Monday, December 31, 2012

Kilas Balik 2012

2012 sudah berlalu, banyak pencapaian yang tidak pernah saya bayangkan, namun banyak cita-cita yang harus dikandaskan, ada senang, kegembiraan dan adapula kesediahan. dan 2012 memberikan saya banyak pelajaran.


Januari
Awal karir membukan bisnis videography memang susah susah mudah, mencari SOP yang tepat, paket, harga, dan promosi.

Februari
Akhirnya  punya kamera DSLR pertama saya, Canon 500D. memiliki kamera DSLR mungkin jadi keinginan kebanyakan anak muda jaman sekarang.. dan saya sudah memimpikannya dari awal mulai kuliah.

Maret
Bermodal kamera DSLR yang baru dibeli  februari lalu, saya iseng-iseng mengikuti lomba video kontes yang diadakan salah satu bank swasta besar di Asia Tenggara CIMB, video ini dikerjakan kurang lebih 2 jam, termasuk persiapan dan editing, dan hanya memiliki dua kru, saya dan mamas (my Brother) dimana kami berdua menjadi aktor, saya merangkap menjadi DOP, Kameraman, editor, Story Maker, wardrob, dan desain teknik eksekusinya. oke kurang lebih saya seperti Produser dan sutradara yang sering jadi Cameo di suatu film. sedangkan Mamas menjadi aktor sekaligus yang awalnya memberi ide konsep menggunakan rubik. 

April
Banyak kerjaan, banyak kekacauan di lapangan, tapi Patung tak akan tercipta bila batu tak dipahat.

Mei
Dibulan ini kali pertamanya saya membuat karya broadcast dalam jumlah kru yang banyak, kami membuat karya yang mungkin tak penah kami lupakan, kerja sama dengan teman-teman dikelas karena tugas kuliah. dikerjakan dalam kurung waktu sekitar 1 Bulan,tapi saat editing kami genjot pembuatannya dalam satu malam.

Juni
Bulan ini cukup melelahkan, dimana banyak pemasukan, tapi banyak pula pengeluaran, termasuk klien yang gak mau bayar. 27 Juni ke Bintaro untuk ngambil hadiah lomba CIMB Go mobile, dan yah saya mendapat kamera Canon kiss X5(600D) dan uang tunai 1,5 juta, tadinya untuk neraktir temen-temen, tapi yah saya mesti nambahin uang lagi malah untuk biaya study tour diawal juli.

Juli
Petualangan baru dimulai, Study tour dengan hasil jerih payah sendiri itu berasa reward, kali ini saya dan teman-teman sekelas  melakukan study tour keberbagai tempat di pulau jawa, Jakarta di MNC Tv, Jogja di coklat monggo, dan bandung, di Radio Ardan dan Bandung Tv. selebihnya yaah anak muda "jalan-jalan"

Agustus
Ramadhan, yang memperihatinkan bagi kami. Inilah saat Ayah menunjukkan penyesalannya, namun sayang sakit yang tiba-tiba datang membawa kami kepada kesedihan. Dugaan besar ia menderita kanker paru-paru karena kebiasaannya merokok.

September
10 September, setelah berjuang dari sakitnya yang cukup mendadak, akhirnya Ayah meninggalkan kami semua. Aku tak pernah merasa sedekat ini kecuali saat aku memandikannya. Aku belajar darinya, setidaknya agar tak seperti dirinya.


November
Yang menarik dari bulan ini, adalah ini kali pertama saya menjadi pembicara dan dibayar, biasanya kebalik dengerin orang bicara dan bayar. :p

Desember
Kali pertama harus ngeDiksar dua orang adik tingkat untuk ngebolang keluar sumatera ala backpacker, dan memperkenalkan organisasi terseru di jagat komunikasi #mungkin IMIKI (Ikatan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Indonesia) di Musyawarah Nasional di Bandung, ya dan sempat tertahan pulang ke Palembang karena Wisama mahasiswa Sumsel di Bandung sedang diserbu puluhan preman. Berasa jurnalis perang.

1 comment:

  1. jangan melihat ke belakang terus gan !! move on :p

    ReplyDelete