menganggap akun facebook kita adalah diri kita, kita bahagia dengan itu. Ini serupa seperti yang digambarkan dalam film Surrogates.

kita tidak perang secara fisik lagi tapi cyberwar dan itu ternyata lebih mengerikan dan bisa membawa kepada kematian yang lebih tragis. caci maki ,memutus relationship di facebook membuat anda depresi dan ingin bunuh diri? buka pintur kamar anda dan move on dari situ, itu dunia anda. Masalah baru sering timbul, tapi tak ada yang lebih baik dari  merasakan hidup.?
10 tahun pertama teknologi dikembangkan dan itu masih asing, orang orang bergembira dan bermimpi, 10 tahun berikutnya manusia mulai melakukan penetrasi, terjadi fluks beradaptasi dengan teknologi tersebut, dan 10 tahun berikutnya lagi teknologi tersebut sudah menjadi barang biasa, kita hidup bersama teknologi itu setiap saat, 30 Years Rule - Paul Saffo (Futuris)

Dalam film ini ada tokoh yang di sebut The Prophet (Sang Nabi) pemimpin dari para Dreads (orang-orang yang anti surrogate) sang nabi mengajak orang orang untuk tidak menggunakan surrogate karena itu adalah kepalsuan, ia mengajak manusia untuk hidup seutuhnya. Ya, tampak sama bukan seperti yang kita alami sekarang, banyak orang yang anti dengan internet dan jejaring sosial dianggap sebagai sumber kekacauan, pornografi dan ladang dosa, mereka memprofokasi kita untuk menutup akun twitter atau facebook kita. Tapi  The Prophet itu sendiri adalah Surrogate yang di kendalikan oleh Dr Lionel Canter (pencipta surrogate itu sendiri) orang orang yang mengatur dan benci terhadap pencandu internet atau sosial media itu sendiri akan memprovokasi kita dengan perantara itu sendiri.

Media Dan Kebohongan
Dahulu Radio, Tv, Koran dianggap sebagai pembawa kebohongan, kini jejaring sosial pun dianggap sebagai kehidupan bohongan. Surrogate tentunya kebohongan pula.




0 comments:

Post a Comment